Jumlah Suntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia Sudah 100 Juta

Fresh | Rabu, 1 September 2021 17:12

Reporter : Ahmad Baiquni

Jumlah ini gabungan dari dosis pertama, kedua, dan booster untuk tenaga kesehatan.

Dream - Kementeria Kesehatan melaporkan jumlah vaksinasi Covid-19 yang gencar dilakukan di Indonesia telah mencapai 100 juta dosis pada akhir Agustus 2021. Total angka itu berasal dari gabungan hasil vaksinasi dosis I dan II serta booster untuk para tenaga kesehatan. 

" Berita baik bahwa sesuai dengan peta jalan kita, tanggal 31 Agustus kemarin kita mencapai 100 juta dosis vaksin Covid-19," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers disiarkan kanal Kementerian Kesehatan.

Jik diuraikan berdasarkan penerimanya, vaksinasi suntikan dosis pertama saat ini telah mencapai 63,4 juta dosis. Sementara dosis kedua sudah diberikan sebanyak 36,05 dosis dan booster sebanyak 640.532 dosis.

" Tentunya kalau kita melihat tadi kami sampaikan untuk tenaga kesehatan dosis ketiga sudah mencapai 640 ribu dan dosis pertama dan kedua sudah mencapai angka 100 persen," kata Nadia.

 

Jumlah Suntikan Vaksin Covid-19 di Indonesia Sudah 100 Juta
Dokter Reisa Broto Asmoro Saat Menerima Suntikan Vaksin Covid-19 (Foto: Setkab.go.id)
2 dari 6 halaman

PR Vaksinasi untuk Manula

Namun demikian, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemerintah. Pekerjaan rumah tersebut yaitu vaksinasi lanjut usia yang kini baru sebanyak 5,3 juta dosis.

" PR kita adalah lansia karena baru 5,3 juta (dosis) ata 24,5 persen dari sasaran 21,5 juta untuk mendapatkan dosis pertama," kata dia.

Sementara untuk petugas publik, jumlah penerima dosis pertama sudah melampaui target. Sedangkan vaksinasi masyarakat umum sudah sebanyak 31 juta dosis.

" Untuk remaja, 2,6 juta dosis serta vaksinasi gotong royong ada 810 ribu dosis pertama yang telah disuntikkan," kata dia.

3 dari 6 halaman

Bisa Untuk Anak 12 Tahun ke Atas, Ini 16 Lokasi Vaksinasi Pfizer di DKI Jakarta

Dream - Kementerian Kesehatan membolehkan penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech untuk anak 12 tahun ke atas. Keputusan ini dituangkan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.02.06/II/2151/2021.

" Vaksin Covid-19 Comirnaty (Pfizer-BioNTech) dapat diberikan pada anak kelompok usia 12-17 tahun," demikian bunyi surat tersebut ditandatangani Plt Dirjen P2P Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu.

Surat tersebut juga menyebutkan vaksin Pfizer diberikan dalam dua dosis, masing-masing 0,3 mililiter lewat injeksi intramuskular. Sedangkan jeda antara dosis pertama dan kedua minimal 21 hari.

Surat ini mengubah ketentuan sebelumnya yang mensyaratkan usia minimal 18 tahun. Dengan terbitnya surat ini, maka anak usia 12 tahun ke atas bisa divaksin dengan vaksin Pfizer.

 Surat Kemenkes© Instagram

(Instagram @drningz)

 

4 dari 6 halaman

Lokasi Vaksinasi dengan Vaksin Pfizer

Untuk sementara, vaksin Pfizer disalurkan bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek. DKI Jakarta sendiri telah mulai memberikan vaksin ini kepada masyarakat pada Senin, 23 Januari.

Jumlah lokasi vaksinasi dengan vaksin Pfizer di Jakarta pun ditambah. Dari sebelumnya ada 10 tempat menjadi 16 tempat, berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Berikut daftar fasilitas vaksinasi yang menyediakan vaksin Covid-19 Pfizer.

1. Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.
2. Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara,
3. RSIA Family, Jakarta Utara,
4. RSUD Tugu Koja, Jakarta Utara,
5. RSPI Puri Indah, Jakarta Barat,
6. RS Prikasih, Jakarta Selatan,
7. Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan,
8. Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan,
9. RSUD Jati Padang, Jakarta Selatan,
10. Puskesmas Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan,
11. UPK Kemenkes Rasuna Said, Jakarta Selatan,
12. BPSDM Kemenkes Hang Jebat, Jakarta Selatan,
13. Puskesmas Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur,
14. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur,
15. RS Tk. IV Kesdam Cijantung, Jakarta Timur, dan
16. RS Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

5 dari 6 halaman

Warga Jakarta, Ini Syarat dan Lokasi Mendapatkan Vaksin Covid-19 Pfizer

Dream - DKI Jakarta mulai menyalurkan vaksin Covid-19 Pfizer untuk masyarakat. Jakarta merupakan satu dari lima wilayah yang mendapat jatah vaksin bernama Comirnaty pertama dari Pemerintah Pusat, selain Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Edaran terkait vaksinasi Covid-19 dengan vaksin produksi Pfizer dan BioNTech. Surat dengan Nomor 8658/-1.772.1 ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan, Widyawati tersebut ditujukan kepada beberapa kepala rumah sakit penyelenggara vaksinasi di DKI Jakarta.

Sayangnya, vaksin ini hanya diberikan kepada warga dengan KTP DKI dan warga yang berdomisili di Jakarta. Sementara warga non-KTP DKI maupun berdomisili luar Jakarta belum mendapatkan alokasi vaksin ini.

" Vaksin Covid-19 Pfizer hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) KTP DKI Jakarta atau WNI domisili DKI Jakarta," demikian bunyi ketentuan dalam surat tersebut.

Dalam surat itu disebutkan vaksin Pfizer diberikan dalam dua dosis dengan interval atau jeda antara suntikan pertama dan kedua selama 21 hari. Vaksin ini dapat digunakan hingga enam bulan jika disimpan dalam suhu minus 70 derajat Celcius dan 30 hari apabila disimpan di suhu 2-8 derajat Celcius.

" Vaksin Covid-19 Pfizer diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal yaitu 6 dosis per vial," lanjut edaran tersebut.

 

6 dari 6 halaman

Syarat Dapat Vaksinasi dengan Pfizer

Berikut syarat bagi warga yang ingin mendapatkan vaksinasi dengan vaksin Covid-19 Pfizer.

  1. Berusia 18 tahun ke atas.
  2. Belum mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua.
  3. Memiliki KTP DKI Jakarta atau Surat Keterangan Domisili DKI Jakarta, minimal setingkat RT, jika tidak memiliki KTP DKI.
  4. Bisa untuk ibu hamil, ibu menyusui, penderita immunocompromised seperti autoimun, komorbid, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya.
  5. Surat rekomendasi dokter khusus bagi penderita immunocompromised, komorbid, atau penyakit lainnya yang berat.

 

Join Dream.co.id