Coba Yoga Mata untuk Redakan Kelelahan Mata

Fresh | Minggu, 8 Desember 2019 15:00
Coba Yoga Mata untuk Redakan Kelelahan Mata

Reporter :

Bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas mata dan untuk membantu meningkatkan fokus.

Dream - Bagi Sahabat Dream yang pekerjaannya menuntut untuk menatap layar laptop seharian, pastinya sering mengalami kelelahan pada mata. Mata terasa berat, perih, kering, bahkan hingga sakit kepala atau migrain.

Rata-rata pekerjaan kantoran, menurut sebuah penelitian, menghabiskan 1.700 jam per tahun di depan layar komputer. Kondisi tersebut ditambah dengan menatap layar ponsel atau gadget lainnya.

Kebiasaan tersebut tentunya harus diimbangi dengan menjaga kesehatan mata. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan yoga mata. Sama seperti yoga tradisional, yoga mata ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas mata dan untuk membantu meningkatkan fokus.

 

2 dari 6 halaman

Coba Trik Berikut

Yoga mata melibatkan serangkaian latihan yang lebih santai yang dapat dilakukan kapan saja di sepanjang hari. Seperti dikutip Medical Daily, Sahabat Dream bisa melakukan yoga mata selama 20 detik. Cobalah menemukan objek yang jauh dan menatapnya tanpa berkedip selama 20 detik.

 Periksa mata

Setelah itu, letakkan ibu jari di bawah objek dan geser fokus kamu di antara objek dan ujung ibu jari. Kamu juga bisa berlatih untuk menjaga kelembapan mata, dengan melihat arah yang berbeda atau seperti pola zig-zag selama beberapa detik.

 

3 dari 6 halaman

Jaga Kelembapan Mata

Cara tersebut akan membantu meningkatkan kelembaban pada bola mata. Selanjutnya, lakukan latihan berkedip beberapa kali dan kemudian tutup mata selama 20 detik.

Dengan mata tertutup, cobalah untuk melihat ke bawah, ke kiri, ke atas, ke kanan, lalu membalikkan arah menahan setiap posisi selama lima detik.

 Yuk Intip 10 Latihan Terbaik untuk Mata Lelah

Selain itu, kamu bisa menggosok tangan bersama-sama untuk menghasilkan panas. Letakkan telapak tangan di atas mata tertutup dan pegang sampaia merasakan mata menyerap suhu hangat.

Mudah. bukan? Apabila mengalami gejala masalah mata serius segeralah memeriksakan mata ke dokter.

Laporan Melly Febrida/ Sumber: Liputan6.com

4 dari 6 halaman

5 Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Dream - Ada kalanya, matamu tetap bengkak dan terlihat lelah meski sudah tidur selama delapan hingga sembilan jam.

Kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh stres atau kualitas tidur yang buruk. Maka dari itulah, mata bengkak dan lingkaran hitam bukan hanya disebabkan oleh sulit tidur.

 Tips Jitu Menghindari Mata Panda

Dilansir oleh Times of India, berikut lima alasan mengapa matamu terlihat lelah meskipun telah tidur cukup.

1. Alergi

Alergi mata adalah alasan lain mengapa matamu terlihat lelah dan bengkak. Ketika partikel kecil seperti serbuk atau rambut kucing bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yaitu histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah serta menyebabkan peradangan.

 

5 dari 6 halaman

Penuhi Asupan Cairan

2. Dehidrasi

Kekurangan air dalam tubuh bisa membuatmu terlihat lelah dan menyebabkan pembengkakan mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan dehidrasi, sehingga membuat mereka terlihat kelelahan. Jadi walaupun setelah tidur tujuh hingga delapan jam, minumlah banyak cairan.

3. Mengonsumsi Makanan Asin

Asupan garam berlebih dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, terutama di sekitar mata. Retensi cairan dapat meregangkan kulit super tipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah. Kurangi asupan garam dan minum lebih banyak air untuk mengurangi peradangan.

 

6 dari 6 halaman

Mata Kelelahan

4. Kelebihan Asupan Kafein

Secangkir kopi pagi sangat penting, tetapi jika memiliki kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi dalam sehari maka matamu mungkin terlihat bengkak di pagi hari. Kelebihan asupan kafein membuatmu dehidrasi dan terlihat kusam serta kuyu. Kurangi asupan kopi dan minum teh tanpa kafein yang dikemas dengan antioksidan serta membantu menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Eyestrain

Menyipitkan mata, berusaha melihat benda yang jauh, atau kesulitan membaca dapat membuat mata tegang serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga, timbul lingkaran hitam dan bengkak. Beristirahatlah dari layar komputer setelah 20 menit. Juga, temui dokter mata untuk mengetahui apakah kamu membutuhkan kacamata.

Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id