Cegah Kanker Kulit, Pakai Sunscreen Juga di Bagian Tubuh Ini

Fresh | Senin, 2 Agustus 2021 18:45

Reporter : Mutia Nugraheni

Sering diabaikan, padahal kanker kulit juga kerap terjadi di area tubuh ini.

Dream – Rajin pakai sunscreen memang bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Lalu, apakah Sahabat Dream yakin sudah menggunakan sunscreen dengan benar?

Menurut American Academy of Dermatology Association, orang dewasa membutuhkan 1 ons atau 2 sendok makan sunscreen untuk menutupi kulit yang terbuka di seluruh tubuh. Faktanya, kebanyakan hanya mengaplikasikan 25% sampai 50% dari jumlah tersebut.

“ Sunscreen harus digunakan setiap hari terlepas dari cuaca dan oleskan kembali setiap dua jam,” kata Michele Green, MD, seorang dokter kulit, dikutip dari Everyday Health.

Seringkali ada beberapa spot yang sering terlewatkan saat mengenakan sunscreen. Bagian ini sering diabaikan karena tidak nyaman menggunakan sunscreen di area tersebut.

Padahal, menurut Mayo Clinic area tersebut termasuk area teratas untuk kanker kulit berkembang. Pastikan jika kamu keluar rumah, aplikasikan juga sunscreen di bagian tubuh ini.

1. Telinga
Jika kamu punya rambut yang panjang, jangan lupa aplikasikan SPF (sun protection formula) di telinga. Meski banyak lipatan, area ini mendapatkan banyak sinar matahari. Penting diingat, telinga adalah lokasi paling umum ketiga untuk kanker kulit.

“ Belakang telinga termasuk lipatan di belakang telinga juga merupakan tempat umum di mana kanker kulit tumbuh,” ujar Tanya Nino, MD, dokter di Hospital Providence St. Joseph, Orange County, California.

Ia menyarankan untuk menggunakan sunscreen dengan formula SPF lebih dari 30 dan pastikan menutupi semua area telinga. Kamu juga bisa menggunakan topi dengan pinggiran atau mencari tempat teduh saat ke luar rumah.

 

 

Cegah Kanker Kulit, Pakai Sunscreen Juga di Bagian Tubuh Ini
Memakai Sunscreen/ Shutterstock
2 dari 5 halaman

2. Batas kulit kepala dan rambut
Jangan pernah berpikir rambut akan melindungi kulit kepala. Menurut dokter Green, karena kulit kepala adalah titik tertinggi pada tubuh maka akan lebih memungkinkan untuk terkena panas daripada area lain.

Untuk itu, gunakan SPF di kulit kepala dan garis rambut. Meski area ini tidak umum menyebabkan kanker kulit namun menurut penelitian, SPF tetap harus digunakan. Gunakan sunscreen yang dirancang khusus untuk kulit kepala. Produk ini biasanya diformulasikan tanpa meninggalkan residu atau rasa berminyak.

 Pentingnya Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kulit Wajah
© MEN

3. Kelopak Mata
Kulit di sekitar mata tipis sehingga rentan terhadap kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Area ini menyumbang hingga 10% dari kanker kulit menurut American Society of Clinical Oncology (ASCO).

Mungkin tidak lazim menggunakannya, tapi kini banyak pelembap atau riasan yang mengandung SPF dan aman untuk diaplikasikan di area mata. Bila memang terpakasa harus keluar saat cuaca terik tak perlu ragu menggunakan kacamata hitam.

 

3 dari 5 halaman

4. Bibir
Mungkin kamu tidak menganggap bibir sebagai kulit namun, kanker kulit dapat berkembang di sana. Cukup oleskan lip balm dengan SPF 30 untuk melindunginya dari efek buruk sinar matahari.

Disarankan untuk mengoleskan lip balm setiap dua jam atau lebih sering jika kamu berenang. Sebelum itu, periksa label produk untuk memastikan kandungannya.

5. Leher dan Dada
Oleskan sunscreen di leher dan dada sebelum meninggalkan rumah. Leher dan dada merupakan 'titik panas' untuk kanker kulit. Kita harus memperhatikan area ini, terutama ketika cuaca panas.

 

Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Everyday Health

4 dari 5 halaman

Jangan Sembarang Menyimpan Sunscreen, Ini Cara yang Tepat

Dream – Dari sekian banyak produk perawatan kulit wajah ada satu yang wajib dimiliki dan digunakan setiap hari, terutama saat keluar rumah, yaitu sunscreen atau tabir surya. Mungkin Sahabat Dream memiliki banyak produk sunscreen, tapi apakah sudah disimpan dengan tepat?

Sunscreen merupakan salah satu skincare yang tidak bisa ditimbun terlalu lama. Fungsi utamanya adalah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, mencegah flek hitam dan memperlambat munculnya keriput pada wajah.

 Tips Memakai Sunscreen Agar Lebih Efektif
© MEN

Formula pada produk skincare bisa bekerja efektif jika disimpan dengan tepat. Agar tak salah dalam menyimpannya, pastikan Sahabat Dream mengetahui hal-hal berikut.

Umur simpan sunscreen
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menjelaskan sebaiknya produk sunscreen digunakan dalam jangka waktu 3 tahun sejak pertama kali dibuka. Dokter Brooke Jeffy, spesialis kulit di Pore House mengatakan, apabila pada kemasan tertera tanggal kedaluwarsa, pastikan produk digunakan sebelum tanggal tersebut.

" Namun, bila tidak ada tanggalnya, dapat diasumsikan efektivitasnya selama tiga tahun setelah tanggal pembelian. Sebagai catatan, produk wajib disimpan pada suhu ruangan," ujar Jeffy dikutip dari Real Simple.

Bila merasa tekstur sunscreen lebih cair atau warnanya menggelap yang menunjukkan oksidasi, segera buang tersebut. Perubahan konsistensi produk bisa jadi indikasi filter UV yang ada dalam kandungan sunscreen tersebut tidak lagi melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

 

5 dari 5 halaman

Cara terbaik menyimpan sunscreen

Hal yang paling penting tentunya simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari. Jangan simpan di tempat yang panas seperti dalam mobil atau tempat yang lembap dan rentan menyebabkan penumpukan jamur seperti kamar mandi.

 Sunscreen
© Shutterstock

" Panas dan lembap yang berlebih akan menghilangkan efektivitas sebotol sunscreen," kata Jeffy.


Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Real Simple

Join Dream.co.id