Haid 2 Kali dalam Sebulan, Ketahui Pemicunya

Fresh | Senin, 11 Oktober 2021 07:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter obstetri dan ginekologi.

Dream - Siklus haid biasanya terjadi dalam 21 hingga 35 hari. Sahabat Dream pernah dua kali haid dalam siklus tersebut? Jika iya, mungkin akan merasa bingung mengapa bisa terjadi.

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, haid biasanya berlangsung selama 2–7 hari, dengan siklus 21–35 hari. Lamanya siklus tersebut dihitung dari hari pertama haid hingga terjadinya haid berikutnya.

" Lamanya siklus haid pada tahun-tahun awal mengalami kondisi ini biasanya akan berlangsung lama. Semakin bertambah usia, siklus haid akan semakin pendek,” kata dr. Jessica.

Bila terjadi dua kali haid dalam satu bulan atau satu siklus, bisa jadi pertanda ada yang tak beres dengan kondisi tubuh. Tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter obstetri dan ginekologi.

 

Haid 2 Kali dalam Sebulan, Ketahui Pemicunya
Nyeri Haid/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Untuk penyebabnya, bisa jadi banyak hal. Berikut beberapa di antaranya.

Stres
Masalah rumah tangga, pekerjaan, kondisi jalan raya membuat seseorang menjadi banyak pikiran. Kondisi ini penting untuk dikontrol karena jika tidak, level stres menjadi sangat tinggi.

Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat sederet keluhan. Salah satunya gangguan siklus haid, saat haid pun nyeri jadi lebih hebat dari biasanya serta bisa menurunkan sistem imunitas.

 Gawat, Sebagian Besar Pasien Covid-19 Alami Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur© MEN

Perubahan berat badan yang ekstrem
Naik atau turunnya berat badan secara signifikan tidak hanya memengaruhi bentuk tubuh, tapi juga berpotensi mengganggu fungsi organ-organ penting. Jika hal tersebut terjadi pada wanita, salah satu kondisi yang mungkin terjadi padanya adalah gangguan siklus haid.

 

3 dari 5 halaman

Penyakit radang panggul
Penyakit radang panggul alias pelvic inflammatory disease (PID) merupakan kondisi akibat bakteri yang menyerang sistem reproduksi wanita. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penyakit menular seksual, seperti gonore atau kencing nanah.

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit radang panggul yang tidak teratasi adalah gangguan siklus haid. Oleh karena itu, wanita yang mengalami penyakit ini memiliki kemungkinan untuk mengalami dua kali haid dalam satu bulan.

 Cara Meredakan Kembung Saat Menstruasi© MEN

PCOS
Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, PCOS atau sering disebut kista indung telur adalah kondisi yang terjadi akibat kadar hormon yang tidak seimbang sehingga pematangan sel telur mengalami gangguan.

PCOS adalah kondisi yang sering dianggap sebagai penyebab utama siklus haid tidak teratur. Pada kasus ini, wanita yang mengalaminya bisa tidak haid sama sekali, atau mengalami durasi haid yang sangat panjang.

Selengkapnya baca di sini.

4 dari 5 halaman

Traveling Ternyata Bisa Bikin Terlambat Haid

Dream - Pernahkah Sahabat Dream merasa bahwa menstruasi sedikit mengganggu saat bepergian? Mungkin kalau kamu secara khusus memperhatikan, menstruasi cenderung muncul lebih lambat dari yang diharapkan setelah kembali dari perjalanan panjang.

Terlambatnya siklus menstruasi ini tidak selalu hanya kebetulan, bepergian jauh atau traveling berpotensi memengaruhinya. Menurut Peter Rizk, MD, seorang dokter obstetri dan ginekolohi, yang juga Head of Reproductive Endocrinology and Infertility di University of South Alabama

Hal-hal seperti stres, dehidrasi, dan kelelahan semuanya berpotensi mengganggu siklus menstruasi. Seperti Sahabat Dream ketahui, ketiga masalah ini terkadang tampak tak terhindarkan saat bepergian atau traveling.

Rizk mengatakan bahwa keseimbangan hormon tubuh juga dapat terganggu selama stres dalam perjalanan. Hal ini mungkin dapat menunda ovulasi dan menstruasi.

" Jika Anda benar-benar merasa stres dalam perjalanan, bahkan bisa melewatkan ovulasi sama sekali," kata Rizk, dikutip dari PopSugar

 

 

5 dari 5 halaman

Stres dan kurang tidur saat bepergian juga dapat memengaruhi gejala PMS. Untuk menghindari peningkatan hal-hal seperti kram, kembung, perubahan suasana hati, dan masalah pencernaan, dr. Rizk menyarankan menghindari tidur larut malam.

 Traveling Ternyata Bisa Bikin Terlambat Haid© MEN

" Menstruasi yang sering terlewat tidak selalu menunjukkan masalah kehamilan. Mungkin hanya respons sementara terhadap stres dan kelelahan - tetapi, mengingat kondisi mendasar tertentu seperti endometriosis atau PCOS dapat menyebabkan siklus tidak teratur, kamu bisa ke dokter kandungan untuk tes dan menyingkirkan penyebab keterlambatan menstruasi ini," pesan dr Rizk.


Laporan Syifa Putri Naomi

Join Dream.co.id