Mau Mulai Nge-Gym? Perhatikan Hal Ini

Fresh | Jumat, 28 Juni 2019 06:46
Mau Mulai Nge-Gym? Perhatikan Hal Ini

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Bagi pemula yang baru memutuskan untuk nge-gym, mungkin masih bertanya-tanya latihan seperti apa yang harus dilakukan.

Dream - Belakangan ini nge-gym menjadi olahraga yang digeluti oleh berbagai kalangan. Terbukti dari banyaknya tempat kebugaran di berbagai pusat perbelanjaan.

Perlu diketahui bahwa fitness tidak semata-mata mendapatkan kartu keanggotaan gym. Sahabat Dream harus mempersiapkan fisik sebelum mencoba alat kebugaran.

Bagi pemula yang baru memutuskan untuk nge-gym, mungkin masih bertanya-tanya latihan seperti apa yang harus dilakukan.

" Mulailah dengan fondasi berupa gerakan seperti plank, push up dan sit up. Tak peduli seberapa cepat dan kuat, kalau base-nya tidak benar maka lama-lama akan rubuh," ujar Adinda Sukardi, Atlet dan Brand Ambassador Under Armour di peluncuran RUSH & Recovery, Jakarta, Kamis 27 Juni 2019.

Jika belum mampu melakukan fondasi tersebut dengan baik, jangan sekali-kali mencoba alat berat di pusat kebugaran. Cedera akan terjadi karena otot tidak siap.

 

2 dari 9 halaman

Agar Terhindar dari Cedera Otot

Lakukan gerakan mendasar secara untuk melatih intensitas otot. Pastikan postur yang dilakukan sudah sempurna agar terhindar dari cidera otot di kemudian hari.

 Adinda Sukardi, Atlet dan Brand Ambassador Under Armour

Kemudian, Sahabat Dream perlu mencari personal trainer (PT) yang tepat ketika akan memulai nge-gym. Sesuaikan PT dengan tujuan fitness.

" Kalo goals-nya ingin kekar seperti Deddy Corbuzier, cari PT yang fokus ke bodybuilding. Jangan cari running coach, dia gak akan mau membesarkan otot karena ingin bergerak cepat dan fleksibel," imbuhnya.

3 dari 9 halaman

Bersepeda Lebih Ampuh Susutkan Berat Badan Daripada Nge-Gym?

Dream - Saat ingin menurunkan berat badan, satu tempat yang dipikirkan pasti pusat kebugaran (Gym). Namun butuh tekad kuat untuk datang ke sasana Gym di tengah pekerjaan yang menumpuk.

 Bersepeda Lebih Ampuh Turunkan Berat Badan Daripada Gym!

Daripada cuma bisa mengeluh, pernahkan kamu berpikir untuk menggantinya dengan bersepeda menuju tempat kerja?

Dilansir dari boldsky.com, studi terbaru yang dilakukan oleh Bente Stallknecht, professor University of Copenhagen di Denmark, menunjukkan jika bersepeda ke tempat kerja efektif menurunkan berat badan sama seperti pergi ke gym lima kali dalam seminggu.

" Ini kabar bahagia untuk semua orang yang bobot tubuhnya berlebihan dan tidak punya waktu untuk pergi ke tempat fitness," tutur Bente, dilansir Dream, Senin, 6 November 2017.

4 dari 9 halaman

Penelitian


Penelitian yang dilakukannya menunjukkan hasil positif pada 130 orang berbobot tubuh berlebih dengan indeks masa tubuh 25-35 kg/m2, yang tidak aktif melakukan olahraga.

 Sayembara Nama Sepeda Listrik General Motor, Hadiah Rp148 Juta

Ke-130 orang itu dibagi ke dalam empat grup. Grup pertama menggunakan sepeda untuk bolak-balik rumah ke kantor. Grup kedua pergi ke gym lima kali seminggu dengan beban latihan yang sangat tinggi.

Grup ketiga pergi ke gym lima kali sehari dengan beban latihan ringan, dan grup terakhir tidak melakukan perubahan hanya menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa karena berfungsi sebagai pengontrol.

Hasilnya, kalori grup yang bersepeda ke kantor terbuang sama banyak dengan grup yang pergi ke gym di waktu senggangnya selama seminggu. Dan dalam 6 bulan, semua grup yang berolahraga mengalami penurunan berat badan.

Grup yang pergi ke gym dan melakukan latihan berat turun hingga 4,5 kg, grup yang pergi ke gym dan melakukan latihan ringan turun hingga 2,6 kg, dan grup yang bersepeda turun hingga 4,2 kg.

" Semua kegiatan fisik yang dilakukan ketiga grup jauh lebih baik untuk kesehatandibandingkan yang dilakukan oleh grup keempat sebagai pengontrol. Beban latihan yang berat lebih baik dibandingkan beban latihan ringan," jelas Jonas Salling Quist, Research Assistant di University of Copenhagen.

Selain baik untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga bagus untuk:

1. Kontrol Tekanan Darah

2. Membantu mengontrol diabetes

3. Membantu mencegah serangan jantung

Jadi masih berpikir menurunkan berat badan hanya bisa dilakukan dengan nge-gym?

5 dari 9 halaman

Inspirasi Tas Kece untuk Nge-Gym

Dream Sahabat Dream hobi nge-gym? Selain untuk menjaga kesehatan, berolahraga di pusat kebugaran kini telah menjadi gaya hidup khususnya di kalangan masyarakat metropolis.

Saat datang ke gym, kini banyak orang yang tak tampil ala kadarnya. Mereka juga mulai menjaga penampilan. Tampilan sporty tentu yang jadi andalan.

Selain busana, salah satu yang jadi perhatian adalah pilihan gym bag yang dipakai. Tentunya kamu juga mau terlihat modis. Gym bag bisa dipadukan dengan outfit andalanmu.

Selain menarik dan nyaman digunakan, idealnya tas gym juga harus bisa menampung alat keperluan olahraga.

Bentuk dan beratnya harus diperhatikan. Salah pilih, badan bisa pegal-pegal membawanya.

Mengutip laman Cosmopolitan, berikut ini pilihan gym bag yang bisa bikin kamu semangat olahraga!

6 dari 9 halaman

2 in 1 Pack


 2 in 1 pack

Ransel dapat menjadi pilihan paling oke. Selain mudah di mix and match, ransel dengan banyak kantong juga sangat praktis.

Pilih ransel berjenis 2 in 1 agar memudahkanmu membawa barang. Bagian utama dapat menyimpan barang berukuran besar, sementara extra pouch dapat menampung perkakas tambahan.

 
7 dari 9 halaman

Yoga Sling Bag


 yoga sling bag


Bentuknya yang tidak terlalu besar akan sangat mudah dibawa. Sling bag yang lebar akan membuatnya lebih nyaman dipakai di atas pundak.

 
8 dari 9 halaman

Tote Bag


 tote bag

Sahabat Dream yang gak suka ribet bisa pilih tote bag untuk membawa barang. Bentuknya yang kecil akan sangat cocok untuk menampung keperluan sederhana seperti handuk dan botol minum.

 
9 dari 9 halaman

Barrel Bag


 barrel bag

Kalau kurang puas memakai tas biasa, kamu juga bisa gunakan barrel bag. Tas ini berukuran lebih besar dari tas pada umumnya.

Bentuk silinder membuatnya mampu menampung barang lebih banyak. Model ini juga sangat cocok bagi para pecinta style retro.

Air-Circulating Mat Bag


 mat bag

Para pecinta yoga bisa bernapas lega dengan adanya inovasi ini.

Tas ini sebenarnya merupakan yoga-mat yang dapat digulung menjadi bentuk silinder. Ada kantong ekstra di sampingnya untuk menampung barang seperti handphone dan dompet.

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id