Ini Waktu Terbaik untuk Makan Pagi, Siang, dan Malam

Fresh | Jumat, 11 September 2020 12:36
Ini Waktu Terbaik untuk Makan Pagi, Siang, dan Malam

Reporter : Cynthia Amanda Male

Buat dietmu lebih efektif.

Dream - Memilih makanan atau minuman saja belum cukup untuk menurunkan berat badan. Kamu juga perlu menentukan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.


Makan di waktu yang tepat akan mempermudah penurunan berat badan. Dilansir Times of India, berikut waktu yang tepat untuk makan pagi, siang dan malam.

Sarapan

Sarapan© Shutterstock.com
Sarapan merupakan hal yang paling penting untuk memulai hari. Metabolisme akan meningkat dan membuat tubuhmu lebih berenergi selama seharian.

Idealnya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Waktu yang disarankan untuk sarapan adalah 12 jam setelah terakhir makan.

Konsumsi detox water di malam hari dan mulailah hari dengan air hangat. Lalu, sarapan sehat setelah 15 menit sejak minum air hangat. Jika makan terakhir pukul 8.30 malam, berarti sebaiknya makanlah di pukul 8.30 pagi.

2 dari 3 halaman

Makan Siang

Makan Siang© Shutterstock.com

Makan siang tidak terlalu berpengaruh pada penurunan berat badan, meskipun porsinya paling besar. Jadi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tidak terlalu sehat di siang hari.

Tapi, pastikan porsi makanan yang kurang sehat tetap terkontrol agar tidak mengganggu berat badanmu.

Jika kamu sarapan pukul 8.00 pagi, konsumsi makan siang pada pukul 1-2. Ini akan membuat pencernaanmu lebih mudah mencerna sebelum makan malam.

3 dari 3 halaman

Makan Malam

Makan Malam© Shutterstock.com

Pakar menyarankan untuk makan malam sesegera mungkin. Makanlah 2-3 jam sebelum tidur. Ini akan membuat tubuhmu dapat membakar kalori sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan terlalu dekat dengan jam tidur akan membuat pencernaan terganggu dan menyebabkan GERD.

Kualitas tidur dan proses penurunan berat badan juga terganggu. Jadi, konsumsilah makan malam sekitar pukul 8 agar pencernaan lebih sehat serta ideal untuk proses penurunan berat badan.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id