Inilah Tanda Tubuhmu Butuh Air Putih

Fresh | Senin, 29 Juni 2020 13:46
Inilah Tanda Tubuhmu Butuh Air Putih

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sangat penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Dream – Minum air putih sangat mudah dilakukan. Namun terkadang sering terlupakan akibat padatnya akitivitas harian. Padahal, minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Selain berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, asupan cairan yang cukup juga dapat membersihkan tubuh melalui urine.

Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan memberikan sinyal. Sebagai pertanda butuh tambahan asupan air. Jika tak segera dipahami, akan berefek lebih buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa tanda yang dapat kamu ketahui, saat tubuhmu kekurangan asupan cairan.

2 dari 6 halaman

Sakit Kepala

 Sakit kepala© Pexels.com

Salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi atau kurang minum air putih adalah kepala yang terasa sakit.

Hal ini diakibatkan karena menyusutnya otak karena kontraksi saat tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu, kurang minum air putih juga akan membuat otak sulit berkonsentrasi dan menjadi tidak fokus.

3 dari 6 halaman

Urine Berwarna Kuning Gelap

Saat tubuh kekurangan air putih, urine yang dihasilkan akan berwarna kuning gelap. Perubahan warna ini diakibatkan oleh ginjal yang berusaha menghemat air.

Warna urine yang normal adalah warna kuning cerah. Bahkan, dalam kasus ekstrem, dehidrasi menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing.  

4 dari 6 halaman

Kulit Kering

 Kulit kering© Pexels.com

Tingkat kelembapan kulit sangat bergantung pada jumlah konsumsi cairan tubuh. Semakin tercukupi asupan air dalam tubuh, maka kulit juga akan semakin terasa lembab.

Kulit kering menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh sedang dehidrasi. Selain itu, kulit kering juga sulit dihilangkan bila hanya dengan menggunakan pelembab.

Kamu harus memenuhi asupan cairan dalam tubuh, untuk mengembalikan kelembapan kulitmu.

5 dari 6 halaman

Sembelit

 

 Sembelit© Shutterstock

Sembelit dapat diakibatkan karena kurangnya asupan serat. Selain itu, sembelit bisa juga dikarenakan dehidrasi yang dialami tubuh.

Secara biologis, tubuh membutuhkan cairan agar bisa buang air besar. Sehingga dehidrasi merupakan penyebab utama dari sembelit kronis.

Cairan dalam tubuh dapat mempermudah tubuh saat mengeluarkan kotoran. Itulah mengapa usus besar banyak membutuhkan asupan cairan.

Selain itu, dengan banyak minum air putih dapat membantu menyiram bakteri dari kandung kemih, sehingga mencegah infeksi.

6 dari 6 halaman

Mudah Lelah

Kekurangan asupan cairan juga dapat menyebabkan tubuh merasa mudah lelah. Meskipun sudah beristitahat yang cukup, namun bila tidak diimbangi dengan konsumsi air putih, maka tubuh akan mudah dehidrasi.

Hal inilah yang menjadi penyebab terganggunya rutinitas akibat tubuh yang mudah lelah.  

Untuk mengingatkan diri agar tak lupa minum air, kamu dapat membuat catatan kecil disekitar tempat kerja atau bahkan disudut kamarmu.

Atau selalu sediakan botol air minum disekitarmu, saat sedang beraktifitas.

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id