Ini Kunci Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Fresh | Jumat, 10 Mei 2019 18:43
Ini Kunci Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Reporter : Dwi Ratih

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam program ini, seperti Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Pasar Murah.

Dream - Memasuki bulan suci Ramadan, semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Mengingat kebaikan yang dilakukan pada bulan ini akan memperoleh ganjaran berkali-kali lipat dari Allah SWT.

Kebaikan dapat ditunjukkan dalam berbagai cara, termasuk berbagi kepada sesama. Seperti halnya yang dilakukan Yayasan Hati Suci melalui program Bhakti Ramadhan " Indahnya Berbagi" .

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam program ini, seperti Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Pasar Murah.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang mengangkat tema " Sekolah Sehat, Rumah Sehat" .  

Dalam penyelenggaraannya, Yayasan Hati Suci menggandeng PT Unilever Indonesia Tbk dengan mitranya Bina Masyarakat Peduli (UMP).

" Setiap bulan puasa kami mengadakan program Bhakti Ramadhan. Untuk tahun ini, kami bekerja sama dengan BMP dan Unilever untuk penyuluhan hidup sehat dan bersih. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membantu anak-anak untuk bisa berperilaku hidup sehat dengan benar," ujar Direktur Yayasan Hati Suci, Francisca Setiati, dalam Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di RPTRA Hati Suci, Jakarta Pusat, Jumat 10 Mei 2019. 

Ia mengatakan, kegiatan ini diikuti 86 siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan 130 siswa Sekolah Dasar (SD) Hati Suci. Selain itu, ada beberapa siswa dari sekolah lainnya yang berada di Jakarta Pusat. Mereka berasal dari SDN 01 Kampung Bali, SDN 03 Kampung Bali, SDN 07 Kampung Bali, SDS PSKD, serta SDS Strada & Bethel.

Menariknya, ibu-ibu dari ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Posyandu, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Jakarta Pusat juga tak ketinggalan menghadiri kegiatan penyuluhan.

Menurut dr Fabian dari Unilever, bila para ibu ini bisa menyebarkan pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat di tempatnya, maka pesan dari program ini dapat tersampaikan ke lebih banyak lagi orang.

Ia menjelaskan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan program kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Sasaran dari program ini adalah sekolah dan keluarga.

 unilever© unilever

" Ini program yang baik karena menyasar tingkat dasar, yaitu keluarga. Di keluarga ada ibu dan ayah, kalau mereka melakukan perilaku hidup bersih dan sehat pasti akan berdampak positif bagi keluarganya dan menularkannya ke orang sekitar. Program ini juga dilakukan di sekolah, di mana anak-anak mendapatkan pendidikan secara formal," ucap dr Fabian.

Lanjutnya, Unilever sebagai perusahaan juga punya tanggung jawab untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Secara global, Unilever memiliki program Unilever Sustainable Living Plan.

PT. Unilever Indonesia melalui Yayasan Unilever Indonesia telah memiliki program Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat terintegrasi, yakni Sekolah Sehat dan Keluarga Sehat.

" Sampai 2018, program CSR kami telah menjangkau 6 juta anak di Indonesia. Program ini merupakan program yang berkelanjutan dan akan terus berlangsung selama Unilever masih ada," lanjut dr Fabian.

Dalam memberikan penyuluhan hidup bersih dan sehat, Unilever mengajak mitranya Bina Masyarakat Peduli. Pengajaran diberikan langsung oleh Direktur Eksekutif Bina Masyarakat Peduli, M Salahudin Hakim.

" Disebut perilaku itu karena harus dilakukan setiap hari. Ada tujuh kebiasaan hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan setiap hari. Tujuh kebiasaan itu ialah cuci tangan pakai sabun, makanan beragam, bergizi, dan aman, minum air bebas kuman, sikat gigi pagi dan malam, toilet dan kamar mandi bersih higienis, kelola sampah, serta cegah demam berdarah," ujarnya.

Salahudin juga memberi contoh langsung langkah-langkah cuci tangan pakai sabun dan sikat gigi yang benar. Bahkan, para siswa diberi kesempatan langsung mempraktikkan langkah-langkah cuci tangan dengan sabun Lifebuoy.

Sebagai penutup, para peserta diajak melakukan pledging commitment. Dengan mencap tangannya di atas spanduk, mereka berkomitmen untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. (ism) 

Join Dream.co.id