Gejala Kanker Serviks, Perempuan Wajib Tahu!

Fresh | Minggu, 30 Juni 2019 10:02
Gejala Kanker Serviks, Perempuan Wajib Tahu!

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Gejala kanker serviks terbilang sangat sulit dideteksi saat ini. Para kaum hawa harus mengetahui kesehatan organ intimnya untuk mengantisipasi adanya gejala kanker serviks.

Dream - Kanker serviks termasuk jenis dari kanker yang jarang terjadi. Tehitung kurang dari 1% dari semua jenis kanker, The American Cancer Society memperkirakan ada 13.170 kasus kanker serviks di Amerika Serikat tahun 2019 ini.

Untuk mengetahui kondisi organ reproduksi perempuan, memerlukan pemeriksaan ke dokter khusus kandungan atau dokter spesialis.

Sebelum mengetahui seperti apa gejala kanker serviks, ada baiknya Sahabat Dream mengenal terlebih dahulu organ reproduksi yang dimiliki perempuan.

Serviks atau leher rahim, merupakan organ reproduksi perempuan yang berfungsi untuk berkembang biak. Bentuk serviks kecil, seperti tabung di bawah rahim dan yang menghubungkan rahim dengan vagina.

Sperma yang masuk ke rahim akan melewati leher rahim. Selain itu aliran daran menstruasi juga akan melalui leher rahim sebelum keluar melalui vagina.

Dan, Leher rahim menjadi jalan keluar bayi yang akan lahir. Lalu bagaimana bisa ada kanker serviks?

2 dari 6 halaman

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan ketika sel yang ada dalam serviks mulai berkembang tidak normal. Dalam waktu yang lama, sel yang berkembang tersebut akan bermutasi dan menyebabkan tumor.

Dilansir dari laman Cancer Treatments Center of America, The Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan lebih dari 90% penyebab kanker ialah karena infeksi HPV atau human papillomavirus.

 kanker serviks


Kanker serviks jarang ditemukan pada perempuan usia muda hingga menengah.

Seperti data dari National Cancer Institute yang menyebut, rata-rata usia perempuan yang terkena kanker serviks ialah 50 tahun.

Lebih dari sepertiga pasien baru ditemukan pada usia 20 hingga 44 tahun.
Lalu bagaimana cara mengetahui gejala kanker serviks?

3 dari 6 halaman

Gejala Kanker Serviks

Kanker Serviks tidak bisa dideteksi apabila masih dini. Gejala-gejala kanker akan mulai terasa apabila virus HPV sudah menyebar.

Cara untuk mengetahui gejala kanker serviks dini ialah dengan rutin melakukan Pap Screening untuk mengecek kondisi sel di serviks.

Pap Screening menjadi satu-satunya cara yang dianggap paling efektif untuk mencegah dan mendeteksi kanker serviks sejak dini.

Oleh sebab itu, perempuan dengan usia 20 tahunan, harus rutin melakukan Pap Screening.

 kanker serviks


Walau begitu Pap Screening tidak 100% akurat, namun bisa dijadikan alternatif dan metode yang efektif. Selain itu, para perempuan juga wajib berkonsultasi pada dokter mengenai organ reproduksinya. Ada dua tanda dalam mengenali gejala kanker serviks, yaitu:

4 dari 6 halaman

Dua Pertanda Kanker Serviks

Gejala kanker serviks bisa diketahui dengan dua pertanda di bawah ini:

 kanker serviks


-    Pertanda Awal

Ketika virus HPV menyebar dan sudah menyebabkan tumor, akan muncul gejala seperti vagina yang berdarah secara tiba-tiba, di luar jadwal menstruasi.

Selain itu, pertanda lainnya adalah muncul darah setelah berhubungan intim, keputihan yang tidak wajar, dan nyeri pelvis yang berlebihan.

Apabila menjumpai tanda ini, pasien harus sudah memeriksakan diri dan mendapat perawatan yang intensif.

-    Pertanda Saat Sudah Parah

Sedangkan untuk pertanda kanker dalam tahap yang lebih parah, gejala yang ditunjukkan seperti penurunan berat badan yang drastis, rasa sakit di tulang punggung, lebam di kaki, keluar tinja dari vagina.

Dalam tahap ini, kemungkinan virus HPV sudah menyebar ke hampir seluruh tubuh, sehingga harus mendapatkan kemoterapi dan perawatan khusus.

5 dari 6 halaman

Dua Tipe Kanker Serviks

Ada dua tipe kanker serviks yang perlu Sahabat Dream tahu, yaitu Squamous cell carcinomas dan Adenocarcinomas.

-    Squamous cell carcinomas berawal dari sel yang kecil dan datar di bawah serviks. Kanker serviks tipe ini menyumbang 80% dari kanker serviks yang terjadi.

-    Adenocarcinomas, di mana serviks akan membentuk kelenjar sel di atas serviks. Tipe kanker serviks jenis ini menyumbang 20% dari kanker serviks yang pernah terjadi.

 kanker serviks


Terkadang dua jenis kanker serviks ini bisa terjadi bersama, namun kasus ini sangat jarang ditemukan.

Yang menjadi persamaan dalam dua tipe kanker ini adalah penyebaran virus HPV yang bisa menyerang seluruh organ penting lainnya.

6 dari 6 halaman

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV yang bisa membuat pertumbuhan sel dalam serviks tidak normal dan menyebabkan tumor, dan akan terus berkembang sampai ke tahap kanker.

Ada beberapa penyebab lain, yaitu:

-    Gaya hidup yang tidak sehat, seperti seks bebas berganti pasangan bisa menyebabkan menularnya virus HPV. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kanker serviks.

 kanker serviks


-    Sistem imun yang lemah juga dapat menyebabkan HPV mudah berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh.

-    DES atau Diethylstilbestrol, salah satu jenis obat yang digunakan untuk mencegah keguguran. Mengonsumsi obat ini bisa meningkatkan resiko kanker serviks.

Menjaga kesehatan organ kewanitaan menjadi syarat utama untuk menurunkan resiko kanker serviks. Selain itu rutin melakukan pemeriksaan juga bisa membantu menurunkan resiko terserang kanker ini. (ism, sumber: Cancer Treatment Centers of America)

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id