Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Fresh | Senin, 12 Agustus 2019 06:48
Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Dikenal memiliki cita rasa yang pahit, sayur pare ternyata mengandung segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Tidak banyak orang yang menyukai pare. Rasanya memang pahit, tapi jika diolah dengan tepat justru menjadi legit.

Pare atau nama latinnya Momordica charantia merupakan jenis tumbuhan merambat. Sayur pare ini akan pada umumnya akan tumbuh subur di beberapa negara tropis seperti Indonesia, India serta kawasan Asia Tropis.

Sayur pare memiliki berbagai kandungan baik di dalamnya. Terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin B hingga vitamin K yang sangat tinggi di dalam sayur pare. Tidak hanya  itu saja, ternyata pare juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya seperti mangan, magnesium, sang serta potassium.

Dengan adanya kandungan tersebut, sayur pare memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, sayur pare juga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Nah, jad semakin penasaran kan? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Mengatasi Herpes

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sayur pare yang pertama adalah mampu untuk mengatasi HIV dan AIDS. Hal tersebut berdasarkan tes laboratorium dalam Journal of Naturopathic Medicine. Tes tersebut menunjukkan bahwa salah satu kandungan yang ada di sayur pare mampu untuk menghambat aktivitas HIV (Human Immunodeficiency Virus). Kandungan yang dimaksudkan adalah komposisi fitokimia yang ada di dalam sayur pare.

Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian juga menunjukan bahwa pare memiliki sifat antivirus. Sifat antivirus yang dimiliki oleh sayur pare mampu untuk mengatasi pasien yang menderita herpes smpleks virus-1 (HSV-1) serta mampu untuk mencegah penyebaran plak herpetik pada seseorang. Untuk itu, sayur pare sangat bermanfaat bagi pencegahan virus HIV dan herpes.

3 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Menjaga Sistem Pencernaan

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Selanjutnya, manfaat sayur pare adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pakar kesehatan menyatakan bahwa pare merupakan salah satu makanan yang mampu memberikan manfaat yang berlimpah pada kesehatan pencernaan.

Mengapa demikian? Pare merupakan sayur yang mengandung serat cukup tinggi. Dengan banyaknya serat, pare mampu untuk memperlancar sistem pencernaan.

Tidak hanya itu saja, pare juga mengandung charatin yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu membantu untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen. Dengan kondisi tersebut, jangan heran jika kalian mengalami penurunan berat badan.

4 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Mengatasi Diabetes

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Sayur pare memiliki sifat yang berfungsi sama seperti insulin di dalam tubuh. Insulin sendiri sangat penting untuk membawa glukosa ke dalam sel yang nantinya akan dijadikan sebuah energi. Di sisi lain, berdasarkan sifatnya tersebut, pare juga mampu membantu dalam penurunan kadar gula darah seseorang.

Selain memiliki sifat seperti insulin, pare juga mampu untuk mencegah terjadinya penumpukkan glukosa di dalam darah. Glukosa ini nantinya akan dipindahkan menuju ke hati, otot dan jaringan lemak untuk diproses lebih lanjut. Bahkan beberapa pakar kesehatan juga mengatakan bahwa pare mampu untuk membantu mengatasi dan mengobati penderita batu ginjal.

5 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Mencegah Kanker

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sayur pare berikutnya adalah mampu untuk mencegah munculnya kanker pada seseorang. Hal tersebut juga berdasarkan pada sebuah penelitian yang dimana mengatakan bahwa sayur pare mampu untuk mengatasi peradangan dan kanker. Ekstrak dari sayur pare sendiri bahkan mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut dikarenakan pare akan menginduksi apoptosis, serta mengambil siklus sel.

Tidak berhenti di situ saja, penelitian lain juga menyatakan bahwa senyawa utama yang ada di dalam pare memiliki berbagai macam manfaat. Pare mengandung senyawa yaitu triterpenoid yang di mana masuk ke dalam tipe cucurbitane. Senyawa ini nantinya akan emmiliki beragam aktivitas biologis terutama sebagai antikanker.

6 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Mengatasi Asma

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian mengatakan bahwa manfaat sayur pare dalam kesehatan salah satunya adalah mengatasi asma. Pare memiliki sejumlah kandungan yang memiliki kemampuan sebagai antihistamin, suppressant (penekan), ekspektoran, antiinflamasi hingga antivirus.

Dengan sifat tersebut, pare dipercaya mampu untuk mengatasi gejala yang timbul akibat adanya gangguan pernafasan. Tidak hanya asma saja, pare juga bisa mengatasi gangguan pernafasan lainnya seperti bronchitis dan rhinitis.

7 dari 7 halaman

Manfaat Sayur Pare: Menjaga Kesehatan Mata

 Inilah Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sayur pare berikutnya adalah mampu untuk menjaga kesehatan mata orang yang mengonsumsinya. Pare mengandung flavonoid di mana terdiri dari alfa-karoten, beta-karoten, lutein serta zeaxanthin.

Kandungan tersebut dikenal mampu untuk meningkatkan kesehatan mata. Pasalnya, kandungan tersebut mampu untuk meningkatkan penglihatan khususnya pada malam hari dan juga mampu untuk memperlambat degenerasi makula. (mut)


(Sumber: hellosehat dan doktersehat)

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id