Henti Jantung Mendadak, Kondisi yang Diduga Sebabkan Kematian Didi Kempot

Fresh | Selasa, 5 Mei 2020 12:15
Henti Jantung Mendadak, Kondisi yang Diduga Sebabkan Kematian Didi Kempot

Reporter : Mutia Nugraheni

Jantung tiba-tiba berhenti memompa darah ke seluruh tubuh.

Dream - Musisi campurcari Didi Kempot mengembuskan napas terakhirnya pagi hari ini 5 Mei 2020. Pria bernama asli Dionisius Prasetyo itu dibawa ke rumah sakit sudah dalam kondisi tak sadarkan diri.

Menurut keterangan dokter dari rumah sakit, Didi mengalami henti jantung. Apa itu henti jantung? Dikutip dari KlikDokter, henti jantung mendadak merupakan kondisi saat jantung tiba-tiba berhenti memompa darah ke seluruh tubuh.

Kondisi ini menyebabkan otak dan organ-organ dalam tubuh tidak mendapat aliran darah dan oksigen, sehingga bila tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan penderita meninggal dunia. Sekitar 90% kasus henti jantung mendadak berakhir dengan kematian.

 

2 dari 6 halaman

Gejala Henti Jantung Mendadak

Henti jantung mendadak tidak disertai dengan gejala yang spesifik. Tanda henti jantung mendadak yang umum adalah penurunan kesadaran mendadak disertai tidak terdeteksinya denyut nadi.

Flu Bisa Picu Serangan Jantung?© MEN

Pada sebagian kasus, henti jantung mendadak didahului dengan gejala pusing, sakit dada, sesak napas, nyeri ulu hati, dan mual atau muntah. Henti jantung mendadak biasanya didiagnosis dengan memeriksa pembuluh darah karotis yang terdapat di leher dan menemukan bahwa pembuluh darah tersebut tidak berdenyut.

 

3 dari 6 halaman

Penyebab Henti Jantung Mendadak

Penyebab utama henti jantung mendadak adalah penyakit jantung koroner dan denyut jantung tidak teratur. Mereka yang mengalami hipertensi, diabetes melitus, stres fisik berat, dan penyakit jantung bawaan memiliki risiko lebih tinggi mengalami henti jantung mendadak.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 6 halaman

Unggahan Terakhir Didi Kempot Sebelum Meninggal, Bikin Nangis Sobat Ambyar

Dream - Musisi tradisional Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa pagi, 5 Mei 2020. Dia sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo akibat serangan jantung.

Sebelum meninggal, Didi sempat mengunggah video di Instagramnya, @didikempot_official, dua pekan lalu. Dia menyampaikan terima kasih kepada fans dan penonton konser amal yang digelar virtual beberapa waktu lalu.

Unggahan Terakhir Didi Kempot Sebelum Meninggal, Bikin Nangis Sobat Ambyar© Dream

" Saya ucapkan terima kasih sekali. Alhamdulillah dari hasil konser kemarin tidak terduga ternyata melebihi apa yang saya bayangkan," ujar Didi.

" Saya hanya seorang seniman, mampu saya membantu dengan tenaga saya, talenta yang diberikan Allah kepada saya, saya persembahkan untuk konser amal seperti kemarin," lanjut Didi.

 

 

5 dari 6 halaman

Bangga Pada Fans

Didi kembali menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam dan luar negeri. Juga kepada para fans.

" Salut buat kinerja sobat ambyar yang betul-betul sangat solid. Kempoter, sad boy, sad girl, semuanya sangat membanggakan," kata dia.

Sebelumnya, Didi sempat menggelar konser amal secara virtual bekerja sama dengan stasiun televisi swasta nasional. Donasi yang terkumpul dari konser tersebut mencapai Rp5,3 miliar dan akan disalurkan untuk membantu mengatasi dampak virus corona.

" Semoga apa yang telah kita perbuat sangat bermanfaat untuk penanggulangan virus corona. Matur sembah suwun. Salam Didi Kempot, sobat ambyar, kempoter, sad boy dan sad girl. Matur suwun," ucap Didi.

Join Dream.co.id