Jangan Malas! Rasakan Sendiri 8 Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan Ini

Fresh | Selasa, 29 Maret 2022 18:47

Reporter : Arini Saadah

Memang melelahkan tapi manfaat naik turun tangga sangat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mental. Naik eskalator memang memudahkan, namun kesehatan kamu tentu lebih berharga.

Dream – Demi alasan kepraktisan, kita biasanya akan memilih menggunakan eskalator dibandingkan tangga ketika berada di sebuah mal. Fasilitas ini memang membuat seseorang bebas dari rasa lelah dan lebih cepat sampai ke lantai atas atau bawah yang hendak dituju. Padahal kita sebetulnya melewatkan kesempatan mendapatkan kesehatan yang lebih baik dengan membiasakan diri naik turun tangga.

Kesibukan sehari-hari seringkali membuat seseorang tidak sempat berolahraga. Padahal WHO telah menganjurkan kepada setiap orang untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Untuk mengganti waktu olahraga, kamu bisa memilih naik turun pakai tangga daripada lift. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dan urusanmu tanpa mengesampingkan aktivitas olahraga. Sebab naik turun tangga bisa menjadi solusi tepat untuk tetap sehat di tengah padatnya aktivitasmu.

Agar kamu mendapatkan manfaat naik turun tangga bagi kesehatan, sudah saatnya mulai membiasakan diri menggunakan akses tangga di berbagai fasilitas publik seperti kantor, mall, jembatan penyeberangan, atau sekedar naik turun tangga di rumah.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat naik turun tangga, salah satunya menguatkan otot dan tulang.

Jangan Malas! Rasakan Sendiri 8 Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan Ini
Ilustrasi Menggunakan Akses Tangga Di Fasilitas Umum. (Foto: Pexels/ Adrien Olichon)
2 dari 5 halaman

Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

 Ilustrasi© Freepik.com

1. Menguatkan Otot dan Tulang

Manfaat naik turun tangga bagi kesehatan yang pertama adalah bisa menguatkan otot dan tulang. Aktivitas naik turun tangga ini akan membuat semua otot dan tulang pada tubuh bergerak aktif. Otot kaki, paha, lengan hingga punggung akan terlatih sehingga menjadi lebih kuat.

Naik turun tangga juga akan meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah risiko osteoporosis. Studi membuktikan orang yang sudah lanjut usia tetapi masih rutin berolahraga akan tampak lebih bugar dan mampu beraktivitas sehari-hari secara mandiri.

 

2. Mencegah Stroke

Manfaat naik turun bagi kesehatan memang tidak selayaknya disepelekkan. Pasalnya dengan membiasakan diri naik turun tangga, akan mengurangi risiko terkena penyakit stroke.

Tak hanya naik turun tangga, membiasakan diri melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi risiko terkena stroke. Tunggu apa lagi Sahabat Dream, bukan waktunya untuk malas berolahraga ya!

3 dari 5 halaman

3. Menyehatkan Jantung dan Paru-paru

Jantung yang sehat akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sebab kerja jantung sangat berat, yaitu memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan membiasakan diri naik turun tangga setiap hari, membuktikan bisa menjaga kesehatan jantung. Naik turun tangga termasuk olahraga kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Orang yang rutin naik turun tangga akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

 

4. Mengontrol Gula Darah

Tak hanya bagus untuk kesehatan jantung, manfaat naik turun tangga juga mampu mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. Aktivitas kardio yang satu ini bagus untuk menggerakkan tubuh secara aktif, sehingga mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Alhasil kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil.

Tak hanya itu, manfaat naik-turun tangga atau melakukan olahraga rutin juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

4 dari 5 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

 Ilustrasi© Unsplash.com

Rutin berolahraga juga menjadi aktivitas yang disarankan jika ingin menurunkan berat badan, salah satunya naik turun tangga. Melakukan aktivitas ini bisa membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh. Cadangan lemak akan terpakai menjadi energi, sehingga tidak akan menumpuk di tubuh. Dalam jangka waktu tertentu, rutin naik turun tangga bisa membantu menurunkan berat badan.

 

6. Jaga Kesehatan Otak

Manfaat naik turun tangga bagi kesehatan yang tak kalah penting adalah bisa menjaga kesehatan otak. Kog bisa? Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering naik turun tangga akan mencegahnya dari penurunan fungsi otak daripada orang yang jarang naik turun tangga.

Orang yang lebih rajin berolahraga juga akan terhindar dari alzheimer dan demensia. Bahkan memiliki konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik daripada yang malas olahraga.

5 dari 5 halaman

7. Bagus untuk Kesehatan Mental

Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, berolahraga termasuk naik turun tangga juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Sebab aktivitas naik turun tangga ini bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon ini berperan menciptakan perasaan bahagia pada diri seseorang.

Hormon endorfin juga dapat memperbaiki suasana hati, sehingga membuat Sahabat Dream lebih fokus dan konsentrasi saat bekerja, serta tidak mudah stres.

 

8. Mengurangi Risiko Preeklamsia

Manfaat naik turun tangga bagi kesehatan yang terakhir adalah bisa mengurangi risiko preeklamsia pada wanita. Penelitian yang terbit di jurnal American Heart Association tercatat, wanita hamil yang sering naik turun tangga akan bermanfaat untuk kesehatan.

Sebab mereka akan lebih rendah terkena risiko preeklamsia, yaitu kondisi di mana wanita memiliki tekanan darah tinggi saat hamil. Penelitian membuktikan wanita hamil yang tidak aktif bergerak dan berolahraga akan berisiko terkena preeklamsia lebih tinggi dibanding yang aktif olahraga.

Itulah manfaat naik turun tangga bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekkan. Banyak orang kini malas menggunakan fasilitas tangga di tempat-tempat umum. Adanya lift membuat banyak orang mengabaikan adanya tangga. Fasilitas tangga hanya dipakai saat kondisi darurat saja.

Mulai sekarang, kamu bisa memulai mengubah aktivitasmu menjadi lebih sehat demi kesehatan tubuh dan mental jangka panjang.

Join Dream.co.id