Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

7 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya Telur Asin Miliki Kandungan Gizi Yang Baik Bagi Kesehatan (Foto Ilustrasi: Flickr.com)

Dream – Selain sebagai teman makan, manfaat telur asin untuk kesehatan sangat banyak. Sebagian orang memang tidak menyukai makanan ini karena rasanya yang asin serta bau amis yang terkadang masih tercium. Padahal jika mereka tahu khasiat telur asin yang ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, pikiran itu akan hilang.

Secara umum telur asin dibuat dari telur bebek yang tekstur lebih kenyal dan memberikan cita rasa yang lezat saat kamu santap. Tidak hanya itu saja, telur asin juga kaya akan kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu daerah penghasil telur asin yang terkenal adalah Brebes, Jawa Tengah. 

Untuk membuat telur asin harus melalui proses fermentasi dengan menggunakan garam terlebih dahulu. Dari garam itulah yang membuat setiap telur asin memiliki kandungan sodium yang tinggi sekitar 397 mg.

Kandungan lainnya yang dimiliki oleh telur asin diantaranya berupa vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, potasium, protein, lemak, mineral, asam amino, sampai karbohidrat. Kesemua kandungan itulah yang penting untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat telur asin untuk kesehatan sebagaiman dihimpun melalui Merdeka.com.

Mencegah Anemia

Ilustrasi Mengalami Anemia

Manfaat telur asin yang pertama bagi kesehatan bisa untuk mencegah penyakit anemia. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya asupan zat besi di tubuhmu. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi telur asin yang menyimpan kandungan zat besi. Gejala yang muncul biasanya berupa mudah lelah, pusing, dan mual saat melakukan kegiatan.

Selain itu, telur asin juga mengandung antioksidan yang bisa melawan serangan radikal bebas di tubuh. Dengan mengonsumsi telur asin, maka kamu pun tidak akan mudah terserang penyakit.

 

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat telur asin yang tak kalah hebat adalah bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan serta mempertahankan tekanan darah agar tetap normal. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung.

Selain itu, kandungan proteinnya juga bisa untuk menurunkan tekanan darah pada dinding arteri yang sekaligus akan mengatasi penyakit hipertensi. Pastikan kamu mengonsumsi telur asin secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Membantu Proses Regenerasi Sel

Ilustrasi Pertumbuhan Otak Anak yang Baik

Manfaat telur asin bisa membantu dalam proses regenerasi sel. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur asinlah yang memiliki peran penting pada manfaat yang satu ini.

Regenerasi sel sendiri adalah suatu proses pergantian jaringan yang telah rusak. Saat di usia dewasa, maka proses regenerasi sel lebih terbatas dikarenakan jaringan dan sel sudah jadi dengan sempurna.

 

Baik untuk Pertumbuhan Otak

Manfaat telur asin juga baik untuk pertumbuhan otak. Hal ini karena adanya kandungan omega 3 di dalam telur asin yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel yang ada di otak dan membantu dalam pertumbuhannya.

Bahkan telur asin juga disarankan agara dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak yang berusia satu hingga tiga tahun. Kamu bisa mengonsumsi telur asin dengan dijadikan lauk bersama nasi atau pun sebagai menu makan pagi.

Menyehatkan Tulang

Ilustrasi Tulang yang Sehat

Untuk memiliki tulang yang sehat, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Telur asin bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga tulangmu tetap sehat. Kandungan fosfor dan kalsium di dalam telur asin ampuh untuk membantu dalam pertumbuhan tulang dan menjaganya.

Sehingga, kamu pun bisa bebas dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga mampu untuk menguatkan tulangmu. Oleh karena itu, telur asin dianjurkan agar dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, dan orang yang sudah menopause.

 

Menyehatkan Mata

Manfaat telur asin berikutnya bagi kesehatan adalah bisa menyehatkan mata. Hal ini karena di dalam telur asin mengandung vitamin A dan vitamin B yang berguna untuk menjaga indra penglihatanmu tetap sehat dan jernih. Salah satu masalah pada mata yang bisa menyerang adalah katarak, di mana ini berhubungan dengan bertambahnya usia. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi telur asin.

Namun, telur asin sebaiknya tidak kamu konsumsi setiap hari karena adanya kandungan sodium yang tidak terlalu baik untuk tubuh. Cukup di waktu-waktu tertentu saja kamu mengonsumsi telur asin.

Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit yang Sehat

Manfaat telur asin juga baik untuk menjaga kulitmu tetap sehat. Hal ini karena telur asin memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E sendiri sangat berguna untuk membuat kulitmu lebih cerah dan halus.

Bahkan kandungan vitamin E di dalam telur asin juga bisa melindungi kulit dari jamur, gatal, kulit yang kasar, dan sebagainya. Jadi, untuk kamu yang memiliki gangguan pada kulit, maka telur asin bisa menjadi makanan tepat untuk kamu konsumsi.

Bagi sahabat Dream yang tertarik untuk mendapatkan kesemua manfaat telur asin tersebut, maka mulailah untuk mengonsumsinya dengan jumlah yang sewajarnya saja.

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Manfaat Selada untuk Kesehatan, Ini Tips Mengkonsumsinya

Selada adalah salah satu jenis sayuran paling populer dan disukai. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat selada!

Baca Selengkapnya
Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi telur harus seimbang dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya
5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

5 Asupan yang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong, Apa Saja?

Hindari rasa tak nyaman di perut akibat mengonsumsi makanan tertentu saat perut kosong, pilih makanan yang lebih aman.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya