Jenis Penyakit Kanker yang Bisa Dideteksi Dini

Fresh | Selasa, 16 Juli 2019 10:48
Jenis Penyakit Kanker yang Bisa Dideteksi Dini

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tidak semua kanker bisa dideteksi dini.

Dream - Penderita kanker tiap tahun terus meningkat secara drastis. Itulah data yang tercatat dalam sejumlah penelitian.

Pada 2014, kasus kanker diperkirakan meningkat 299 ribu dalam satu tahun. Lalu menurut data Globocan pada 2018, pasien kanker meningkat 348.809 dalam setahun. Angka-angka ini pun diperkirakan bakal meningkat menjadi jutaan seiring dengan berjalannya waktu.

Dari sekian jenis kanker, yang paling banyak diidap adalah kanker payudara, paru-paru, serviks, dan kolorektal. Untuk mencegah penyebaran sel kanker dan mempermudah penyembuhan, kamu perlu melakukan deteksi dini. Sayangnya, tidak semua kanker bisa dideteksi dini.

" Biasanya, jenis yang bisa dideteksi dini adalah yang perjalanannya cukup lama dan memang masalah kesehatan masyarakat (penderitanya banyak)," ujar dr. Ronald Hukom, Spesialis Penyakit Dalam di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, Senin 15 Juli 2019.

2 dari 7 halaman

Jenis Kanker yang Bisa Dideteksi Dini

Jenis kanker yang bisa dideteksi dini, yaitu kanker payudara, kolorektal, dan serviks. Hal ini terbukti memiliki manfaat bagi penderita.

 Kanker

" Kanker paru-paru juga penderitanya banyak tapi cara deteksinya belum sepenuhnya terbukti valid. Foto paru-paru secara berkala nggak cukup kuat untuk dijadikan cara mendeteksi dini," kata dr. Ronald.

Deteksi dini disarankan untuk dilakukan setahun sekali. Untuk deteksi kanker payudara tergantung usia, bisa diperiksa sendiri (SADARI), USG atau MRI.

" Kalau kolorektal diperiksa tinjanya ke laboratorium secara berkala. Kalau belum pernah periksa dan sudah mencapai 45 tahun, lakukan endoskopi," kata dr. Ronald.

3 dari 7 halaman

Faktor Genetik

Jika ada keluarga yang memiliki riwayat kanker, disarankan untuk melakukan pemeriksaan di usia lebih muda dan lebih sering. " Begitu juga dengan kanker serviks. Kalau mengalami aktivitas seksual di usia lebih muda, pemeriksaannya juga harus lebih dini," pesan dr. Ronald.

 Pengobatan kanker

Deteksi dini sangat penting untuk meningkatkan harapan hidup penderita kanker. Rupanya, harapan hidup penderita kanker di Indonesia rendah karena hanya 3,4 persen yang dideteksi pada stadium 1.

" Lalu harapan hidup sekitar 20,4 persen untuk pasien yang dideteksi pada stadium 2 dan 40,1 persen yang dideteksi pada stadium 3 serta 36,1 persen yang dideteksi pada stadium 4," ujar Abdul Hamid, Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia (IKABDI).

4 dari 7 halaman

Gejala Kanker Serviks, Perempuan Wajib Tahu!

Dream - Kanker serviks termasuk jenis dari kanker yang jarang terjadi. Tehitung kurang dari 1% dari semua jenis kanker, The American Cancer Society memperkirakan ada 13.170 kasus kanker serviks di Amerika Serikat tahun 2019 ini.

Untuk mengetahui kondisi organ reproduksi perempuan, memerlukan pemeriksaan ke dokter khusus kandungan atau dokter spesialis.

 Gejala Kanker Serviks yang Wajib Diwaspadai Kaum Hawa

Sebelum mengetahui seperti apa gejala kanker serviks, ada baiknya Sahabat Dream mengenal terlebih dahulu organ reproduksi yang dimiliki perempuan.

Serviks atau leher rahim, merupakan organ reproduksi perempuan yang berfungsi untuk berkembang biak. Bentuk serviks kecil, seperti tabung di bawah rahim dan yang menghubungkan rahim dengan vagina.

Sperma yang masuk ke rahim akan melewati leher rahim. Selain itu aliran daran menstruasi juga akan melalui leher rahim sebelum keluar melalui vagina.

Dan, Leher rahim menjadi jalan keluar bayi yang akan lahir. Lalu bagaimana bisa ada kanker serviks?

5 dari 7 halaman

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan ketika sel yang ada dalam serviks mulai berkembang tidak normal. Dalam waktu yang lama, sel yang berkembang tersebut akan bermutasi dan menyebabkan tumor.

Dilansir dari laman Cancer Treatments Center of America, The Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan lebih dari 90% penyebab kanker ialah karena infeksi HPV atau human papillomavirus.

 kanker serviks


Kanker serviks jarang ditemukan pada perempuan usia muda hingga menengah.

Seperti data dari National Cancer Institute yang menyebut, rata-rata usia perempuan yang terkena kanker serviks ialah 50 tahun.

Lebih dari sepertiga pasien baru ditemukan pada usia 20 hingga 44 tahun.
Lalu bagaimana cara mengetahui gejala kanker serviks?

6 dari 7 halaman

Gejala Kanker Serviks

Kanker Serviks tidak bisa dideteksi apabila masih dini. Gejala-gejala kanker akan mulai terasa apabila virus HPV sudah menyebar.

Cara untuk mengetahui gejala kanker serviks dini ialah dengan rutin melakukan Pap Screening untuk mengecek kondisi sel di serviks.

Pap Screening menjadi satu-satunya cara yang dianggap paling efektif untuk mencegah dan mendeteksi kanker serviks sejak dini.

Oleh sebab itu, perempuan dengan usia 20 tahunan, harus rutin melakukan Pap Screening.

 kanker serviks


Walau begitu Pap Screening tidak 100% akurat, namun bisa dijadikan alternatif dan metode yang efektif. Selain itu, para perempuan juga wajib berkonsultasi pada dokter mengenai organ reproduksinya. Ada dua tanda dalam mengenali gejala kanker serviks, yaitu:

7 dari 7 halaman

Dua Pertanda Kanker Serviks

Gejala kanker serviks bisa diketahui dengan dua pertanda di bawah ini:

 kanker serviks


-    Pertanda Awal

Ketika virus HPV menyebar dan sudah menyebabkan tumor, akan muncul gejala seperti vagina yang berdarah secara tiba-tiba, di luar jadwal menstruasi.

Selain itu, pertanda lainnya adalah muncul darah setelah berhubungan intim, keputihan yang tidak wajar, dan nyeri pelvis yang berlebihan.

Apabila menjumpai tanda ini, pasien harus sudah memeriksakan diri dan mendapat perawatan yang intensif.

-    Pertanda Saat Sudah Parah

Sedangkan untuk pertanda kanker dalam tahap yang lebih parah, gejala yang ditunjukkan seperti penurunan berat badan yang drastis, rasa sakit di tulang punggung, lebam di kaki, keluar tinja dari vagina.

Dalam tahap ini, kemungkinan virus HPV sudah menyebar ke hampir seluruh tubuh, sehingga harus mendapatkan kemoterapi dan perawatan khusus.

Summer Style 2019
Join Dream.co.id