Dampak Konsumsi `Beras Plastik` Bagi Kesehatan

Fresh | Selasa, 19 Mei 2015 15:03
Dampak Konsumsi `Beras Plastik` Bagi Kesehatan

Reporter : Amrikh Palupi

akibat mengonsumsi beras palsu yang terbuat dari plastik maka akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Dream - Nampaknya masyarakat Indonesia harus berhati-hati dengan beredarnya beras palsu yang sangat meresahkan warga. Jika beras palsu dikonsumsi secara terus menerus, maka akan mengganggu kesehatan tubuh baik secara langsung atau jangka panjang.

Menurut dokter spesialis gizi, Verawati Sudarma, akibat mengonsumsi beras palsu yang terbuat dari plastik dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Untuk jangka pendek tergantung banyak atau tidaknya campuran dari beras palsu tersebut. Misalnya beras palsu yang digunakan lebih banyak dibandingkan dengan beras asli maka badan akan menolak karena beras palsu termasuk benda asing.

" Akibatnya bisa menimbulkan reaksi muntah-muntah dan diare," ujar dokter spesialis gizi klinik,  Verawati Sudarma, saat dihubungi Dream.co.id, Selasa 19 Mei 2015.

Tidak hanya itu Vera menambahkan, beras palsu dikonsumsi dalam waktu panjang maka akan menimbulkan dampak jangka panjang bagi kesehatan seperti kanker.

" Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering maka akan bersifat karsiogenik dimana akan memicu kanker. Kanker lebih ke pencernaan, seperti kanker paru-paru dan hati. Selain itu juga karena kekurangan nutri dari nasi bisa menimbulkan kerusakan pada rambut," tambah Vera.

Maka dari itu sebaiknya jika ingin mengonsumsi beras sebaiknya dalam membeli harus hati-hati. pastikan beras yang dibeli bukan beras palsu yang terbuat dari plastik dan campuran bahan kimia, karena sangat berisiko untuk kesehatan tubuh baik jangka pendek dan panjang. (Ism)

 

Join Dream.co.id