Gejala Awal Kanker Ginjal, Penting untuk Diwaspadai

Fresh | Senin, 16 Desember 2019 16:36
Gejala Awal Kanker Ginjal, Penting untuk Diwaspadai

Reporter : Mutia Nugraheni

Vidi bercerita kalau pada awalnya kanker ginjal yang dialami dikira kista.

Dream - Kabar soal kesehatan Vidi Aldiano membuat kaget banyak orang. Di usia 29 tahun, penyanyi yang terkenal dengan lagu " Status Palsu" itu, divonis kanker ginjal stadium 3.

Vidi bercerita kalau pada awalnya kanker ginjal yang dialami dikira kista. Setelah dokter menjalani pemeriksaan lebih lanjut, ternya kista tersebut merupakan jenis kanker ginjal.

Penyanyi muda itu tak bercerita banyak soal keluhan yang dialaminya sebelum divonis kanker ginjal. Dengan kondisi Vidi, membuat banyak orang yang penasaran apa saja gejala kanker ginjal yang harus diwaspadai. Penting untuk mengetahui gejala awalnya agar kita selalu waspada.

 

 

2 dari 6 halaman

Urine Pekat dan Sakit Pinggang

Kanker ginjal, dikutip dari Hello Sehat merupakan kanker yang berasal dari dalam ginjal. Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, seukuran kepalan tangan.

Wahai Kaum Pria, Jangan Abaikan Sakit Pinggang© MEN

Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Fungsi ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah.

Gejala awal penyakit kanker ginjal cenderung sulit di deteksi. Seiring dengan berkembangnya tumor, ada beberapa gejala yang mungkin muncul. Seperi urine berdarah, bengkak di area sekitar ginjal atau punggung bawah, tidak bertenaga, pembengkakan pembuluh darah di sekitar testis, nafsu makan menurun, berat badan turun drastis, demam dan sakit perut.

 

3 dari 6 halaman

Faktor Risiko Kanker Ginjal

Sampai saat ini belum diketahui secara jelas pemicu utama kanker ginjal. Namun ada faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker ginjal. Faktor-faktor tersebut antara lain kebiasaan merokok, obesitas, tekanan darah tinggi dan faktor genetik.

Obesitas© Pixabay

Untuk itu penting melakukan pemeriksaan medis tahunan atau medical check up. Jangan tunda berkonsultasi dengan dokter jika memiliki keluhan seperti di atas.

Selengkapnya baca di sini.

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Jalani Operasi Kanker di Ginjal, Vidi Aldiano Minta Maaf

Dream - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi Vidi Aldiano. Pria berusia 29 tahun itu mengaku idap penyakit kanker ginjal di bagian kiri.

Melalui video yang diunggah di akun instagramnya, pelantun tembang 'Nuanasa Bening' ini membeberkan awal penyakit yang menggerogoti tubuhnya itu.

" Dari Oktober kemarain diadnosa, awalnya Kista dan baru minggu lalu dapat kabar gue punya kanker di ginjal gue. Tepatnya di ginjal kiri gue," kata Vidi Aldiano dikutip Dream dari akun instagramnya, Jumat 13 Desember 2019.

Rencananya, hari ini Vidi akan menjalankan operasi di salah satu rumah sakit di Singapura. Keputusan operasi itu menurut Vidi langkah terbaik untuk sembuh. 

vidi aldiano minta maaf© vidi aldiano minta maaf

foto : @vidialdiano

" Kemarin sudah lakuin pemerikasaan ke dokter. Keputusan terbaik sudah diambil, insya aAlah gue hari ini akan melaksanakan operasi. Ini kebetulan udah di rumah sakit juga" kata dia.

Dalam video itu juga, Vidi meminta untuk fans mendoakan agar operasi yang akan dilakukan berjalan lancar. Sembuh dan kanker yang ada di ginjalnya menghilang.

" Gue minta tolong teman-teman untuk bantu doa. Semoga operasi berjalan lancar, semoga semua penyakit di ginjal gue bisa diangkat dengan aman," ucapnya.

 

5 dari 6 halaman

Minta Maaf

Pada akhir video, pria kelahiran Jakarta 29 Maret 1990 ini juga meminta maaf kepada semua pihak karena tidak bisa menjalankan beberapa pekerjaan.

vidi aldiano minta maaf© vidi aldiano minta maaf

" Gue mau minta maaf untuk semua pihak-pihak yang harusnya bulan ini gue manggung, ada acara, dengan sangat menyesal gue harus menjalani operasi ini dan nantinya ada proses recovery juga," tuturnya.

" Sekali lagi mohon doanya dari teman-temannya semuanya. Terima kasih, sekali lagi gue mohon doanya buat gue," tutup Vidi Aldiano.

6 dari 6 halaman

Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker

Dream - Vidi Aldiano usai menjalani proses pengangkatan kanker di organ ginjal sebelah kirinya di sebuah rumah sakit di Singapura. Operasi ini dilakukan penyanyi bersuara khas itu pada Jumat, 12 Desember 2019 kemarin.

Bibit, manager Vidi mengungkapkan pelantun Status Palsu ini masih dalam masa pemulihan usai menjalani proses tersebut.

" Operasinya sudah selesai sih semalam. Sekarang lagi pemulihan, (Vidi Aldiano) masih belum sadar," ujar Bibit saat dihubungi Sabtu, 14 Desember 2019.

 

Menurut Bibit, operasi kemarin berjalan dengan lancar meski Vidi masih belum sadarkan diri. Informasi tersebut diperolehnya langsung dari pihak keluarga Vidi. 

" Operasinya semua lancar sih," sambungnya lagi.

Direncanakan Vidi masih akan menjalani masa perawatan di Singapura selama satu pekan ke depan. Selama dirawat, pihak keluarga akan setia mendampingi proses pemulihan Vidi.

" Rencana sampai Kamis di sana. Ada keluarganya papa mama sama adiknya," ucap Bibit.(Sah)

Join Dream.co.id