Cek Fakta Seputar Pengaruh Ukuran Payudara Pengaruhi Kesuburan

Fresh | Sabtu, 7 Agustus 2021 09:01

Reporter : Cynthia Amanda Male

Benarkah?

Dream - Semakin banyak hoax tersebar di media sosial. Hoax yang disebarkan pun tidak hanya seputar virus Covid-19. Beberapa di antaranya membahas seputar kesuburan perempuan.

Salah satu hoax seputar kesuburan perempuan adalah ukuran payudara kecil menjadi tanda ketidaksuburan. Sehingga, perempuan yang memiliki payudara kecil akan lebih sulit hamil.

Padahal, ukuran payudara tidak berhubungan dengan kesuburan. Payudara kecil bisa disebabkan tubuh yang mungil atau genetik. Dilansir dari Sehatq, berikut beberapa hal yang memengaruhi ukuran payudara.

Cek Fakta Seputar Pengaruh Ukuran Payudara Pengaruhi Kesuburan
Memiliki Payudara Berukuran Kecil. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Berat badan

 Timbangan© Pexels.com

Jika berat badanmu meningkat, payudara pun akan membesar. Begitu juga sebaliknya. Meski begitu, orang yang memiliki berat badan lebih belum tentu berpayudara besar atau sebaliknya.

Kebiasaan berolahraga

Beberapa gerakan olahraga seperti push up, warm circle, dan prayer pose bisa membuat payudara membesar atau mengencang. Sehingga, ukuran payudara bisa sedikit membesar ketika melakukannya secara rutin.

3 dari 3 halaman

Kehamilan dan menyusui

 Hamil© Shutterstock

Membesarnya ukuran payudara saat hamil dan menyusui disebabkan oleh hormon serta kandungan ASI. Kenaikan berat badan saat hamil juga berpengaruh besar pada ukuran payudara.

Sedangkan tanda ketidaksuburan adalah menstruasi kurang teratur, merasa nyeri saat berhubungan seksual, menstruasi cukup lama dan terasa sakit, darah menstruasi gelap atau pucat, mengalami gangguan hormon, serta memiliki riwayat penyakit tertentu.

Join Dream.co.id