Cara Maksimalkan Kardio untuk Turunkan Berat Badan

Fresh | Kamis, 27 Februari 2020 13:42
Cara Maksimalkan Kardio untuk Turunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Siap buat kardio?

Dream - Banyak yang mengklaim bahwa melakukan kardio seperti berlari, jogging, bersepeda atau berenang bisa menurunkan berat badan.

Tapi, banyak juga yang sudah melakukannya dan tidak kunjung melihat perbedaan. Jika kamu salah satunya, mungkin pola olahragamu harus diperhatikan lagi.

Menurut Fitness Trainer Ade Rai, lemak akan digunakan sebagai tenaga saat kardio hanya jika tubuhmu berada di zona pembakaran lemak.

" Zona pembakaran lemak terjadi pada 60-80 persen daripada maksimal detak nadi kita per menit, yaitu pada saat dimana gula sudah tidak hadir, badan akan pakai lemak," jelas Ade di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu 26 Februari 2020.

 Ade Rai© dream.co.id

2 dari 6 halaman

Bisa dengan gerakan mudah

Sedangkan untuk memangkas kadar gula, resistant training adalah solusinya. Resistant training atau latihan pengencangan otot rangka bisa dilakukan dengan gerakan seperti squat, plank atau push up.

 ilustrasi olahraga© shutterstock.com

Dengan melakukan resistant training untuk membakar kadar gula dalam tubuh, aktivitas kardiomu akan lebih efektif ketika ingin menurunkan berat badan.

Kamu bisa melakukan resistant training dengan beban yang ringan. Atau jika ingin langsung melakukan kardio, lakukan pemanasan otot dengan berjalan kaki selama 5-10 menit sebelum berlari.

3 dari 6 halaman

Yuk Rutin Jalan Kaki Selama 21 Hari, Lihat yang Terjadi Pada Tubuhmu

Dream - Berjalan kaki adalah aktivitas sederhana yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Meski begitu, manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tidak bisa diremehkan.

Manfaat dari kegiatan fisik yang tidak terlalu berat ini begitu banyak. Mulai dari membantu menurunkan berat badan dan mengurangi stres, hingga menurunkan tekanan darah.

Bahkan hanya dalam 21 hari rutin berjalan kaki saja, kita sudah bisa melihat perubahannya pada tubuh kita loh.

Ya, seorang personal trainer bersertifikat, Galina Denzel, menemukan metode sehat dengan berjalan kaki secara rutin selama 21 hari.

Nah buat kamu yang ingin segera mengusir lemak dan membuat tubuh selalu bugar, yuk ikuti tahapannya dibawah ini. Ingat harus konsisten ya!

4 dari 6 halaman

Minggu Pertama

Hari 1: Mulailah dengan 5 menit berjalan kaki secara teratur di pagi dan sore hari.

Hari 2: 7 menit berjalan di pagi dan sore hari.

Hari 3: Hari ke tiga program dimulai dan berakhir dengan 9 menit berjalan di pagi dan sore hari.

Hari 4: Tingkatkan waktu berjalan kaki menjadi 10 menit dua kali sehari.

Hari 5 - Yak kamu sudah mulai bugar, hari ini 12 Menit di pagi dan sore hari

Hari 6 - 15 menit berjalan di pagi dan sore hari.

Hari 7: Pada hari terakhir di minggu pertama, yuk berjalan 18 menit di pagi hari dan 18 menit di malam hari. Dan kini kamu siap memasuki minggu ke-2!

 Jalan Kaki© dream.co.id

5 dari 6 halaman

Minggu ke Dua

Hari 8: Minggu ke-2 kita mulai dengan 2 menit jalan kaki biasa, normal untuk pemanasan, lalu 10 menit jalan cepat, dan kemudian kita akhiri dengan 2 menit jalan kaki yang mudah untuk membuat tubuhmu rileks.

Hari 9: Hari ini hanya 20 menit berjalan dengan kecepatan sedang.

Hari 10: Tambah lagi yuk! dimulai dengan 5 menit berjalan dengan langkah biasa, lalu 12 menit berjalan cepat dan kita kembali rileksasi dengan 5 menit berjalan kaki biasa.

Hari 11: Di sini kita melakukan 10 menit berjalan dengan kecepatan sedang lagi.

Hari 12: Seperti sebelumnya, dimulai dengan 5 menit dengan langkah biasa, lalu lanjutkan dengan 15 menit berjalan cepat, dan menyelesaikan latihan dengan 5 menit langkah biasa untuk menenangkan diri.

Hari 13: 20 menit lagi dengan kecepatan sedang ya!

Hari 14: Hari terakhir di minggu 2! Dimulai dengan jalan biasa 5 menit, lalu berjalan cepat selama 18 menit kemudian 5 menit lagi untuk mengakhiri minggu ke dua dengan jalan santai.

 Jalan Kaki© dream.co.id

6 dari 6 halaman

Minggu Ketiga

Hari 15: Yuk mulai minggu terakhir dengan 10 menit berjalan naik dan turun tangga. Kemudian 2 menit berjalan dengan kecepatan biasa untuk menenangkan diri.

Hari 16: Hari ini jalan 20 menit dengan kecepatan sedang ya.

Hari 17: Naik turun tangga lagi yuk selama 12 menit, diakhiri 2 menit berjalan santai.

Hari 18: Hari ini akan sedikit mengejutkan. Mulailah dengan 25 menit berjalan dengan kecepatan sedang ditambah dengan 2 set 12 squat. Kuat dong!

Hari 19: Naik turun tangga lagi yuk selama 20 menit, diakhiri 3 menit berjalan santai.

Hari 20 - Lakukan 25 menit dengan kecepatan sedang.

Hari 21 - HAri terakhir! Untuk mengakhiri metode berjalan 21 hari ini, lakukan 20 menit berjalan dengan langkah cepat dan akhiri dengan 3 menit jalan kaki santai untuk menenangkan diri.

 Jalan Kaki© dream.co.id

Gimana, mudah bukan? Sekarang coba lihat hasilnya pada tubuhmu.

Join Dream.co.id