Hobi Makan Bisa Atasi Mood-Swing

Fresh | Rabu, 21 Maret 2018 13:41
Hobi Makan Bisa Atasi Mood-Swing

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan bingung atasi stres. Cukup tambahkan bahan-bahan ini ke dalam makanan yang dikonsumsi.
Dream - Kadang sulit menghindari suasana hati yang memburuk. Susah pula kita memprediksi kapan bad mood beranjak dari hati, terlebih bagi kalangan perempuan yang sedang PMS (Sindrom Prahaid).
 
Mungkin melakukan hal yang disukai, mencari tempat yang tenang, dan mendengarkan musik dengan frekuensi tertentu, bisa menjadi jalan keluar. 
 
Tapi, suasana bad mood yang dipicu oleh hormon kortisol ini dapat diperangi dengan makanan. Kita bisa mengonsumsi makanan pemicu hormon-hormon positif, seperti endorfin (penghilang rasa sakit), serotonin (pemicu kebahagiaan dan pencegah depresi), dopamin (pemicu motivasi), dan oksitoksin (hormon yang berhubungan dengan cinta).
 
Keempat hormon tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi kelapa, dark chocolatte, bayam, tomat, madu, telur dan greek yoghurt.
 
Kelapa mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan suasana hati. Kelapa juga mengandung pemanis alami, jadi tidak heran kalau makanan ini bisa mengusir suasana hati yang buruk.
 
Siapa yang tidak suka cokelat? Apalagi yang tergolong sweet tooth, cokelat adalah favorit. Dari dulu, memakan satu ons cokelat diklaim bisa menghilangkan stres. Tapi, dark chocolatte lebih diutamakan karena kandungannya bisa mengurangi hormon kortisol dan level katekolamin.
 
Bagi pecinta manis tapi tidak suka cokelat, bisa mengonsumsi madu sebagai gantinya. Madu mengandung kaempferol dan quercetin yang menjaga kesehatan otak dan mencegah depresi
 
Untuk pecinta sayur, bayam dan tomat bisa mengurangi stres dan menyehatkan otak. Tomat sendiri mengandung lycopene, antioksidan yang sehat untuk otak. Jadi, masih bisa memulihkan suasana hati ketika menjalani pola hidup sehat.
 
Kaya protein dan bisa mengusir stres. Itulah manfaat telur dan greek yoghurt. Dua produk olahan sapi ini mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang memicu rasa kenyang. Yang mana, rasa kenyang bisa memicu rasa senang.
 
Greek yoghurt sendiri pun mengandung kalsium, kandungan yang memicu keluarnya neurotransmitter di otak. Terutama neurotransmitter pemicu rasa senang dan nyaman. Jadi, jangan ragu menambahkan greek yoghurt ke dalam minuman maupun salad.
 
Sumber: Blodsky.com
 
 
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id