Ini Penyebab Bau Mulut yang Sering Tak Disadari

Fresh | Kamis, 16 Juli 2020 10:12
Ini Penyebab Bau Mulut yang Sering Tak Disadari

Reporter : Mutia Nugraheni

Cari tahu pemicu bau mulut tak sedap yang sangat menganggu.

Dream - Bau mulut yang tak sedap tentunya sangat menggangu. Banyak orang yang beranggapan kalau bau mulut terjadi karena adanya masalah pada gigi, seperti gigi berlubang yang mengalami infeksi.

Rupanya bau mulut bukan hanya dipicu karena masalah pada gigi tapi juga karena kurangnya volume saliva atau ludah. Hal ini dijelaskan oleh drg. Rizki Amelia Sari dalam acara Ngobras Dream.co.id, 15 Juli 2020.

" Bisa saja bau mulut karena volume ludahnya sedikit. Jadi, ludah itu di mulut punya tugas untuk membersihkan/ mengguyur lah supaya cukup bersih. Untuk membersihkan sisa makanan," kata drg Rizki.

Bagi orang yang memiliki volume ludah yang sedikit, cenderung lebih sering mengalami gangguan mulut. Penasaran mengapa ada orang yang memiliki volume ludah sedikit?

" Volume ludah sedikit karena habit, psikologis, hormon, obat. Misalnya obat jantung, volume ludah jadi berkurang, menimbulkan bau mulut," kata drg Rizki.

 

2 dari 3 halaman

Volume AIr Liur Sedikit karena...

Kebiasaan merokok dan minum minuman alkohol jadi salah satu pemicu volume ludah jadi di bawah normal. Stres, kurang tidur dan depresi juga bisa memicu kurangnya produksi air liur yang jika dibiarkan bisa memicu bau mulut.

Jika Sahabat Dream sering merasa mulut kering, kerap sariawan dan bau mulut, cobalah untuk memperbanyak minum air putih. Konsumsi buah kaya vitamin. Jika dirasa sangat menganggu, jangan ragu untuk konsultasi langsung dengan dokter gigi.

3 dari 3 halaman

Lihat Video Penjelasannya

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

Join Dream.co.id