Cara Meredakan Kembung Saat Menstruasi

Fresh | Rabu, 25 September 2019 08:36
Cara Meredakan Kembung Saat Menstruasi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tak selalu harus dengan obat atau jamu untuk mengatasi kembung saat datang bulan

Dream - Menstruasi selalu menyebabkan banyak efek samping. Selain mood yang mendadak berubah, kamu pasti pernah merasakan pegal-pegal atau kram saat tamu bulanan itu datang. Seolah-olah periode datang bulan ini jadi masa-masa sulit.

Efek samping lain dari menstruasi adalah lambung yang terasa menjadi kembung. Perasaan tidak nyaman di bagian perut ini membuatmu merasa lebih gemuk dan seperti sembelit setiap saat.

 shutterstock© shutterstock.com

Kondisi ini tidak cuma terjadi saat mestruasi tapi juga sebelum haid dimulai. Ketika mulai kembung, kamu tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Untuk mengatasinya, lebih baik kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa menenangkan perutmu.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut hal yang dapat dimakan dan minum untuk meredakan kembung.

2 dari 5 halaman

1. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu pencernaan dan memecah protein. Makan beberapa potong buah ini setiap hari dapat membantu mengatasi masalah kembung.

Bahkan kamu bisa menyampurnya dengan salad dan menikmatinya saat makan siang di tempat kerja. Konsumsilah buah ini secara teratur jika masalah kembungmu semakin buruk.

2. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik. Banyak penelitian telah menemukan bahwa itu bisa jadi pengobatan yang efektif untuk kembung.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi jahe. Kamu bisa menyampurnya dengan teh atau ikan bakar. Kamu pun bisa menambahkannya pada kari.

 shutterstock© shutterstock.com

3 dari 5 halaman

3. Asparagus

Asparagus mengandung probiotik yang dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan. Kamu bisa memanggang sayuran tanpa lemak ini dengan tetesan lemon atau merebusnya serta mengonsumsinya sebagai camilan.

Lebih baik lagi, mengonsumsinya dengan telur di pagi hari. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengatasi kembung.

 shutterstock© shutterstock.com

4 dari 5 halaman

4. Tetap Berolahraga

Mungkin kamu tidak ingin berolahraga sama sekali saat haid, tetapi itu sebenarnya dapat membantumu menghilangkan kembung.

Saat mengeluarkan keringat, tubuh akan mengurangi risiko sembelit. Olahraga ringan seperti berenang atau yoga juga bisa mengatasinya. Jauhi olahraga intensitas tinggi seperti cross-fit karena dapat meningkatkan peradangan.

 shutterstock© shutterstock.com

 

5 dari 5 halaman

5. Hindari Makanan yang Menimbulkan Gas pada Perut

Makanan seperti brokoli, selada, kol dan kembang kol bisa menimbulkan gas, sehingga perutmu kembung. Karena sudah merasakan kembung selama haid, kondisimu akan semakin buruk ketika mengonsumsi makanan tersebut.

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id