Kebiasaan Masak yang Tak Sehat dan Harus Dihindari

Fresh | Selasa, 21 April 2020 10:12
Kebiasaan Masak yang Tak Sehat dan Harus Dihindari

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja itu?

Dream - Sejak virus corona menjadi pandemi global, orang-orang jadi semakin sadar tentang sanitasi serta kebiasaan-kebiasaan dalam menjalani aktivitas, termasuk memasak.

Sangat dianjurkan mencuci tangan dan membersihkan setiap hal yang ada di rumah sebelum menggunakannya agar mendapatkan hasil yang menyehatkan.

 ilustrasi masak© Shutterstock

Sebab, sebelum pandemi ini tak sedikit orang tanpa sadar membiarkan hal bebersih sebelum memasak. Sahabat Dream pernah lakukan tersebut?

Dilansir Miss Kyra, ada beberapa hal dasar yang harus dihindari.

2 dari 6 halaman

1. Tidak mencuci tangan

Sebelum memasak, penting untuk menyuci tangan sebelum menyentuh salah satu bahan untuk memasak. Sehingga kuman yang ada di tangan tidak berpindah ke bahan makanan yang akan digunakan.

 Ilustrasi cuci tangan© Shutterstock

2. Tidak mencuci buah & sayur

Kita harus berhati-hati dalam menggunakan buah dan sayur sebelum mulai memotong dan memasaknya. Terutama produk mentah, karena harus dicuci secara menyeluruh, untuk disterilkan sebelum dimasak.

3 dari 6 halaman

3. Tidak menggunakan atau menyimpan sisa makanan dengan bijak

Menyimpan sisa makanan dengan benar adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan benar. Terutama selama pandemi, jangan sampai jatuh sakit karena keracunan makanan.

Jadi, jangan meninggalkan makanan di meja selama lebih dari beberapa jam. Simpan sisa makanan di lemari es dan gunakan maksimal dalam waktu tiga hingga empat hari.

 Ilustrasi kulkas© Shutterstock

4. Gunakan talenan & pisau yang berbeda

Saat ini, seluruh masyarakat dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin menghindari segala jenis penyakit. Salah satunya dengan menghindari kontaminasi silang.

Pastikan untuk mempraktikkan langkah-langkah yang aman saat memotong daging mentah. Gunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk daging maupun sayuran.

Pastikan untuk menyuci semuanya dengan baik sebelum memasak hidangan berikutnya.

Laporan: Raissa Anjanique

4 dari 6 halaman

Tak Kesampaian Santap Es Krim Viennetta? Bikin di Rumah Aja

Dream – Setelah resep dan cara membuat Dalgona Coffee yang ramai dibicarakan, sekarang kamu juga bisa mencoba bikin es krim Viennetta ala rumahan loh.

Hitung-itung mencari kesibukan disaat gabut di rumah aja. Akun Instagram @cookingwithhel belum lama ini memberikan resep cara membuat es krim yang bentuknya mirip banget sama Viennetta.

Dikutip dari Diadonaakun itu membuat resep itu dengan sangat mudah. Bahan-bahannya juga bisa kamu dapatnya di toko terdekat.

Bagaimana cara membuatnya, mari kita simak ulasan di bawah ini ya.

 

5 dari 6 halaman

Kayaknya Lebih Enak Ini deh!


 Ilustrasi© instagram @cookingwithhel

Akun Instagram tersebut pada awalnya mengaplud video hasil jadinya. Es krim tersebut nambah lezat dan lebih tebal daripada aslinya. Komentar netizen pun banyak dan menanyakan resepnya.

“ Belum kesampaian nyobain #viennetta yang lagi viral, cari gak ketemu2. Ya udah buat es krim sendiri aja.” Tulis akun @cookingwithhel.

“ Kirain saya doang yg nyari ga ketemu.” Tulis akun @ummufaqih5

“ Keknya lebih enak ini deh drpd viennetta. Tipis soalnya wkwkwk.” Tulis akun @rahma_masayu.

“ Creativ banget sih mama hel huhuuw.” Tulis akun @wowsalsaaa.

6 dari 6 halaman

Resepnya Apa Aja?


 Ilustrasi© instagram @cookingwithhel

Karena banyak yang menanyakan resepnya di kolom postingan ersebut, si pemilik akun akhirnya memposting resep pembuatan es krim Viennetta ala rumahan itu.

“ Pengen coba #viennetta tapi di cari in belum ketemu2, ya udah buat es krim sendiri aja. Ini es krim milo dan oreo, untuk video tutorial nya bisa cek di youtube ya, klik aja link di bio.” Tulis akun @cookingwithhel.

Berikut resep dan bahan-bahannya.

Es krim milo dan oreo By @cookingwithhel Bahan es krim milo - whipped cream bubuk 100 gr - air es 200 ml - milo 5 sdm - susu kental manis 1 sachet 40 gram.

Join Dream.co.id