Terbiasa Menunduk Beresiko Alami Tulang Belakang Bengkok

Fresh | Kamis, 20 November 2014 12:45
Terbiasa Menunduk Beresiko Alami Tulang Belakang Bengkok

Reporter : Ervina

Kebiasaan memundukan kepala saat memakai ponsel ternyata bisa memberikan tekanan berlebih pada leher. Hal ini bisa membuat tulang belakang bengkok.

Dream - Apakah anda tidak bisa jauh dari ponsel hingga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk main game atau berbalas pesan chatting? Jika kebiasaan tersebut menjadi bagian dari keseharian anda, maka wasapadalah untuk keluhan sakit di bagian tulang belakang.

Penelitian terbaru yang dilakukan di New York mendapati kebiasaan menundukkan kepala saat memakai ponsel dapat memberikan tekanan berlebih pada leher. Hal ini juga berpengaruh pada peningkatan tekanan di tulang belakang.

Mengutip Dailymail, kebiasaan membungkukkan kepala pada sudut 60 derajat untuk melihat layar ponsel sama dengan menaruh beban seberat 27 kg pada bagian leher, tulang belakang dan di atas bahu. Sementara pada sudut kemiringan 30 derajat, sama dengan meletakkan beban seberat 18 kg dan tambahan beban 12kg pada penggunaan ponsel pada kemiringan 15 derajat.

Adanya tekanan ekstra ini dapat membuat tulang menjadi lebih cepat aus dan ringkih hingga akhirnya perlu dilakukan upaya pembedahan. Dr. Kenneth Hansraj, Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine yang merupakan bagian dari tim peneliti mendapati pengguna ponsel dengan tingkat kebengkokan beragam di bagian leher.

" Beratnya beban yang dirasakan tulang tergantung pada seberapa dramatis anda menundukkan kepala, dan kebiasaan meregangkan kepala," ucap Dr. Kenneth.

Meskipun rasanya hampir mustahil untuk menghindari adopsi teknologi yang kerap menimbulkan masalah, pengguna ponsel diharapkan bisa mengurangi menghabiskan waktu berjam-jam menunduk untuk mengecek notifikasi. Postur tubuh yang buruk yakni saat kepala dimiringkan ke depan dan bahu turun ke depan dalam posisi bulat sangat mempengaruhi struktur tulang belakang.

Senada dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Surgical Technology International ini, sejumlah peneliti dari Selandia Baru juga menemukan kebiasaan membungkuk dapat mengganggu kesehatan. Mulai dari keluhan kesehatan mental, membuat orang depresi, hingga mudah marah.

Para ahli menyarankan sebaiknya anda duduk tegak hingga memperlancar darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Posisi duduk ini dapat memicu otak memproduksi hormon endorfin ke dalam darah hingga membuat rasa bahagia dan mengurangi stress.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id