Kaya Gizi, Inilah 7 Manfaat Yogurt untuk Dukung Kesehatanmu

Fresh | Selasa, 13 April 2021 17:43
Kaya Gizi, Inilah 7 Manfaat Yogurt untuk Dukung Kesehatanmu

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Yogurt miliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat yogurt untuk kesehatan sudah cukup banyak diketahui. Apalagi untuk mengatasi masalah pencernaan, makanan yang memiliki rasa asam ini diyakini ampuh untuk mengatasinya.

Yogurt bisa dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan saat ini semakin banyak varian yogurt yang tentu saja sangat disukai oleh anak-anak.

Yogurt yang mengalami fermentasi dari 100 persen susu segar memiliki kandungan dari kebaikan susu. Kandungan gizi di dalam yogurt sangatlah besar, misalnya seperti protein tinggi dan lengkap seperti asam amino esensial yang sangat penting bagi tubuh. Tidak terkecuali dengan glisin dan prolin yang mampu untuk menyerap kalsium.

Tidak hanya sebatas itu saja, yogurt juga mengandung folat yang adalah hasil sintesis dari bakteri. Dengan begitu, bagi kamu yang sedang hamil juga diperbolehkan dan pastinya aman mengonsumsi yogurt.

Yogurt sendiri tersedia dengan berbagai jenis, yakni yogurt reguler, low fat, serta non fat. Lalu berdasarkan bentuknya ada yogurt solid, semi solid, dan cair. Kemudian berdasarkan pengolahannya, tersedia yogurt UHT, pasteurisasi, frozen, dried/powder, dan herbal.

Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat yogurt untuk kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan dan Mendukung Proses Penurunan Berat Badan

 Ilustrasi Pencernaan Terganggu
© Foto. freepik

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat yogurt untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan. Hal inilah yang sudah banyak diketahui orang dan memang benar bisa membuat masalah pencernaanmu menjadi teratasi.

Adanya kandungan berupa bakteri probiotik di dalam Yogurt-lah yang mampu untuk menyeimbangkan mikriflora di usus. Dengan begitu, masalah pada sistem pencernaan bisa tertangani secara cepat dan aman.

 

Mendukung Proses Penurunan Berat Badan

Manfaat yogurt yang jangan sampai dilewatkan adalah mampu mendukung dalam proses penurunan berat badan. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, maka bisa menjadikan yogurt sebagai makanan yang tepat. Adanya kandungan vitamin C di dalam yogurt serta kalium yang tinggi akan sangat membantu dalam pembakaran lemak.

Kamu bisa mengonsumsinya saat pagi hari untuk sarapan yang dicampur dengan buah segar. Selain itu, yogurt juga bisa kamu jadikan sebagai camilan sehat setiap harinya.

3 dari 5 halaman

Mendukung Kesehatan Jantung dan Mengurangi Risiko Hipertensi

 Ilustrasi Jantung Sehat
© Foto. freepik

Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat yogurt juga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi yogurt yang rendh gula serta bebas lemak, maka ampuh untuk menjaga jantungmu tetap sehat. Bahkan dalam suatu penlitian menemukan bahwa asupan lemak yang berasal dari produk susu murni maupun fermentasi mampu untuk meningkatkan kolesterol yang baik. Dengan begitu, jantungmu bisa terlindungi dengan baik.

Selain itu, dengan mengonsumi yogurt juga mampu untuk menghindarkanmu dari risiko stroke. Tetapi haruslah memilih yogurt yang murni tanpa adanya perasa maupun pemanis buatan.

 

Mengurangi Risiko Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya dan jika tidak diperhatikan secara baik, maka akan berpengaruh pada kesehatan jantung. Untuk mengurangi risiko hipertensi, kamu bisa mengonsumsi yogurt, tetapi yogurt yang rendah lemak.

Hal ini karena adanya kandungan berupa kalium yang ampuh untuk membersihkan natrium yang berlebihan di dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang memiliki peran untuk meningkatkan tekanan darah dan banyak tersedia di makanan yang bergaram tinggi. Di samping mengonsumsi makanan yang sehat, akan lebih baik jika diimbangi dengan olaharaga dan selalu berpikiran positif.

 

4 dari 5 halaman

Mengatasi Jerawat dan Menyehatkan Tulang

 Ilustrasi Tulang Sehat
© Foto. freepik

Mengatasi Jerawat

Manfaat yogurt berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mengatasi jerawat. Ini cocok sekali untuk kamu yang mengalami masalah jerawat dan belum juga menemukan solusinya. Untuk menggunakannya, kamu bisa menjadikan yogurt sebagai masker wajah dan berguna untuk menghilangkan jerawat.

Namun, kamu harus menggunakan yogurt yang tawar lalu dicampur dengan bubuk kunyit. Barulah kamu aplikasikan di wajah dan usahakan untuk digunakan secara rutin demi mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Menyehatkan Tulang

Tulang sangatlah penting bagi tubuh agar kamu bisa beraktivitas secara lancar. Oleh karena itu, kesehatan tulang haruslah selalu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi yogurt. Dengan mengonsumsi satu mangkuk yogurt, maka kamu bisa mendapatkan asupan kalsium serta vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi yogurt sebagai sarapan maupun camilan setiap harinya. Hal ini diyakini mampu mencegahmu dari risiko penyakit tulang, seperti osteoporosis.

 

5 dari 5 halaman

Menyehatkan Ibu Hamil

 Ilustrasi Ibu Hamil Sehat
© Foto. freepik

Manfaat yogurt juga bisa didapatkan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt yang di dalamnya terkandung vitamin B tinggi, zat besi, magnesium.

Di mana kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi susu, maka hal ini sangat baik untuk mendukung kesehatan tulang sang ibu dan bayinya agar kuat.

Selain itu, yogurt juga memiliki probiotik yang akan memberikan perlindungan pada kandungan bakteri, infeksi, dan zat anti alergi. Yogurt menjadi produk susu yang dinilai baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dengan begitu, bagi sahabat Dream yang ingin mendapatkan kesemua manfaat yogurt tesebut, maka jangan lewatkan harimu tanpa mengonsumsi yogurt. Kamu bisa mengonsumsinya dengan buah-buahan atau dijadikan camilan yang nikmat dan menyehatkan.

 

Join Dream.co.id