Cari Tahu 4 Bentuk Puting Payudara yang Normal Dialami

Fresh | Sabtu, 23 Januari 2021 18:45
Cari Tahu 4 Bentuk Puting Payudara yang Normal Dialami

Reporter : Cynthia Amanda Male

Namun jika terdapat gejala tertentu, segera berkonsultasi pada dokter.

Dream - Umumnya puting payudara mencuat keluar dan bentuknya tidak berubah. Puting hanya bisa mengeras ketika seorang wanita mendapat rangsangan. 

Namun kenyataannya terdapat beberapa bentuk puting yang mungkin berbeda antar satu wanita dengan yang lainnya. Tapi jangan khawatir, kondisi ini masih tergolong normal. Kamu tak perlu khawatir terkena penyakit tertentu.

Puting payudara memang bisa berbeda-beda pada setiap orang. Dilansir dari Sehatq.com, berikut beberapa bentuk puting payudara.

Puting terbalik

Yang dimaksud dengan terbalik adalah bentuk puting yang cekung ke bagian dalam payudara. Beberapa wanita memiliki bentuk ini sejak lahir dan bentuknya bisa menonjol jika mendapat rangsangan.

Namun jika baru dialami setelah remaja atau dewasa, kamu perlu berkonsultasi pada dokter karena ha tersebut bisa menandakan penyakit serius seperti kanker payudara. Apalagi, jika mengalami gejala seperti keluar cairan kemerahan dari puting.

2 dari 3 halaman

Puting datar

Puting juga bisa berbentuk datar dan sejajar dengan areola. Bahkan, puting bentuk ini juga tidak dapat menonjol walaupun terangsang.

Hal ini akan sangat menyulitkan ibu yang ingin menyusui. Anaknya tidak akan mendapatkan ASI yang cukup. Tapi, kamu bisa mengatasinya dengan lebih sering memompa ASI atau menggunakan alat pengangkat puting sebelum menyusui.


3 dari 3 halaman

Puting berambut

Beberapa wanita memiliki puting yang berambut. Kamu bisa mencukurnya dengan metode waxing atau mencabutnya secara langsung.

Hal ini terbilang normal selama tidak mengalami menstruasi yang kurang teratur atau memiliki bulu berlebihan pada wajah. Gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Puting ganda

Cukup jarang wanita yang memiliki dua puting atau lebih pada satu payudara. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter jika kondisi ini mulai menyulitkan.

Apalagi, jika mengganggu ketika ingin menyusui atau mulai mengalami gejala seperti keluar nanah, nyeri atau terjadi retraksi.

(Sumber: Sehatq.com)

Terkait
Join Dream.co.id