Kebiasaan Ramah Lingkungan yang Harus Mulai Diterapkan di Rumah

Fresh | Senin, 26 Juli 2021 06:47

Reporter : Mutia Nugraheni

Di Indonesia menurut survei sebanyak 72% orang belum peduli dengan sampah yang dihasilkan.

Dream – Membangun kesadaran lingkungan pada seluruh keluarga merupakan hal yang sangat penting. Bisa dimulai dari aktvitas yang dekat dengan mereka yaitu membuang sampah. Pasalnya, di Indonesia menurut survei sebanyak 72% orang belum peduli dengan sampah yang dihasilkan.

Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, berharap para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya untuk tahu cara menjaga lingkungan yang mendasar. Seperti mengurangi atau menolak plastik sekali pakai, belanja tanpa menggunakan kemasan, memilah sampah dari rumah, hingga menghabiskan makanan.

“ Pertama bangun literasi, kedua budaya. Kita tidak mewariskan bumi ke anak, tapi nenek moyang kita meminjamkan bumi untuk dijaga dan dikembalikan ke anak dan cucu kita,” ujar Novrizal saat memperingati Hari Anak Nasional, Jumat 23 Juli 2021.

Bisa juga mengikuti komunitas agar lebih aktif, seperti komunitas Zero Waste. Komunitas ini bertujuan memberikan akses kepada siapa pun yang ingin belajar dan mulai berkontribusi melindungi lingkungan.

Children see, children do. Anak akan menyerap semua hal baik maupun buruk dari apa yang mereka lihat. Makanya kita harus memberikan contoh yang baik," kata Maurilla S. Imron, founder Zero Waste Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Mauril menjadikan gaya hidup ramah lingkungan sebagai kebiasaan dan standar bagi anaknya, agar di kemudian hari anaknya menganggap hal ini sebagai sesuatu yang normal.
Buah hati Mauril yang masih berusia 21 bulan, memiliki mainan unik.

 

Kebiasaan Ramah Lingkungan yang Harus Mulai Diterapkan di Rumah
Ilustrasi
2 dari 6 halaman

Mainan tersebut dibuat dari sampah rumah tangga. Salah satunya cangkang telur yang dihancurkan sang anak menggunakan sendok untuk kemudian dijadikan pupuk. Aktivitas ini bisa membantu perkembangan sensorinya.

“ Bikin anak cinta sama bumi tempat dia tinggal, seperti rumah pasti kita ingin membuatnya nyaman. Karena bumi memang rumah, tempat tinggal kita,” ujar Mauril.

Tentunya hal ini perlu pembiasaan. Akan sangat baik jika satu keluarga menjalankannya dengan konsisten. Bukan hanya lebih hemat, juga memicu kreativitas. Selain itu itu juga membiasakan diri untuk hidup lebih ramah lingkungan.

Laporan: Angela Irena Mihardja

3 dari 6 halaman

Tips Memilih Produk Ramah Lingkungan Ketika Belanja Bulanan

Dream - Terlepas dari kesulitan yang dialami selama pandemi Covid-19, ternyata terdapat perubahan positif terhadap gaya hidup banyak orang di Indonesia.

Salah satu perubahan positifnya adalah menjalani pola hidup lebih sehat. Pola hidup sehat tidak hanya dijalani dengan berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat, tapi juga memilih produk ramah lingkungan.

 Tips Memilih Produk Ramah Lingkungan Ketika Belanja Bulanan
© Dream

" Mulai tahun 2019-2020 konsumen peduli lingkungan meningkat dua kali lipat atau sebanyak 112 persen," ungkap Kevin Stefano, Head of Homecare E-Commerce Unilever Indonesia dalam Media Gathering #MariBerbagiPeran Ciptakan Rumah Bersih, Indonesia Lestari, Kamis lalu.

Besarnya perubahan tersebut juga ditunjukkan dengan data riset Kantar yang menunjukkan bahwa 69 persen konsumen Asia Tenggara peduli pada merek, perusahaan atau produk ramah lingkungan.

" Bahkan, sebanyak 38 persen orang tidak mau beli produk yang bisa memperburuk kondisi lingkungan," lanjutnya.

 

4 dari 6 halaman

Pemilihan produk ramah lingkungan tidak hanya seputar kemasan yang mudah didaur ulang. Menurut Kevin, terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk ramah lingkungan.

" Perhatikan apakah sumber bahan bakunya bertanggung jawab, apakah ada dampak sosial yang baik untuk sekitar, apakah produknya melakukan aksi nyata terhadap lingkungan dan apakah brand tersebut punya tujuan yang mulia (terhadap lingkungan)" .

Kamu bisa mencari tahu seputar produk serta mereknya melalui internet untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Menggunakan produk ramah lingkungan juga membuat hidup lebih sehat karena bahan yang digunakan cenderung lebih alami dan sehat.

5 dari 6 halaman

Ketahui Ciri Hand Sanitizer yang Efektif Membersihkan Tangan

Dream - Sejak awal pandemi Covid-19 hand sanitizer menjadi salah satu barang yang sangat penting untuk dibawa beraktivitas.

Meski tidak terlalu efektif membersihkan tangan, hand sanitizer bisa meminimalisir potensi penularan virus Covid-19.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan hand sanitizer yang digunakan sehari-hari. Hand sanitizer akan efektif membersihkan kotoran pada tangan jika mengandung minimal 65 persen alkohol.

" Paling tidak kadar alkoholnya 65 persen. Memang ada batasan kadar alkoholnya karena kadarnya juga tergantung pemakaian. Tapi, maksimal kadarnya sekitar 80 persen," ujar Kardiana Dewi, Spesialis Kulit dan Kelamin dalam perayaan World Hygiene Day bersama Marina, Rabu kemarin.

6 dari 6 halaman

Meski membuat kulit kering, kamu harus memastikan kadar alkoholnya cukup untuk membuat tanganmu tetap bersih.

Jika ingin membuat tanganmu tetap lembap dan tidak mudah kering, gunakanlah hand sanitizer yang memiliki kandungan melembapkan seperti lidah buaya.

" Bisa juga diakali dengan pakai hand cream setiap selesai pakai hand sanitizer supaya tangannya nggak gampang kering," imbuhnya.

Join Dream.co.id