Hindari Alkohol agar Anda Tidak Jadi Pelupa

Fresh | Jumat, 14 November 2014 14:31
Hindari Alkohol agar Anda Tidak Jadi Pelupa

Reporter : Ervina

Siapa sangka, ternyata hal-hal berikut ini dapat menurunkan kemampuan anda mengingat.

Dream - Terkadang lupa dianggap sebagai suatu hal wajar seiring dengan bertambahnya usia. Sebenarnya dibalik hal yang selama ini dianggap wajar, ada beberapa faktor yang sebaiknya dihindari karena secara perlahan dapat 'membunuh' memori.

Mengutip laman Healthmeup, berikut beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat melemahkan ingatan anda. Apa saja kebiasaan tersebut?

Merokok
Selain membahayakan kesehatan, dalam jangka panjang merokok juga dapat menurunkan kadar memori. Orang yang memasuki usia lanjut dan memiliki kebiasaan merokok sangat rentan mengalami masalah ingatan.

Kekurangan Gizi
Glukosa merupakan salah satu yang dbutuhkan otak untuk merekam ingatan mengenai banyak hal. Selain glukosa, nutrisi penting lainnya seperti vitamin B juga sangat berperan penting dalam menjaga kualitas ingatan.

Kelebihan Gula
Dalam kadar tertentu gula memang dibutuhkan tubuh, tetapi saat jumlahnya berlebihan maka dapat membahayakan kesehatan. Kelebihan gula dapat mempengaruhi memori anda, jadi sebaiknya konsumsi gula dalam porsi wajar dan hindari makan yang mengandung gula buatan.

Biji-bijian Olahan
Sebenarnya serat dalam biji-bijian sangat baik untuk tubuh. Berbeda dengan biji-bijian olahan yang justru dapat menyumbat arteri dan memberikan pengaruh buruk bagi kemampuan anda dalam mengingat.

Lemak Jenuh
Sebuah studi yang melibatkan 6.000 wanita menunjukkan mereka yang mengkonsumsi lemak jenuh memiliki kualitas kognitif dan fungsi memori terburuk. Sedangkan mereka yang mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal memiliki kemampuan memori yang paling baik. Sebenarnya lemak jenuh banyak terdapat pada daging, kulit ayam, produk susu penuh lemak, dan mentega. Sementara lemak tak jenuh tunggal banyak terdapat pada minyak zaitun, selai kacang, dan alpukat.

Lemak Trans
Selain dapat mengubah proses metabolisme tubuh dan menyumbat arteri, lemak trans juga dapat menurunkan fungsi dan mengurangi volume otak. Lemak trans banyak terdapat pada makanan olahan dan umunya terdapat keterangan label 'partially hudrogenated'.

Depresi
Depresi memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental dan penurunan ingatan anda. Penelitian menunjukkan depresi mempengaruhi hippocampus yang merupakan bagian otak yang menyimpan memori dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat detil secara akurat.

Stress
Saat mengalami trauma, otak manusia cenderung untuk menekan ingatan terhadap suatu peristiwa. Memori ini akan diblokir dan mungkin tidak dapat sepenuhnya bisa kembali saat seseorang sedang stress. Bahkan, psikolog percaya jika stress dapat membuat anda memiliki ingatan palsu.

Alkohol
Minum tiga gelas minumam alkohol dalam seminggu dapat memperngaruhi kualitas memori, menurunkan konsentrasi dan kognitif. Inilah salah satu alasan mengapa Islam melarang umatnya mengkonsumsi minuman beralkohol

Terkait
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id