Inilah Cara Mengatasi Insomnia dalam Waktu 1 Menit!

Fresh | Rabu, 4 September 2019 18:48
Inilah Cara Mengatasi Insomnia dalam Waktu 1 Menit!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Yuk simak cara mengatasi insomnia dalam waktu 1 menit berikut ini.

Dream – Bagi kalian yang bisa tidur dengan lelap di malam hari, berbahagialah. Masih banyak orang di muka Bumi ini mengalami gangguan insomnia di malam hari.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) bahkan menyebutkan, setidaknya terdapat 27% responden yang melaporkan jika mereka mengalami gangguan masalah pada tidur malam hari atau insomnia.

Berdasarkan hasil peneitian tersebut, tercatat penderita insomnia kebanyakan dialami oleh para wanita daripada pria. Mengapa demikian? Perempuan memiliki perasaan yang lebih sensitive terhadap perubahan apapun.

Untuk itu, perempuan cenderung rentan mengalami kecemasan berlebihan yang menjadi penyebab utama terjadinya insomnia. Pada umumnya, insomnia terjadi jika seseorang akan melakukan aktivitas tidur di malam hari.

Mengalami gangguan insomnia akan menyebabkan timbulnya beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah seseorang akan menunjukkan keadaan yang kelelahan pada keesokkan harinya dan akan mengganggu aktivitas kesehariannya.

Untuk itu, diperlukan penanganan yang tepat agar insomnia bisa segera di atasi. Dream akan memberikan informasi cara mengatasi insomnia dalam waktu 1 menit saja. Penasaran? Yuk simak informasinya dan selamat mencoba.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Metode 4-7-8

Apa sih metode 4-7-8 itu? Ini merupakan salah satu metode yang bisa kalian terapkan dalam mengatasi insomnia. Langkah pertama, carilah posisi nyaman di tempat tidur kalian terlebih dahulu. Pastikan kalian benar-benar merasakan nyaman dan rileks dengan posisi tersebut.

Langkah berikutnya, cobalah untuk menarik napas melalui hidung selama 4 detik. Setelahnya tahan napas kalian tersebut selama 7 detik dan kemudia buang napas secara perlahan melalui mulut selama 8 detik lagi. Inilah yang disebut dengan metode 4-7-8. Lakukan metode ini hingga kalian merasakan perasaan mengantuk dan akhirnya tertidur.

3 dari 5 halaman

Berdasarkan Meditasi Yogi India

Hanya itu saja metodenya? Kok tidak percaya ya? Eits tunggu dulu, metode 4-7-8 ini berdasarkan latihan dari praktik meditasi yogi India loh Sahabat Dream. Dokter medis asal Harvard, Andrew Weil, mengadopsi teknik pelatihan yang telah ada di India sejak berabad-abad yang lalu.

“ Ini satu-satunya metode terbaik yang saya temukan untuk mengatasi masalah kesulitan tidur yang disebabkan karena kalian terbangun di tengah malam”, ujar dr. Andrew di sebuah kuliah umumnya. Metode 4-7-8 yang dianggap sangat aneh ini ternyata sangat berhasil diterapkan jika dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh.

4 dari 5 halaman

Yogi India

Para yogi di India menggunakan metode 4-7-8 ini untuk memberikan keadaan relaksasi total pada tubuh seseorang. Tidak hanya mampu memberikan relaksasi bagi penggunanya, namun juga bisa menangkal stress serta kecemasan yang menjadi penyebab utama mengalami gangguan insomnia.

Metode ini secara sengaja menggunakan konsep memperlambat ritme pernafasan. Dengan memperlambat ritme pernafasan, itu berarti kalian juga memperlambat ritme kerja jantung yang bisa membuat tubuh kalian menjadi rileks. Dengan kata lain, metode 4-7-8 ini merupakan obat penenang alami bagi tubuh serta pikiran kalian.

5 dari 5 halaman

Selamat Tinggal Menghitung Domba

Menurut dr. Andrew, sederhananya metode inii memaksakan sistem pernafasan kalian memiliki ritme yang lebih rileks secara bertahap dan sukarela. Metode ini nanttinya juga akan diinduksi ke dalam sistem saraf tidak sadar yang kalian miliki. Hal tersebut akan datang dengan seiring berjalannya waktu.

Jika ingin berhasil, kalian harus melakukan keteraturan dalam sistem pernafasan sesuai dengan metode 4-7-8 di malam hari. Keteraturan dalam menggunakan metode ini selama beberapa periode baik itu mingguan, bulanan hingga tahunan akan menghasilkan perubahan yang signifikan.

Setelah menggunakan metode ini, kalian akan merasakan bahwa metode 4-7-8 lebih efektif daripada menggunakan metode menghitung domba. Sesegera mungkin kalian akan bisa mengucapkan selamat tinggal menghitung domba. Namun, jika setelah melakukan metode ini kalian masih tidak mengalami perubahan apapun segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter.

(Sumber: Reader’s Digest)

Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id