Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Usia 40-an

Fresh | Sabtu, 1 Juni 2019 16:49
Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Usia 40-an

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tubuh yang tidak biasa bergerak atau berolahraga, akan lebih sulit untuk aktif. Dan semakin bertambah usia, akan semakin sulit untuk mulai berolahraga maupun menurunkan berat badan.
Dream - Olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat yang perlu dijalani sehari-hari oleh semua orang di segala usia.
 
Tapi, tak bisa dipungkiri bahwa seseorang seringkali malas berolahraga dan menggantinya dengan kegiatan lain. Apalagi, jika tubuh tidak terbiasa aktif berolahraga.
 
Tubuh yang tidak dibiasakan bergerak atau berolahraga, akan lebih sulit untuk aktif. Dan semakin bertambah usia, kamu akan semakin sulit untuk mulai berolahraga maupun menurunkan berat badan.
 
" Semakin bertambah umur, tingkat fleksibilitas dan mobilitasnya akan berkurang. Dan biasanya, hal ini disebabkan oleh kondisi kesehatan tulang," ujar Jehan Islianur, Fitness Instructor di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu 29 Mei 2019.
 
Kurangnya tingkat fleksibilitas dan mobilitas membuat seseorang lebih sulit untuk melakukan aktivitas sederhana seperti berganti posisi dari duduk ke berdiri.
 
Namun sebenarnya, hal tersebut tidak mengurangi jenis olahraga yang bisa dilakukan. Justru di usia yang lebih dewasa, kamu perlu mendorong tubuh untuk lebih aktif dengan olahraga bermobilitas tinggi.
 
" Biasanya, mau beraktivitas juga susah. Tapi, biasanya kalau seperti itu harus banyak exercise yang bermobilitas tinggi seperti TRX, body weight training atau zumba," katanya.
 
Jika sudah bisa mulai melakukan ketiga jenis olahraga tersebut, fleksibilitas dan mobilitas pun akan meningkat. " Yang membuat susah bergerak adalah jarang bergerak. Jadi, harus start dulu" .
 
Orang dewasa juga seringkali malas pergi ke gym untuk berolahraga. Selain harus menempuh jarak tertentu, biayanya pun cukup mahal.
 
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukannya di rumah dengan kegiatan sederhana. " Waktu nggak ada asisten rumah tangga, coba lakukan pekerjaan rumah. Kalau dulu, biasanya minta tolong mbak, sekarang dilakukan sendiri. Yang biasanya dilakukan posisi duduk, sekarang berdiri. Jadi, buatlah tubuh seaktif mungkin," tuturnya.
 
Ketika sudah berhasil, jadikanlah hal tersebut sebagai rutinitas agar tubuh tetap kuat. Bahkan, bisa mengalami penurunan berat badan jika dilakukan dengan benar bersama pola makan sehat.
 
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id