Hindari Makan Buah di Malam Hari agar Tidak Gagal Diet

Fresh | Rabu, 13 November 2019 13:20
Hindari Makan Buah di Malam Hari agar Tidak Gagal Diet

Reporter : Cynthia Amanda Male

Lho kenapa?

Dream - Ketika lapar di malam hari, seringkali kita menghindari makanan yang tinggi lemak. Banyak di antara kita yang menjatuhkan pilihan pada buah.

Tapi sebenarnya buah justru bisa jadi sumber penumpukan lemak karena kandungan gula yang tidak digunakan sebagai energi.

" Makan buah di malam hari memang tidak dianjurkan karena buah memiliki kadar gula fruktosa yang kalau dikonsumsi malam hari akan mengganggu metabolisme," ujar Kartika Prasasti Ramadia, Dokter Nutrisi, dalam acara Soft Opening Sesa Experience Center di Jakarta, Selasa 12 November 2019.

2 dari 8 halaman

Hindari Buah Ini

 shutterstock

Disarankan untuk mengonsumsi buah di pagi, siang atau sore hari agar kadar gula bisa diproses sebagai energi dan tidak menjadi tumpukan lemak.

" Kalau pagi atau siang kan energinya bisa dibakar," katanya.

Beberapa buah yang harus dihindari saat malam hari, karena kadar gula tinggi, di antaranya adalah buah tropikal, seperti pisang, mangga, duku, dan leci.

" Even though vitamin C-nya tinggi, tapi harus diimbangi dengan aktivitas. Jadi enggak takut gemuk," jelas Kartika.

3 dari 8 halaman

Jus Sayur

Jika ingin lebih nyaman dalam mengonsumsi buah, kamu bisa memilih yang mengandung antioksidan tinggi serta rendah gula seperti beri-berian.

" Berries enggak spike insulin kita. Dan seminggu makan itu aja kulit kita sudah glowing," tuturnya.

 shutterstock

Ia pun menganjurkan untuk mengonsumsi buah sebagai pemanis pada jus sayur supaya asupan nutrisi harian bisa terpenuhi secara maksimal.

" Kalau ngomongin jus itu, jus sayur. Bukan buah. Boleh dikasih buah, tapi 10 persen saja sebagai penambah rasa," tutup Kartika.

4 dari 8 halaman

7 Manfaat Buah Naga, Cocok untuk yang Sedang Diet

Dream - Buah naga merupakan buah tropis yang memiliki banyak nama. Sebagian orang mengenal buah ini dengan nama pitahaya atau pir stroberi.

Selain nama, bentuk buah naga juga cukup unik yang dengan mudah memancing perhatian orang banyak. Didominasi warna merah di bagian luarnya, buah naga matang terasa sangat manis dengan biji-bijinya yang bisa dimakan.

Masyarakat sudah mengetahui jika buah naga menyimpan banyak manfaat dan menjadi salah satu sumber makanan alami yang mengandung banyak nutrisi. Tapi tak banyak yang tahu jika buah yang satu ini sangat cocok dijadikan menu diet yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Health Line, buah naga termasuk langka hanya bisa ditemukan di beberapa negara. Beruntungnya Indonesia merupakan negara tropis yang bisa dengan mudah menemukan buah naga, harganyapun relatif tak terlalu mahal.

Lalu apa saja manfaat buah naga?

5 dari 8 halaman

Tinggi Nutrisi

Salah satu manfaat buah naga adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Selain itu buah naga juga rendah kalori dan kaya vitamin alami. Satu lagi kelebihannya adalah mengandung mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh.

 Tekanan Darah

Dalam 227 gram buah naga, terdapat kandungan kalori, protein, karbohidrat, serta, zat besi, magnesium, dan vitamin C serta E.

Berdasarkan kandungan nutrisi alami tersebut, buah naga menjadi makanan yang mengandung polifenol, karoteniot dan betasianin.

Kaya Serat

Serat yang ramah untuk diet adalah serat yang mengandung karbohidrat baik dan bisa meningkatkan kondisi kesehatan seseorang. Serat dikenal baik untuk pencernaan.

Buah naga mengandung 7 gram serat dalam satu buah. Kandungan ini tentu menjadikan buah naga sebagai menu yang cocok untuk diet.

Namun jangan sampai kamu terlalu banyak mengonsumsi. Kelebihan konsumsi serat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika tubuh kami selam aini tidak terbiasa mengonsumsi makanan berserat tinggi.

6 dari 8 halaman

Baik untuk Usus

 Masalah pencernaan

Di dalam usus manusia, terdapat 100 miliar organisme yang berbeda. Sebanyak 400 diantaranya termasuk dalam spesies bakteri yang berperan penting dalam sistem pencernaan.

Untuk membuat bakteri baik dalam usus bekerja dengan baik, kita harus banyak mengonsumsi probiotik. Zat ini dapat membantu menyeimbangkan kinerja bakteri baik dalam usus.

Probiotik menjadi salah satu manfaat buah naga yang bisa diperoleh apabila kita mengonsumsinya secara rutin. Buah naga bisa meningkatkan kinerja bakteri dalam usus dan menjaga kesehatan pencernaan.

Kaya Magnesium

Buah naga mengandung lebih banyak magnesium dibandingkan dengan buah-buah lain, hanya dengan satu gelas saja.

Rata-rata tubuh kita mengandung 24 gram magnesium. Walau angkanya kecil, jenis mineral yang satu ini memiliki peran penting untuk sel dan 600 reaksi zat kimia lainnya yang ada dalam tubuh.

Untuk mendapatkan cukup magnesium bagi tubuh, Sahabat Dream bisa mengonsumsi buah naga secara rutin atau mengonsumsinya sedikit saja.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ada lagi manfaat buah naga bagi tubuh yakni menjaga kekebalan. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti kualitas dan cara diet yang salah.

 Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah naga ternyata bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut. Buah naga mampu melindungi sel darah putih yang rusak, sehingga akan meningkatkan kinerja sel darah putih untuk menjaga imun tubuh.

Meningkatkan Zat Besi

 Buah Naga

Manfaat buah naga lainnya adalah kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, zat besi juga membantu mengubah makanan menjadi energi.

Untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh, mengonsumsi buah naga secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

8 dari 8 halaman

Mencegah Penyakit Kronis

Selain mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, buah naga juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis.

Manfaat buah naga mengandung banyak zat antioksidan seperti vitamin C, betalains, dan karoteniot. Yang mana antioksidan tersbeut mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit kronis yang membahayakan.

Karena kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, buah naga jadi makanan yang cocok dijadikan menu diet. Selain harganya bersahabat, rasanyapun tak kalah bersahabat.

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id