Digunakan dalam Pengobatan India, Ini 10 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

Fresh | Minggu, 16 Mei 2021 17:45
Digunakan dalam Pengobatan India, Ini 10 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Brotowali atau akar keabadian menjadi tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat brotowali memang sudah tak asing lagi di tengah masyarakat. Tanaman yang memiliki nama latin Tinospora cordifolia ini adalah ramuan Ayurvedic yang sudah dimanfaatkan selama berabad-abad dalam pengobatan di India.

Dalam bahasa Sansekerta, brotowali disebut dengan nama 'Amrita' yang berarti 'akar keabadian'. Ini karena brotowali menyimpan khasiat yang sangat banyak.  

Hampir semua bagian dari tanaman brotowali ini bisa kamu manfaatkan. Misalnya saja  bagian batang dan akarnya. Bahkan manfaatkan dari bagian tanaman brotowali tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari Food Drug Administration (FDA).

Di Indonesia sendiri sebenarnya tidaklah sulit untuk menemukan ramuan berbahan dasar brotowali ini. Kamu bisa membelinya dari para penjual jamu, baik yang digendong, menggunakan sepeda, atau yang membuka lapak di pinggir jalan.

Mereka biasanya menyediakan jamu brotowali. Selain dalam bentuk minuman, brotowali juga dibuat menjadi produk kapsul dan bubuk.

Untuk mengetahui apa saja manfaat brotowali bagi kesehatan, berikut sebagaimana dilansir oleh Merdeka.com.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Bersifat Antiinflamasi

 Ilustrasi Kekebalan Tubuh yang Baik
© Freepik.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat brotowali bagi kesehatan yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya mampu untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Tanaman ini bisa kamu andalkan untuk memusnahkan racun, membersihkan darah, menangkal bakteri yang menjadi penyebab penyakit, serta melawan penyakit hati dan infeksi di saluran kemih.

Bahkan tanaman ini juga digunakan oleh para ahli untuk mengatasi kondisi kesehatan yang berhubungan dengan jantung dan bermanfaat untuk mengobati infertilitas.

Bersifat Antiinflamasi

Brotowali juga memiliki sifat antiinflamasi. Di mana tanaman ini bisa membantu untuk meredakan terjadinya masalah yang menyerang pernapasan. Misalnya seperti batuk, pilek, dan amandel. Jadi, jika kondisi tersebut menyerangmu, maka mengonsumsi brotowali bisa menjadi pertolongan pertama yang tepat.

 

 

3 dari 6 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan dan Mengatasi Diabetes

 Ilustrasi Menderita Diabetes
© Freepik.com

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat brotowali lainnya adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Gangguan pada sistem pencernaan sangatlah beragam dan ketika kondisi ini terjadi, maka aktivitasmu akan sangat terhambat.

Sebagai solusinya, maka brotowali inilah yang bisa diandalkan untuk mengobati masalah tersebut yang berhubungan dengan usus.

Kamu bisa mengonsumsi setengah gram bubuk brotowali secara rutin demi mendapatkan hasil yang optimal. Lalu jika kamu mengalami sembelit, maka bisa diatasi menggunakan tanaman brotowali dengan jaggery atau gula Myanmar.

Mengatasi Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Di samping menggunakan perawatan medis, kamu juga bisa memanfaatkan pengobatan herbal menggunakan brotowali.

Dalam hal ini brotowali bertugas sebagai agen hipoglikemik yang mampu mengobati diabetes, terutama diabetes tipe 2.  Untuk mengonsumsinya, kamu bisa membuatnya menjadi jus yang ampuh mengurangi kadar gula di dalam darah.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Penglihatan dan Mengatasi Arthritis

 Ilustrasi Mata yang Sehat
© Freepik.com

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat brotowali yang jangan sampai kamu lewatkan adalah bisa meningkatkan penglihatan. Bahkan di India sendiri telah menggunakannya dengan cara mengaplikasikan brotowali ke mata untuk meningkatkan kejernihan indra penglihatan.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus bubuk brotowali di dalam air. Lalu diamkan sampai dingin dan barulah kamu aplikasikan ke atas kelopak mata.

Mengatasi Arthritis

Brotowali tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi saja, tetapi juga bersifat anti rematik. Oleh karena itu, manfaat brotowali salah satunya bisa mengatasi arthritis dan beberapa gejala yang ditimbulkan.

Bagi kamu yang mengalami nyeri sendi, maka gunakanlah bubuk dari batang brotowali yang sudah kamu rebus dengan susu, lalu kamu konsumsi. Selain itu, kamu juga bisa memberikannya jahe untuk mengatasi rheumatoid arthritis.

5 dari 6 halaman

Meredakan Gejala Sesak Napas dan Mengatasi Demam Kronis

 Ilustrasi Mengalami Asma
© Freepik.com

Meredakan Gejala Sesak Napas

Bagi kamu yang memiliki penyakit asma dan kerap merasakan sesak di dada, sesak napas, dan mengi, maka brotowali bisa menjadi herbal yang aman untuk kamu konsumsi. Bagian yang kamu manfaatkan adalah akarnya dengan cara mengunyah atau meminum jus brotowali. Hal ini bisa membantu untuk meredakan asma dan sudah banyak juga yang menyarankannya.

Mengatasi Demam Kronis

Manfaat brotowali bagi kesehatan berikutnya adalah bisa mengatasi demam kronis. Hal ini karena brotowali memiliki sifat antipiretik yang mampu mengurangi gejala pada beberapa kondisi yang bisa membahayakan kehidupan, seperti halnya dengue, malaria, dan juga flu babi.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Tanda Penuaan serta Meredakan Stres dan Cemas

 Ilustrasi Mengalami Stres
© Freepik.com

Mengurangi Tanda Penuaan

Kamu pasti inginkan agar selalu tampak muda? Namun karena paparan radikal bebas, hal ini bisa membahayakan tubuh, termasuk membuatmu mengalami penuaan dini. Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, maka kamu bisa memanfaatkan brotowali yang mengandung sifat anti penuaan.

Tanaman ini ampuh untuk meredakan bitnik-bintik hitam, garis-garis halus dan kerutan, serta jerawat di wajah. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih bercahaya dan pastinya awet muda.

 

Meredakan Stres dan Cemas

Manfaat brotowali juga sangat baik untuk meredakan stres dan cemas. Perasaanmu yang semula terasa tidak bersahabat dan penuh dengan rasa kekhawatiran, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi brotowali.

Tanaman ini bisa membantu untuk memusnahkan racun di tubuh, meningkatkan memori, membuat diri kamu lebih tenang, dan menjadi tonik kesehatan yang akan semakin maksimal jika kamu kombinasikan dengan herbal lainnya.

Itulah 10 manfaat brotowali untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang tertarik merasakan beragam manfaat tersebut, maka jangan ragu untuk mulai mengonsumsi brotowali.

Join Dream.co.id