Coba 5 Cara Redakan Sesak Napas Tanpa Obat

Fresh | Senin, 30 Agustus 2021 06:48

Reporter :

Keluhan sesak bisa muncul kapan saja.

Dream - Sesak napas merupakan suatu kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Keluhan ini bisa jadi karena banyak faktor, bisa karena kondisi paru-paru, lambung atau mungkin ada serangan panik.

Sebagai langkah awal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tak perlu panik jika tak ada stok obat sesak napas. Coba dulu redakan dengan cara-cara berikut. Apa saja?

Minum Teh jahe
Teh jahe dapat membantu kamu untuk lebih tenang, dan juga membantu meredakan infeksi pernapasan. Jahe mengandung zat antiinflamasi yang bisa membantu jika ada peradangan yang sebabkan sesak. Coba tenangkan diri, dan minum teh jahe hangat. Jika masih terus berlanjut atau semakin parah, segera ke dokter.

Kopi Hitam
Kopi hitam dapat bekerja untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot yang ada di saluran pernapasan. Coba minum kopi hitam hangat, sambil tenangkan diri.

Berdiri sambil bersender pada tembok
Cobalah posisi berdiri, sambil punggung bersender di tembok, dan biarkan pinggulmu beristirahat sejenak. Perhatikan posisi kaki, harus dibuka sedikit, dan biarkan tangan berada di dekat tangan. Buat tubuh lebih rileks dan biarkan tangan di depan.

 

Coba 5 Cara Redakan Sesak Napas Tanpa Obat
Sesak Napas/ Foto: Shutterstock
2 dari 7 halaman

Pernapasan dengan bibir maju
Cobalah bernapas menggunakan bibir maju atau mengerucut, dengan cara ini kamu bisa menarik napas lebih dalam. Untuk bisa melakukannya kamu harus berlatih.

Caranya adalah duduk di lantai, dengan posisi duduk lotus, dan coba untuk menjaga punggung tetap tegak. Tarik napas dalam dari mulut, dan tahan 4-5 detik. Setelah itu kerucutkan bibir dan embuskan napas selama 4 detik. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

 Batuk© Shutterstock

Duduk ke arah depan
Beristirahat sambil duduk ternyata juga bisa membantu kamu redakan sesak napas. Cobalah untuk duduk di kursi, dan perhatikan agar kaki tetap menempel di lantai.
Setelah itu, condongkan tubuh ke arah depan, sambil meletakan siku pada lutut. Terakhir pegang dagumu, dan biarkan leher dan bahu santai.

Nah jika sahabat Dream ingin mengetahui lebih banyak soal penyakit pernapasan khususnya TBC, bisa menggali informasinya di laman ini Ayotosstbc.com

3 dari 7 halaman

Kiat Pakai Masker Double Bebas Sesak Napas

Dream - Kondisi penularan Covid-19 varian delta di Indonesia begitu cepat. Hal ini membuat lonjakan kasus naik sangat signifikan. Demi perlindungan diri, Satgas Covid19 dan WHO sangat dianjurkan untuk menggunakan masker dua lapis saat terpaksa harus keluar rumah.

Masker yang dianjurkan adalah masker medis di dalam dan masker kain di luar. Pastikan kondisi masker medis menutup mulut dan hidung dengan rapat. Pilih masker medis yang berbahan lembut dengan pengkait nyaman di telinga.

Untuk masker kedua, cari masker kain yang berbahan lembut dan memiliki lapisan pelindung. Dikutip dari Chicago Tribune, akan lebih nyaman jika menggunakan masker kain yang diikat di kepala dan bukan disangkutkan di telinga.

Melapisi masker kain di atas masker bedah atau medis akan membantu seluruh pengaturan lebih pas dan menghilangkan celah di sekitar sisi wajah atau hidung. Pastikan posisinya nyaman.

 

© Dream
4 dari 7 halaman

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menggabungkan dua masker sekali pakai sekaligus. Ini justru akan membuat terasa sesak dan tak nyaman. Akan lebih baik setok banyak masker medis sekali pakai dan masker kain cadangan.

Pilih masker kain yang terbuat dari beberapa lapis kain yang dianyam rapat dan dapat bernapas yang juga dilengkapi kawat hidung, yang dapat membantu meningkatkan ukuran masker. CDC/ Centers for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat) merekomendasikan untuk mengikat, melipat, lalu menyelipkan loop telinga masker 3 lapis agar lebih nyaman dan rapat.

 Demi Perlindungan Maksimal, Haruskah Stok Masker Medis di Rumah?© MEN

Bagaimana dengan KN95? KN95 tidak memerlukan modifikasi strap. Idealnya, masker jenis ini dapat menyaring hingga 95% partikel di udara. Jangan memakai masker KN95 dengan katup pernafasan, yang dapat menyebabkan tetesan pernapasan bocor masuk atau keluar dari masker. Jangan juga gabungkan masker KN95 dengan masker KN95 lain atau jenis masker lainnya.

Untuk kenyamanan, jika terpaksa harus beraktivitas cukup lama di luar rumah, bawa masker cadangan. Ganti segera tiap 5 jam atau ketika masker dalam kondisi basah.

5 dari 7 halaman

Jangan Lengah, Ini Cara Lepas Pasang Masker dengan Benar

Dream – Pandemi Covid-19 memang sudah setahun. Pemerintah sudah berulang kali mengimbau penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Meski demikian, masih banyak di antara kita yang abai. Salah satunya adalah kurangnya edukasi dalam penggunaan masker yang benar.

 Ilustrasi© Shutterstock

Tak jarang banyak masyarakat masih lalai menyentuh area depan masker saat membuka dan menutupnya. Walau terdengar sederhana, hal tersebut juga dapat menjadi sumber penyakit jika kamu lupa mencuci tangan setelah menyentuhnya.

Bagian tersebut bisa sangat kotor karena berfungsi melindungi mulut dan hidung kita dari berbagai paparan berbahaya.

Berikut cara yang benar untuk memakai dan melepas masker, sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO):

© Dream
6 dari 7 halaman

Cara memasang masker dengan benar

1. Bersihkan tangan dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air sebelum menyentuh masker dan pastikan tidak menggunakan masker yang telah rusak dan usang.

2. Identifikasi masker dengan mengetahui bahwa bagian dalam masker memiliki sisi putih, sementara sisi yang atas dilengkapi dengan strip logam.

3. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu secara baik dan tidak ada celah antara wajah dan masker.

4. Saat memasang tali, jangan menyilangkan tali karena dapat menambah celah di sisi masker.

5. Kemudian, cubit sedikit strip logam di atas sisi masker hingga membentuk di hidung.

6. Untuk menghindari kontaminasi, hindari menyentuh bagian depan masker. Jika ya, segera bersihkan tangan.

7 dari 7 halaman

Cara melepas dengan benar:

1. Bersihkan tangan dengan antiseptik berbasis alkohol atau sabun dan air sebelum menyentuh masker.

2. Tanpa menyentuh sisi depan masker, lepaskan tali dari belakang kepala atau telinga.

3. Condongkan tubuh ke depan dan tarik masker dari wajah saat melepasnya.

4. Gunakan masker medis hanya untuk sekali pakai dan pastikan untuk membersihkan tangan setelah membuang masker.

Ingatlah, protokol kesehatan tidak cuma perihal memakai masker saja, namun menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur, Sahabat Dream.

Selalu kenakan masker dengan benar sebagai tindakan pencegahan, tetap waspada di tengah pandemi dan jangan lengah!

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: World of Buzz

© Dream
Join Dream.co.id