Jenis Lemak yang Perlu Dikonsumsi Saat Diet

Fresh | Selasa, 18 Februari 2020 06:12
Jenis Lemak yang Perlu Dikonsumsi Saat Diet

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu hanya perlu memilih jenis lemak yang tepat agar tidak berlebihan.

Dream - Lemak seringkali dianggap kurang sehat bagi kesehatan. Padahal, lemak merupakan jenis makronutrien yang sama seperti protein dan karbohidrat.

Yang artinya, Sahabat Dream membutuhkan lemak agar tetap sehat dan bugar. Kamu hanya perlu memilih jenis lemak yang tepat agar tidak berlebihan.

Dilansir dari Times of India, berikut jenis lemak sehat yang perlu dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Kacang Kenari

Kacang kenari rata-rata mengandung 65 persen lemak dan 15 persen protein. Sebanyak 100 gram kacang kenari mengandung 65 gram lemak, tapi ini belum termasuk baik untuk penurunan berat badan karena berkalori tinggi.

 Kacang Kenari© Khidr Al-Zahrani

Namun, peneliti menyatakan bahwa kacang kenari tidak meningkatkan potensi obesitas. Kacang kenari kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat menyehatkan otak serta jantung. Kacang kenari juga dapat menunda lapar.

2 dari 3 halaman

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat sehat dan dianjurkan dikonsumsi saat diet. Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun diklaim lebih sehat.

 Minyak Zaitun© shutterstock.com

Selain itu, minyak zaitun mengandung vitamin E, K seeta antioksidan. Tidak hanya membantu penurunan berat badan, minyak zaitun juga dapat mengatasi peradangan, menurunkan tekanan darah serta mengontrol kadar kolesterol.

3 dari 3 halaman

Telur

Telur secara keseluruhan diklaim kurang sehat karena lemak serta kolesterol yang tinggi pada kuningnya. Sebanyak 62 persen kalori dalam telur berasal dari lemak.

 Telur© shutterstock.com

Di samping lemak, kuning telur juga mengandung mikronutrien seperti zat besi, vitamin B, B12 dan D yang tidak terkandung pada bagian putihnya.

Jika hanya mengonsumsi putih telur, kamu akan kehilangan mikronutrien. Oleh karena itu, mengonsumsi telur sangat bermanfaat untuk diet, kaya akan protein serta mengenyangkan.

5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin
Join Dream.co.id