Hindari Makanan Ini Agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Fresh | Rabu, 6 Februari 2019 11:13
Hindari Makanan Ini Agar Tidurmu Lebih Berkualitas

Reporter : Cynthia Amanda Male

Beberapa makanan bisa mengganggu waktu tidurmu.

Dream - Jika terbiasa begadangdan merasakan sakit di beberapa bagian tubuh di pagi hari, kamu harus hati-hati. Kemungkinan besar, kurang tidurlah penyebabnya.

Penelitian yang tercatat dalam Journal of Neuroscience menyatakan, kurang tidur bisa berdampak buruk pada kinerja otak dan menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa sakit.

Kamu bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu supaya lebih mudah tertidur di malam hari, seperti almond, chamomile tea dan kenari.

Selain itu, kamu bisa menghindari beberapa makanan berikut supaya tidur lebih cepat dan berkualitas.

Melansir dari The Health Site, berikut ini makanan yang harus dihindari:

2 dari 3 halaman

Makanan Berlemak

 Ke Malaysia, Jangan Lupa Cicip Burger Nasi Lemak

Makan makanan berlemak seperti kripik, pizza, kentang goreng dan burger bisa mengacaukan jam tidur.

" Pola makan tinggi lemak bisa membuatmu mengantuk di siang hari dan mengacaukan jam tidur di malam hari. Makanan berlemak seperti pizza dan burger juga menyebabkan mulas dan peningkatan asam lambung yang membuat kita lebih sulit tidur," ungkap Ahli Gizi Klinis, Rutika Murudkar.

Lemak bisa memicu proses pencernaan dan meningkatkan asam lambung. Makanan berlemak mampu mengganggu produksi orexin yang berperan untuk meregulasi pola tidur dan menyebabkan kamu sulit tidur.

Makanan Pedas

Sebagian orang menyukai makanan pedas, tapi mengonsumsinya di malam hari kurang baik untuk pola tidurmu.

" Makan makanan pedas sebelum tidur bisa menyebabkan mulas, peningkatan asam lambung dan gangguan pencernaan," imbuh Murudkar.

Rasa mulas bisa lebih parah ketika kamu berbaring. Jadi, hindari makan makanan pedas sebelum tidur.
 
Makanan Diuretik

Makanan diuretik seperti semangka, jahe dan wortel, bisa membuatmu bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil. Jadi, hindari makanan tersebut jika tidak ingin tidurmu terganggu karena harus pergi ke WC.

3 dari 3 halaman

Kopi

 Pilihan Kopi atau Teh Bisa Dilihat Melalui Genetik

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi bisa membuatmu merasa lebih segar ketika kelelahan. Tapi, minum kopi sebelum tidur bisa membuat kinerja otak jadi berlebihan dan mempersulit tidur.

Makanan Manis

Makan makanan manis sebelum tidur akan meningkatkan gula darah dan nantinya akan turun secara drastis karena pengaruh hormonal. Hormon dan kadar gula darah yang tidak teratur itu mampu mengganggu jam tidur.

Makanan Mengandung Asam

Makanan yang mengandung asam seperti jeruk dan anggur akan meningkatkan asam lambung. Jika kamu sering mulas dan maag, hindari makanan tersebut supaya tidurmu lebih nyenyak. (ism)

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id