Ini Alasan Nyamuk Suka Isap Darah Manusia

Fresh | Kamis, 24 September 2015 17:00
Ini Alasan Nyamuk Suka Isap Darah Manusia

Reporter : Puri Yuanita

Nyamuk menggunakan CO2 sebagai media utama untuk mengidentifikasi target gigitan.

Dream - Selama ini kita kerap bertanya-tanya mengapa nyamuk suka menggigit kulit manusia dan mengisap darah. Seorang pakar entomologi sekaligus ahli medis dari University of Florida, Dr Jonathan Day menjelaskan, manusia menghasilkan bahan-bahan kimia tertentu di kulit. Contohnya, asam laktat yang mencuri perhatian banyak nyamuk.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa mengundang perhatian nyamuk untuk mengisap darah Anda. Dr Jonathan mengatakan, di antara faktor-faktor tersebut adalah tingkat metabolisme dan jumlah karbondioksida (CO2) yang keluar dari tubuh manusia. Nyamuk menggunakan CO2 sebagai media utama untuk mengidentifikasi target gigitan.

" Semua vertebrata menghasilkan CO2. Sementara itu benar bahwa moderasi tingkat metabolisme Anda melalui diet dan olahraga juga mempengaruhi nyamuk yang ingin mengisap darah manusia," katanya sebagaimana dikutip dari laman Time.

Dr Jonathan menambahkan, wanita hamil dan orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, serta para pengonsumsi alkohol cenderung memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi sehingga lebih menarik perhatian nyamuk.

Demikian pula dengan orang-orang yang mengenakan pakaian gelap. Mereka akan lebih menarik perhatian nyamuk ketimbang yang mengenakan pakaian berwarna terang. " Nyamuk memiliki masalah terbang dan angin sehingga mereka tetap dekat dengan tanah yang cenderung berwarna gelap," jelasnya.

 

 

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id