Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gejala Awal Kanker Ginjal, Penting untuk Diwaspadai

Gejala Awal Kanker Ginjal, Penting untuk Diwaspadai Vidi Aldiano (Foto: Instagram Vidi Aldiano)

Dream - Kabar soal kesehatan Vidi Aldiano membuat kaget banyak orang. Di usia 29 tahun, penyanyi yang terkenal dengan lagu "Status Palsu" itu, divonis kanker ginjal stadium 3.

Vidi bercerita kalau pada awalnya kanker ginjal yang dialami dikira kista. Setelah dokter menjalani pemeriksaan lebih lanjut, ternya kista tersebut merupakan jenis kanker ginjal.

Penyanyi muda itu tak bercerita banyak soal keluhan yang dialaminya sebelum divonis kanker ginjal. Dengan kondisi Vidi, membuat banyak orang yang penasaran apa saja gejala kanker ginjal yang harus diwaspadai. Penting untuk mengetahui gejala awalnya agar kita selalu waspada.

 

 

Urine Pekat dan Sakit Pinggang

Kanker ginjal, dikutip dari Hello Sehat merupakan kanker yang berasal dari dalam ginjal. Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, seukuran kepalan tangan.

Wahai Kaum Pria, Jangan Abaikan Sakit Pinggang

Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Fungsi ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah.

Gejala awal penyakit kanker ginjal cenderung sulit di deteksi. Seiring dengan berkembangnya tumor, ada beberapa gejala yang mungkin muncul. Seperi urine berdarah, bengkak di area sekitar ginjal atau punggung bawah, tidak bertenaga, pembengkakan pembuluh darah di sekitar testis, nafsu makan menurun, berat badan turun drastis, demam dan sakit perut.

 

Faktor Risiko Kanker Ginjal

Sampai saat ini belum diketahui secara jelas pemicu utama kanker ginjal. Namun ada faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker ginjal. Faktor-faktor tersebut antara lain kebiasaan merokok, obesitas, tekanan darah tinggi dan faktor genetik.

Obesitas

Untuk itu penting melakukan pemeriksaan medis tahunan atau medical check up. Jangan tunda berkonsultasi dengan dokter jika memiliki keluhan seperti di atas.

Selengkapnya baca di sini.

 

 

 

 

Jalani Operasi Kanker di Ginjal, Vidi Aldiano Minta Maaf

Dream - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi Vidi Aldiano. Pria berusia 29 tahun itu mengaku idap penyakit kanker ginjal di bagian kiri.

Melalui video yang diunggah di akun instagramnya, pelantun tembang 'Nuanasa Bening' ini membeberkan awal penyakit yang menggerogoti tubuhnya itu.

"Dari Oktober kemarain diadnosa, awalnya Kista dan baru minggu lalu dapat kabar gue punya kanker di ginjal gue. Tepatnya di ginjal kiri gue," kata Vidi Aldiano dikutip Dream dari akun instagramnya, Jumat 13 Desember 2019.

Rencananya, hari ini Vidi akan menjalankan operasi di salah satu rumah sakit di Singapura. Keputusan operasi itu menurut Vidi langkah terbaik untuk sembuh. 

vidi aldiano minta maaf

foto : @vidialdiano

"Kemarin sudah lakuin pemerikasaan ke dokter. Keputusan terbaik sudah diambil, insya aAlah gue hari ini akan melaksanakan operasi. Ini kebetulan udah di rumah sakit juga" kata dia.

Dalam video itu juga, Vidi meminta untuk fans mendoakan agar operasi yang akan dilakukan berjalan lancar. Sembuh dan kanker yang ada di ginjalnya menghilang.

"Gue minta tolong teman-teman untuk bantu doa. Semoga operasi berjalan lancar, semoga semua penyakit di ginjal gue bisa diangkat dengan aman," ucapnya.

 

Minta Maaf

Pada akhir video, pria kelahiran Jakarta 29 Maret 1990 ini juga meminta maaf kepada semua pihak karena tidak bisa menjalankan beberapa pekerjaan.

vidi aldiano minta maaf

"Gue mau minta maaf untuk semua pihak-pihak yang harusnya bulan ini gue manggung, ada acara, dengan sangat menyesal gue harus menjalani operasi ini dan nantinya ada proses recovery juga," tuturnya.

"Sekali lagi mohon doanya dari teman-temannya semuanya. Terima kasih, sekali lagi gue mohon doanya buat gue," tutup Vidi Aldiano.

Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker

Dream - Vidi Aldiano usai menjalani proses pengangkatan kanker di organ ginjal sebelah kirinya di sebuah rumah sakit di Singapura. Operasi ini dilakukan penyanyi bersuara khas itu pada Jumat, 12 Desember 2019 kemarin.

Bibit, manager Vidi mengungkapkan pelantun Status Palsu ini masih dalam masa pemulihan usai menjalani proses tersebut.

"Operasinya sudah selesai sih semalam. Sekarang lagi pemulihan, (Vidi Aldiano) masih belum sadar," ujar Bibit saat dihubungi Sabtu, 14 Desember 2019.

 

Menurut Bibit, operasi kemarin berjalan dengan lancar meski Vidi masih belum sadarkan diri. Informasi tersebut diperolehnya langsung dari pihak keluarga Vidi. 

"Operasinya semua lancar sih," sambungnya lagi.

Direncanakan Vidi masih akan menjalani masa perawatan di Singapura selama satu pekan ke depan. Selama dirawat, pihak keluarga akan setia mendampingi proses pemulihan Vidi.

"Rencana sampai Kamis di sana. Ada keluarganya papa mama sama adiknya," ucap Bibit.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Mulai Sejak Muda

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Mulai Sejak Muda

Ada cara-cara sederhana yang dapat membantu mencegah risiko terbentuknya batu ginjal. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
Cara Jaga Kadar Cairan Tubuh Saat Berpuasa Agar Ginjal Tetap Sehat

Cara Jaga Kadar Cairan Tubuh Saat Berpuasa Agar Ginjal Tetap Sehat

Cukupi asupan cairan saat berpuasa untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama ginjal. Ketahui jumlah cairan yang harus dikonsumsi setiap hari.

Baca Selengkapnya
5 Tips Tingkatkan Nutrisi untuk Penderita Penyakit Ginjal Kronis

5 Tips Tingkatkan Nutrisi untuk Penderita Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis memerlukan perhatian khusus terutama dalam hal pola makan dan nutrisi

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Demi Raih Banyak Suara, Caleg PAN Rela Jual Ginjal untuk Modal Kampanye

Demi Raih Banyak Suara, Caleg PAN Rela Jual Ginjal untuk Modal Kampanye

Pria kelahiran 23 Juni 1976 itu mengaku menghadapi tantangan besar dalam membiayai kampanyenya. Keterbatasan ekonomi membuatnya mengambil langkah menjual ginjal

Baca Selengkapnya
Ganjar Ceritakan Perjuangan Masa Sulit ke Santri: Hidup Gak Bisa Instan, Kecuali Kamu Anak Siapa

Ganjar Ceritakan Perjuangan Masa Sulit ke Santri: Hidup Gak Bisa Instan, Kecuali Kamu Anak Siapa

Ganjar ceritakan perjuangannya di massa sulit ke santri Bantul, ingatkan hidup tak bisa instan.

Baca Selengkapnya
Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Jantung Berdebar dan Keringat Dingin, Bisa Jadi Gejala GERD

Gejala gangguan pencernaan bisa terjadi tanpa sadar. Kenali berbagai gejalanya agar tahu solusi yang tepat.

Baca Selengkapnya
Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Semakin cepat mencegahnya, maka akan semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada jantung.

Baca Selengkapnya
Hobi Begadang Picu Penyakit Jantung, Simak Penjelasan Pakar

Hobi Begadang Picu Penyakit Jantung, Simak Penjelasan Pakar

Begadang yang dilakukan terus menerus bisa menyebabkan penyakit jantung. Cari tahu penyebab dan hubungan begadang dan penyakit itu menurut dokter.

Baca Selengkapnya