Pfizer Klaim Berhasil Produksi Vaksin Covid-19

Fresh | Sabtu, 15 Agustus 2020 17:02
Pfizer Klaim Berhasil Produksi Vaksin Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Vaksin hasil Pfizer disebut telah diuji coba kepada relawan yang sehat dan menunjukkan reaksi kekebalan imun yang lebih baik dibandingkan penderita Covid-19 yang sembuh dengan imun alami.

Dream - Perusahaan farmasi yang berbasis di New York, Pfizer, diakabarkan berhasil memproduksi vaksin Covid-19. Vaksin yang diklaim sukses melewati tahap awal uji keamanan dan efektivitas.

Vaksin hasil Pfizer telah diuji coba kepada relawan yang sehat. Hasilnya, relawan menunjukkan reaksi kekebalan imun yang lebih baik, dibandingkan penderita Covid-19 yang sembuh dengan imun alami.

CEO Pfizer, Albert Bourla, percaya bahwa vaksin COVID-19 dapat siap pada akhir Oktober 2020.

“ Jika semuanya berjalan dengan baik, dan bintang-bintang selaras, kami akan memiliki cukup bukti keamanan dan kemanjuran sehingga kami dapat memiliki vaksin sekitar akhir Oktober,” kata Bourla dilansir dari farmasetika.com, Jumat 14 Agustus 2020.

Pfizer bekerja dengan perusahaan Jerman Biontech untuk beberapa kemungkinan vaksin di Eropa dan Amerika Serikat.

 

 

2 dari 4 halaman

Vaksin Covid-19© Dream

Menurut medicalxpress, uji coba itu baru melibatkan 45 orang dewasa sehat dengan rentang usia 18 sampai 55 tahun.

Di antara peserta, separuh dipilih secara acak untuk mendapatkan vaksin dengan dosis rendah, sedang, atau tinggi.

Meski hasilnya menjanjikan, para peneliti masih fokus pada pengujian tahap ketiga.

Selama fase ini, vaksin akan diuji dalam populasi yang jauh lebih besar di mana keamanan, kekuatan, dan durasi efek akan diuji.

Juga dilaporkan oleh jurnal bahwa vaksin itu secara umum dapat bekerja dengan baik.  Meskipun beberapa relawan memang mengalami beberapa efek samping.

Efek samping sementara seperti nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, demam, dan gangguan tidur. Namun, efeks samping itu cenderung hilang dalam seminggu setelah vaksinasi.

Dr Judith Absalon, perwakilan Pfizer Inc mengatakan, bahwa menurut timnya, BNT162b1 yang merupakan nama vaksin itu, didasarkan pada messenger RNA yang membantu memulai respons kekebalan tubuh saat bertemu virus corona.

Dengan kemajuan penemuan vaksin Covid-19, tentunya pertanda baik akan datang.

(Sumber: World of Buzz

3 dari 4 halaman

Uji coba Vaksin COVID-19 dengan harga murah sedang berlangsung

Vaksin COVID-19 yang diawasi dengan cermat akan diberi harga untuk memungkinkan akses seluas-luasnya, jika terbukti berhasil, dan akan dibuat dalam skala besar untuk menekan biaya dan persediaan, kata profesor Universitas Oxford yang turut memimpin pengembangan.

Adrian Hill, direktur Oxford’s Jenner Institute, yang telah bekerja sama dengan produsen obat AstraZeneca untuk mengembangkan vaksin, mengatakan memastikan distribusi luas dan biaya rendah telah menjadi pusat proyek sejak awal.

“ Ini tidak akan menjadi vaksin mahal,” kata Hill, dilansir dari farmasetika.com, Jumat 14 Agustus 2020. 

“ Ini akan menjadi vaksin dosis tunggal. Itu akan dibuat untuk pasokan global dan akan dibuat di banyak lokasi berbeda. Itu selalu rencana kami. ” lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Terdapat 8 Kandidat Vaksin

Awal bulan ini, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada sekitar tujuh atau delapan kandidat “ teratas” untuk vaksin untuk memerangi virus corona baru dan bekerja pada mereka sedang dipercepat.

Ghebreyesus mengatakan pada video Dewan Ekonomi dan Sosial PBB yang menjelaskan pemikiran awal dua bulan lalu adalah bahwa mungkin diperlukan 12 hingga 18 bulan untuk mendapatkan vaksin. Namun dia mengatakan upaya dipercepat sedang berlangsung, dibantu oleh 7,4 miliar euro ($ 8 miliar) yang dijanjikan seminggu yang lalu oleh para pemimpin dari 40 negara, organisasi dan bank untuk penelitian, pengobatan dan pengujian.

Dia mengatakan $ 8 miliar tidak akan cukup, dan dana tambahan akan diperlukan untuk mempercepat pengembangan vaksin, tetapi yang lebih penting untuk menghasilkan cukup “ untuk memastikan bahwa vaksin ini menjangkau semua orang – (dan) tidak ada yang tertinggal“

Sumber: https://farmasetika.com/2020/06/01/ceo-pfizer-vaksin-covid-19-bisa-tersedia-oktober-2020/

Join Dream.co.id