Inilah Cara Kerja Musik Membantu Hilangkan Stres

Fresh | Kamis, 17 September 2020 07:33
Inilah Cara Kerja Musik Membantu Hilangkan Stres

Reporter : Ulyaeni Maulida

Mendengarkan musik sama ampuhnya dengan melakukan meditasi.

Dream – Kehidupan tak pernah lepas dari berbagai tekanan yang dapat menyebabkan stres. Bila stres dibiarkan terus menerus justru berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari mudah cemas hingga depresi.

Salah satu cara yang digunakan untuk mengelola stres adalah dengan mendengarkan musik. Efek musik berpengaruh positif untuk kesehatan mental dan fisik.

Dalam sebuah penelitian di School of Public Health University West Virginia AS (2016), disebutkan kemampuan musik untuk meredakan stres sama ampuhnya dengan melakukan meditasi.

Menurut para peneliti, mendengarkan musik yang tenang, santai, dan pilihan sendiri dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas fungsional secara signifikan.

2 dari 6 halaman

Memilih Musik yang Sesuai

Ilustrasi© Freepik

Meskipun musik memiliki pengaruh positif untuk membantu meredakan stres, namun yang perlu diperhatikan adalah memilih musik yang tepat sesuai dengan kondisi.

Musik bertempo cepat dapat membuat seseorang menjadi lebih waspada dan berkosentrasi lebih baik.

Musik bertempo lambat dapat menenangkan pikiran, membantu tubuh merasa lebih rileks, sehingga stres dapat dilepaskan.

Musik yang ceria dapat membuat pikiran menjadi lebih optimis dan positif dalam menjalani kehidupan.

3 dari 6 halaman

Cara Musik Bisa Menghilangkan Stres

Ilustrasi© Pixabay.com

 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan musik dapat menyingkronkan antara otak dengan gelombang otak alfa.

Gelombang otak alfa inilah yang membuat seseorang menjadi lebih tenang. Setidaknya butuh waktu hingga 45 menit untuk membuat seseorang benar-benar merasa santai.

Musik diproses oleh seluruh area otak, lalu musik mengakses dan menstimulasi area-area otak yang mungkin tidak dapat diakses oleh modalitas lainnya.

Para peneliti dari Universitas Stanford mengatakan musik dapat mengubah fungsi otak layaknya seperti sebuah pengobatan. Musik dapat dijadikan sebagai alat terapi untuk membantu mengurangi stres.

4 dari 6 halaman

Apa Jenis Musik yang Paling Tepat?

Ilustrasi© Pexels.com

 

Ada beberapa jenis musik yang sangat ampuh untuk membantu meredakan stres. Seperti suara hujan atau suara alam lainnya. Terlebih bila dipadukan dengan musik jazz ringan atau klasik.

Selain itu terdapat pula beberapa jenis alat musik yang diyakini dapat membantu menenangkan pikiran. Seperti biola dan seruling. Alat musik ini dapat membantu tubuh menjadi rileks meskipun dimainkan dengan suara yang cukup keras.

Namun, yang paling penting adalah kamu harus menikmati setiap momen saat mendengarkan musik. Jangan memaksakan diri karena justru akan menyebabkan ketegangan dalam otak.

 

5 dari 6 halaman

Waktu yang Tepat Untuk Mendengarkan Musik

Saat bangun dipagi hari

Kamu dapat memulai hari dengan mendengarkan musik kesukaanmu. Ini akan menimbulkan efek luar biasa bagi suasana hati. Sekaligus membantumu terhindar dari stres.

Ilustrasi© Freepik

Saat melakukan perjalanan

Mendengarkan musik favorit selama perjalanan, akan membuatmu lebih tenang. Sehingga kamu dapat menghindari ketegangan yang timbul akibat lalu lalang kendaraan yang berseliweran. Terlebih bila kamu harus menghadapi jalanan macet. Mendengarkan musik sembari menunggu, akan membuatmu lebih rileks.

Memasak

Bagi kamu yang lebih suka memasak sendiri dirumah, tak ada salahnya juga memutar musik kesukaanmu. Sehingga memasak akan menjadi aktifitas yang menyenangkan.

 

6 dari 6 halaman

Ilustrasi© Freepik

Membersihkan rumah

Sangat penting untuk tetap menjaga rumah dalam keadaan bersih. Namun, terkadang kegiatan bersih-bersih menjadi hal yang berat. Terlebih bila kamu seharian lelah beraktifitas.

Namun dengan mendengarkan musik yang bertempo cepat, akan membantu mengembalikan energimu yang sempat hilang. Dan bersih-bersih pun menjadi sesuatu yang terasa menyenangkan.

Sebelum tidur

Tidur menjadi salah satu cara untuk mengembalikan fungsi tubuh agar tetap bugar setelah beraktifitas. Namun, masih banyak orang yang terganggu tidurnya akibat stres. Sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Memutar musik sebelum tidur menjadi salah satu cara untuk melawan stres. Musik akan mengalihkan pikiran dari stres yang tengah dirasakan. Serta membantu menenangkan pikiran.

 

(Sumber: unr.edu dan sumber lainnya)

Join Dream.co.id