Inilah Obat Meriang di Apotek dan Bahan Alami untuk Meredakannya

Fresh | Rabu, 16 September 2020 10:13
Inilah Obat Meriang di Apotek dan Bahan Alami untuk Meredakannya

Reporter : Ulyaeni Maulida

Apa saja?

Dream – Meriang adalah ketika seseorang merasa suhu tubuh lebih hangat ketimbang biasanya. Meriang dapat menjadi pertanda tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik.

Ketika merasa meriang, sangat direkomendasikan untuk mengukur suhu tubuh. Ketika suhu lebih dari 38 derajat celcius, berarti orang tersebut sedang mengalami demam.

Meriang merupakan kondisi yang umum terjadi. Terkadang seseorang hanya butuh beristirahat untuk meredakannya. Namun, beberapa juga membutuhkan obat untuk meringankan gejala tidak enak badan ini.

2 dari 7 halaman

Apa Itu Meriang?

 

Meriang adalah ketika seseorang merasa suhu tubuh lebih hangat ketimbang biasanya.

Ilustrasi© Freepik

Kondisi tersebut terjadi ketika tubuh mengalami peradangan yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau zat asing lain yang dianggap berpotensi membahayakan tubuh.

Selain itu, meriang juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti, flu, radang tenggorokan, hipotiroid, ataupun efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Gejala meriang ditandai dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, tubuh menggigil, sakit kepala, pusing, merasa lemas, tidak nafsu makan, nyeri sendi, hingga muncul keringat berlebih.

Meriang tidak termasuk dalam kondisi tubuh yang membahayakan. Namun, efeknya membuat tubuh terasa tidak nyaman. Untuk itu, sebagian orang banyak yang menggunakan obat-obatan untuk membantu meredakan meriang.

Berikut adalah beberapa jenis obat di apotek yang dapat membantu mengobati meriang.

3 dari 7 halaman

Ibuprofen

Ilustrasi© Freepik

 

Ibuprofen termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Obat panas dingin meriang ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dari berbagai kondisi.

Mulai dari sakit kepala, sakit gigi, perut kram saat haid, nyeri otot, dan radang sendi. Ibuprofen sering juga digunakan untuk meringankan demam, flu, atau pilek.

Ibuprofen bekerja dengan menghalangi zat tertentu dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan, pembengkakan, atau nyeri yang menjadi gejala meriang

4 dari 7 halaman

Paracetamol

Ilustrasi© Pixabay.com

 

Paracetamol juga dapat digunakan sebagai obat meriang. Paracetamol digunakan untuk menurunkan suhu tubuh akibat demam.

Paracetamol juga digunakan untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang, termasuk meredakan flu atau pilek, sakit kepala, gejala menstruasi, sakit gigi, dan sakit punggung.

Paracetamol dapat berupa tablet, pil, atau sirup. Sehingga dapat digunakan sesuai dengan kondisi tubuh.

5 dari 7 halaman

Naproxen

Ilustrasi© Pixabay.com

 

Naproxen adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, kram perut saat haid, hingga asam urat dan radang sendi.

Beberapa efek samping umum yang mungkin muncul setelah mengonsumsi naproxen adalah sakit kepala, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, kulit gatal dan memerah, hingga penglihatan kabur.

6 dari 7 halaman

Aspirin

Ilustrasi© Freepik

 

Aspirin digunakan untuk mengurangi demam serta meredakan gejala nyeri ringan sampai sedang, seperti nyeri sendi, sakit gigi, sakit kepala, dan flu.

Aspirin bekerja dengan menghambat senyawa alami pada tubuh yang menjadi penyebab pembengkakan dan nyeri.

Namun, aspirin tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk mengatasi demam. Sebab, aspirin dapat meningkatkan risiko sindrom Reye. Yaitu suatu kondisi fatal yang menyebabkan kebingungan, pembengkakan di otak, dan kerusakan hati.

7 dari 7 halaman

Bahan Alami Yang Digunakan Untuk Meredakan Meriang

 

Selain menggunakan obat-obatan di apotek, kamu juga bisa membuat obat alami di rumah. Obat meriang alami ini juga menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Beberapa obat meriang alami yang dipercaya dapat mengatasi panas dingin dan demam akibat meriang, diantaranya:

Ilustrasi© Freepik

Jahe

Jahe mengandung zat antibakteri yang diyakini dapat melawan demam, batuk, dan gejala lain yang menjadi penyebab meriang.

Jahe dapat diolah menjadi minuman hangat yang menyehatkan dirumah. Rasanya yang sedikit pedas, akan membuat tubuh terasa lebih segar.

Madu

Madu memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk membunuh bakteri atau zat asing lain yang berpotensi membahayakan tubuh. Selain itu, madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok teh madu dan air lemon menjadi minuman hangat. Minuman ini akan membantu meredakan gejala meriang yang dirasakan tubuh.

Bawang putih

Bawang putih merupakan obat meriang alami yang mengandung senyawa allicin atau zat antimikroba. Bawang putih dapat mengurangi gejala meriang yang muncul.

Bawang putih dapat diolah dengan mencampurkannya kedalam makanan sehari-hari.

Minum Air Putih

Minum air putih dapat membantu mengendalikan suhu tubuh agar tidak terlalu panas. Banyak minum air putih juga dapat menyingkirkan berbagai kuman, bakteri, dan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab meriang.

 

(Sumber: Sehatq.com)

Join Dream.co.id