Temuan Baru, Jamu Ini Diklaim Bisa Ringankan Gejala Covid-19

Fresh | Sabtu, 30 Mei 2020 17:00
Temuan Baru, Jamu Ini Diklaim Bisa Ringankan Gejala Covid-19

Reporter : Sugiono

Jamu berbentuk kapsul itu dibuat dari beberapa jenis tanaman herbal.

Dream - Setelah melakukan uji coba, para ilmuwan China mengatakan ramuan herbal dari negaranya bisa meringankan gejala Covid-19.

Menurut penelitian Komisi Kesehatan Nasional, meski tidak bisa menyembuhkan Covid-19, kapsul Lianhuaqingwen (LH) bisa meringankan gejalanya, seperti demam dan kelelahan.

Penelitian tersebut melibatkan beberapa ilmuwan terkenal dari China, seperti Li Lanjuan, direktur Laboratorium Diagnosis dan Perawatan Penyakit Menular; Zhang Boli, presiden Universitas Pengobatan Tradisional China di Tianjin, dan Zhong Nanshan, pakar penyakit infeksi kawakan.

2 dari 4 halaman

Bunga Kamperfuli dan Alamanda

Lianhuaqingwen adalah obat herbal Tiongkok yang dibuat dari beberapa jenis tanaman herbal, termasuk honeysuckle (bunga kamperfuli) Jepang dan bunga lonceng emas (Alamanda).

Dalam penelitiannya, para ilmuwan merekrut 284 pasien Covid-19 pada bulan Februari dari 23 rumah sakit di sembilan provinsi di China.

Mereka menemukan bahwa pengobatan dengan kapsul LH selama 14 hari secara nyata meningkatkan tingkat pemulihan gejala (57,7 persen pada hari 5, 80,3 persen pada hari 10 dan 91,5 persen).

3 dari 4 halaman

Meringankan Gejala dan Menyingkat Masa Pemulihan

Waktu pemulihan gejala juga secara signifikan lebih pendek pada kelompok pasien yang mendapat perawatan menggunakan kapsul LH.

Kapsul LH memperpendek durasi demam satu hari dan gejala kelelahan serta batuk sebanyak tiga hari untuk masing-masing pasien Covid-19. Namun tingkat penurunan jumlah virusnya tidak mencapai angka statistik yang signifikan.

" Menurut tingkat keefektifan dan keamanannya, kapsul LH dapat dipertimbangkan untuk pengobatan Covid-19,” penelitian menyimpulkan.

4 dari 4 halaman

Masih Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Para peneliti mengakui penelitian mereka masih sangat terbatas. Pasien secara acak menerima pengobatan biasa atau dikombinasikan dengan kapsul LH (empat kapsul, tiga kali sehari) selama 14 hari.

Mereka juga mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan durasi pengobatan Lianhuaqingwen yang lebih lama akan lebih efektif dalam menyembuhkan pasien Covid-19.

Penelitian para ilmuwan China ini telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal di Phytomedicine pada tanggal 16 Mei 2020.

Sumber: SCMP

Join Dream.co.id