Cara Mudah Mencegah Radang Tenggorokan

Fresh | Rabu, 12 Februari 2020 16:13
Cara Mudah Mencegah Radang Tenggorokan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Selalu jaga kesehatan mu, Sahabat Dream.

Dream - Tenggorokan pasti terasa sakit saat mengalami radang. Apalagi bila dibuat berbicara maupun menelan makanan, pasti akan terasa lebih sakit lagi.

Penyakit ini biasanya kerap muncul saat peralihan musim. Gejalanya bisa bermacam-macam, mulai demam, kemerahan, sakit kepala, gatal-gatal, sakit perut, muntah, hingga nyeri otot.

Bila sudah terkena radang tenggorokan, kondisi tubuh memang tidak nyaman. Sehingga kita perlu melakukan pencegahan agar tidak mengalaminya.

Berikut tip mencegah radang tenggorokan, sebagaimana dikutip dari laman Miss Kyra:

2 dari 5 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa jadi dampak kombinasi dari infeksi sinus dan telinga. Merokok, polusi, hingga alergi hewan. Infeksi HIV juga bisa jadi penyebabnya.

 ilustrasi radang tenggorokan© shutterstock.com

3 dari 5 halaman

Berikut cara mencegah radang tenggorokan:

Salah satu cara terbaik untuk mencegah radang tenggorokan adalah menghindari kuman penyebab infeksi dan menjaga kebersihan.

Cara menghindari kuman penyebab radang tenggorokan:

  • Tidak menyentuh mulut dan mata
  • Membersihkan ponsel dan remot TV di hotel sebelum menggunakannya
  • Jangan berdekatan dengan orang yang kurang menjaga kebersihan
  • Menutup mulut ketika bersin atau batuk

 ilustrasi cuci tangan© shutterstock.com

  • Mencuci tangan secara rutin, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, maupun saat bersin atau batuk
  • Pastikan kamu tidak menggunakan alat makan atau makan makanan di piring yang sama
  • Membawa hand sanitizer mengandung alkohol untuk menjaga kebersihan tangan
4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Ini Demi Cegah Depresi

Dream - Menjaga kesehatan mental diperlukan kesadaran penuh. Mengatur level stres dan menjaga kondisi psikologis selalu baik. Cara lainnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meredakan tingkat stres dan mencegah depresi.

Dikutip dari Timesofindia.com, ada sebuah penelitian yang membuktikan mengkonsumsi suatu makanan tertentu dapat berdampak positif pada pikiran dan membangun mood kamu, yaitu yogurt.

Sebuah studi di jurnal penelitian ilmiah yang dilakukan oleh tim peneliti kedokteran dari University of Virginia, menunjukkan bahwa probiotik ini bisa membantu memerangi depresi.

5 dari 5 halaman

Kesehatan Usus

Asisten profesor dari penelitian tersebut, Alban Gaultier, mengatakan bahwa layanan pengobatan yang tersedia untuk menghilangkan gejala depresi dapat menimbulkan banyak efek samping. Jadi, penting untuk mengetahui alternatif pengobatan lain.

Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan tikus sebagai bahan percobaannya, peneliti membuat tikus tersebut stres sampai menunjukkan gejala depresi.

Lalu, dibandingkan dan mengamati kondisi tersebut, peneliti menemukan hubungan yang jelas antara tingkat bakteri usus dan kesehatan mental.

Tingkat lactobacillus (bakteri baik) dapat mempengaruhi metabolisme yang disebut kynurenine, yaitu darah yang terkait dengan perkembangan depresi.

Lactobacillus membantu untuk menyeimbangkan tingkat kynurenine dalam darah. Mulai sekarang tak ada salahnya mengonsumsi yogurt secara rutin. Terutama jika Sahabat Dream sedang stres berat.

Laporan Raissa Anjanique

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id