Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Bikin Anak Cerdas, Penuhi 8 Kebutuhan yang Penting Buat Si Kecil Ini

Cara Bikin Anak Cerdas, Penuhi 8 Kebutuhan yang Penting Buat Si Kecil Ini Cara Bikin Anak Cerdas (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Setiap orang tua pastinya mengharapkan agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Mendidik anak agar cerdas tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kemampuan setiap anak berbeda-beda. Ada yang bisa dengan mudah dan cepat memahami apa yang diajarkan dan ada juga yang lambat untuk menerimanya.

Seperti dikutip dari alodokter.com, kecerdasan pada anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik ini berasal dari bakat atau pun kemampuan sang anak yang diturunkan dari orang tuanya. Sedangkan faktor lingkungan biasanya berasal dari pola asuh yang diberikan, pendidikan yang didapatkan, dan juga asupan nutrisinya.

Namun selama ini belum semua orang tua mengetahui gimana cara bikin anak agar menjadi cerdas. Padahal hal tersebut sangatlah penting, khususnya bagi masa depan sang anak sendiri.

Nah, bagi para orang tua yang ingin mengetahui gimana cara bikin anak agar menjadi cerdas, berikut sebagaimana telah dirangkum dari alodokter.com.

Mengajak Anak Membaca Sejak Kecil

Mengajak Anak Membaca Sejak Kecil

Mengajak Anak Membaca Sejak Kecil

Proses belajar anak bisa dimulai sejak kecil. Hal tersebut bisa dibiasakan oleh orang tua kepada anaknya. Salah satunya dengan mengajarkan sang anak untuk membaca sejak kecil. Walaupun anak belum mampu membaca, namun orang tua bisa membacakan cerita sebelum tidur, sedangkan anak mendengarkannya.

Hal ini bisa membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta bisa membuat anak menjadi cerdas. Sang anak akan memiliki kemampuan secara verbal, menambah kosakatanya, meningkatkan kemampuan mendengar, dan dari segi imajinasi pun juga akan mengalami peningkatan.

Memenuhi Asupan Nutrisi

Masa anak-anak adalah masa di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan asupan nutrisi yang baik, terutama untuk perkembangan otaknya. Nah, gimana cara bikin anak menjadi cerdas dari sisi nutrisi?

Pastikan sahabat Dream memerhatikan asupan nutrisi pada anak melalui makanannya. Makanan yang sehat dan bergizi tersebut misalnya saja ikan, daging, susu, sayur-sayuran, buah-buahan, dan telur.

Mengenali Cara Belajar Anak

Cara belajar anak terbagi menjadi tiga, yakni auditori, visual, dan kinestetik. Untuk auditori, hal ini adalah pada anak yang bisa memahami dengan cepat melalui pendengarannya. Untuk visual, hal ini adalah dengan memfokuskan pada penglihatan agar dirinya bisa memahami informasi yang didapatkan. Lalu untuk kinestetik, hal ini melalui gerakan saat sedang belajar untuk bisa mendapatkan konsentrasinya.

Gimana cara bikin anak menjadi cerdas adalah dengan mengetahui gaya belajar dari anak tersebut. Dengan begitu, sahabat Dream bisa mendampingi anak dalam belajarnya dengan nyaman agar pengetahuan baru yang didapat bisa diproses lebih baik.

Mengajarkan Bahasa Asing

Gimana cara bikin anak menjadi cerdas salah satunya dengan mengajarkan bahasa asing. Hal ini pun telah dilakukan penelitian bahwa banyak dari anak yang bilingual atau pun multilingual yang mempunyai kecerdasan lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang hanya bisa berkomunikasi dengan menggunakan satu bahasa.

Selain itu, anak yang bisa menguasai lebih dari satu bahasa sejak ia kecil, hal ini lebih mempermudahnya untuk belajar bahasa lainnya di masa depan.

Mengajak Anak Membaca Sejak Kecil

Mengajak Anak Membaca Sejak Kecil

Memberikan Kesempatan Anak untuk Mengeksplor Kreativitas

Di masa anak-anak, mereka memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mengeksplor kreativitasnya. Nah, agar sang anak bisa mengembangkan kreativitas secara alami, maka penting untuk melakukan rangsangan pada imajinasinya.

Cara untuk merangsangnya adalah dengan melibatkan barang-barang tertentu. Misalnya dengan menggunakan krayon maupun balok susun. Barang-barang tersebut bisa membantu anak untuk melatih kreativitasnya.

Mengenalkan Seni pada Anak

Kegiatan yang berhubungan seni sangatlah baik untuk anak. Hal tersebut selain bisa memberikan kesenangan, juga bisa meningkatkan kecerdasannya. Kegiatan seni yang bisa dilakukan anak misalnya saja menggambar, melukis, dan memainkan alat musik.

Hal ini pun telah dilakukan penelitian bahwa dengan mempelajari musik, maka adalah bisa memiliki IQ yang tinggi dan bisa mendapatkan nilai akademik yang memuaskan. Jadi, sahabat Dream sudah bisa memperkenalkan putra-putrinya pada seni sejak mereka masih kecil untuk meningkatkan kecerdasannya.

Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

Kecerdasan emosional anak juga penting sekali untuk diasah dan ditingkatkan. Karena kecerdasan inilah yang bisa berpengaruh pada kesuksesan sang anak, baik itu di sekolahnya maupun di pekerjaannya nanti.

Lalu, gimana cara bikin anak cerdas dari segi emosionalnya? Ya, orang tua perlu untuk membantu sang buah hati mengenali dan juga mengendalikan emosinya. Misalnya saja sang anak sedang bermain menyusun balok dengan temannya, lalu tiba-tiba ia menjatuhkan susunan balok tersebut.

Maka sang anak bisa dilatih untuk mengatakan bahwa hal tersebut adalah ketidaksengajaan. Dengan begitu, anak pun bisa lebih paham dengan kondisi yang terjadi dan tidak menunjukkan rasa kesal.

Menghargai Proses Pembelajaran Anak

Setiap orang tentunya ingin selalu dihargai oleh orang lain. Tak terkecuali dengan anak-anak. Meskipun usianya mereka masih kecil, namun dengan dihargai setidaknya dari orang tua mereka, maka ada semangat yang muncul dalam dirinya. Seperti halnya saat belajar, dengan dihargai oleh orang tua, maka mereka bisa lebih semangat belajar dan hasil pembelajarannya pun akan memuaskan.

Sehingga, para orang tua sebaiknya memfokuskan diri pada proses yang dijalani oleh sang anak, daripada memikirkan bagaimana hasilnya. Hal ini akan menyadarkan pada anak bahwa hasil baik yang ia dapatkan adalah karena kerja keras yang pantang berputus asa.

Gimana cara bikin anak cerdas pun bisa diusahakan oleh orang tua sejak sang buah hati masih kecil. Tentunya orang tua harus saling bekerjasama dan tetap sabar dalam mendampingi sang anak.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

Berbagai kekhawatiran saat mudik pasti ada, seperti anak rewel, tidak nyaman, sakit, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya