Ini Sebabnya Hand Sanitizer Hanya Digunakan Saat Darurat

Fresh | Senin, 11 Mei 2020 10:33
Ini Sebabnya Hand Sanitizer Hanya Digunakan Saat Darurat

Reporter : Cynthia Amanda Male

Berbahaya untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Dream - Hand sanitizer  merupakan produk yang diburu masyarakat sejak beredarnya virus Covid-19. Bahka di awal wabah corona menyeebar di Indonesia, cairan pembersih ini menjadi barang langka dan dijual sangat mahal. 

Di awal pandemik Covid-19 di Tanah Air, hand sanitizer menjadi andalan banyak orang setiap ingin membersihkan tangan dari kemungkinan terpapar virus. Dalam perkembangannya, masyarakat diimbau untuk mencuci dengan sabun di bawah air mengalir minimal selama 20 detik.

Meski jadi alat pencegahan yang efektif, pemakaian hand sanitizer terlalu sering bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Dilansir dari Times of India, berikut dampak buruk pemakaian hand sanitizer.

Membuat Tangan Kering

 Tangan Kering© Shutterstock.com

Kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat membuat tangan mengering. Kamu bisa mengatasinya dengan memakai pelembap dan menghidrasi kulit. Atau bersihkan tangan dengan sabun dan air.

2 dari 4 halaman

Membunuh Bakteri Baik

 Memakai Hand Sanitizer© Pexels.com

Kemampuan hand sanitizer yang cukup baik membunuh bakteri dapat menghindari kita dari berbagai penyakit.

Tapi, ternyata kemampuan ini juga dapat membunuh bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, gunakan hand sanitizer ketika sulit menemukan air bersih.

Memperkuat Bakteri

Menurut the Center for Disease Control and Prevention, hand sanitizer yang memiliki kandungan anti bakteri dapat memicu perkembangan bakteri resistensi antibiotik. Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih agar lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Tidak Efektif Menghilangkan Kotoran dan Debu

 Tangan Kotor© Pexels.com

Jika tanganmu kotor, hand sanitizer tidak akan efektif membersihkannya. Hand sanitizer kurang efektif membersihkan kotaran maupun membunuh virus ketika tanganmu kotor.

4 dari 4 halaman

Bisa Membahayakan Ketika Bereaksi dengan Zat Kimia

 Petani Menyemprotkan Pestisida© Shutterstock.com

Campuran dari cairan berformula gel pada hand sanitizer dan bahan kimia bisa berbahaya untuk tubuhmu.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh the Journal of Occupational and Environmental Medicine, petani yang menggunakan hand sanitizer mengalami peningkatan kandungan pestisida dalam tubuh.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id