Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat, Alami Tanpa Olahraga

Fresh | Jumat, 8 November 2019 17:45
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat, Alami Tanpa Olahraga

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Ingin tahu bagaimana cara menurunkan berat badan secara cepat dan alami? Lakukan cara beserta langkah-langkah di bawah ini.

Dream- Memiliki berat badan yang ideal secara otomatis akan berpengaruh pada kualitas hidup dan kesehatan seseorang. Dengan berat badan yang berlebih, tentu akan meningkatkan risiko terserang beberapa penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Kamu tidak mau itu terjadi padamu, bukan? Penting bagi kita untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulailah dengan mengerti, memelihara dan menjaga pola hidup dan asupan nutrisi seimbang pada tubuhmu. Namun jika sudah terlanjur berada dalam kondisi kelebihan berat badan, kamu tidak perlu khawatir karena banyak solusinya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana cara menurunkan berat badan secara cepat, alami dan bahkan tanpa perlu berolahraga. Menarik bukan? Simak baik-baik ya!

2 dari 3 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Jika saat ini Kamu mengalami kelebihan berat badan, maka sebaiknya kamu segera mempertimbangkan untuk merubah pola hidupmu. Mulailah dengan memperhatikan pola makan dan segala kandungan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa cara cepat menurunkan berat badan yang bisa Kamu coba sendiri di rumah.

Diet

 diet puasa

Cara cepat menurunkan berat badan yang populer dan berdampak besar adalah dengan melakukan diet. Diet yang baik apabila dilakukan dengan benar bisa menggantikan fungsi olahraga.Namun diet yang terlalu ekstrim hanya akan membahayakan kesehatan tubuh anda sendiri.

Ada berbagai macam diet yang bisa Kamu jadikan pilahan, ada baiknya Kamu menghubungi dokter atau ahli gizi terlebih dahulu untuk menentukan diet yang cocok untuk tubuh Kamu.

Stop Konsumsi Gula

 Konsumsi Gula Sehari Maksimal 6 Sendok Teh

Secara tidak sadar gaya hidup yang serba cepat mengarahkan kita pada konsumsi banyak makanan olahan yang mudah dibuat dan cepat dimakan.Sayangnya, pilihan makanan ini sering dikemas dengan kalori kosong, yang umumnya berbentuk gula atau salah satu turunannya.

Semakin banyak gula yang Kamu konsumsi, maka akan semakin meningkatkan risiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut. Oleh karena itu, menghentikan konsumsi gula adalah salah satu cara cepat menurunkan berat badan.

Olahraga Rutin

 Cara mengecilkan lengan dengan lompat tali

Suka atau tidak, olahraga secara rutin adalah yang terbaik sebagai salah satu cara cepat menurunkan berat badan. Namun perlu diingat adalah, tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup.

Jadi melakukan olahraga secara berlebihan hanya akan membuat tubuh lelah dan beresiko mengalami cedera.

Minum Air

 5 Tips Usir Malas Minum Air Putih

Walau terdengar membosankan, tapi kebiasaan minum air akan sangat membantu Kamu dalam program penurunan berat badan.

Cara menurunkan berat badan yang paling mudah namun berdampak besar adalah dengan memperbanyak minum air.

Kandungan air yang cukup dalam tubuh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh sekaligus menghancurkan semua racun dan lemak di dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Berikut adalah cara menurunkan berat badan secara alami, dengan mengonsumsi olahan buah dan sayuran, guna membantu menurunkan berat badan Kamu secara efektif. 

Mengonsumsi Avokad

 Alpukat

Cara menurunkan berat badan secara alami yang pertama adalah dengan mengonsumsi buah alpukat. Alpukat sangat bergizi dan mengandung bermacam-macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral.

Buah itu juga dapat menurunkan kolesterol atau natrium apa pun dan sangat rendah kandugan lemak jenuhnya. Alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium pada alpukat sebayak 14 persendengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor utama untuk serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Mengonsumsi Pisang

 Ini Alasan Kenapa Harus Makan Pisang Sebelum Berolahraga

Pisang mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Vitaminnya pun banyak, seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

Pisang memiliki kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pengosongan perut. Pisang juga kaya akan serat dan pati resistan yang dapat memberi makan bakteri baik di usus.

Minum Sari Lemon dan Madu

 Menghaluskan kulit wajah dengan jeruk lemon dan madu

Kombinasi air jeruk lemon dan madu sangat cocok unyuk menurunkan berat badan. Minuman ini bahkan dikenal sebagai ramuan yang ampuh yang menjadikannya sebagai salah satu cara menurunkan berat badan dari masa ke-masa.

Buah yang asam ini kaya akan riboflavin, vitamin B, mineral seperti fosfor dan magnesium dan tentu saja vitamin C. Jika Anda telah mencoba air lemon dicampur madu untuk menurunkan berat badan tetapi hasilnya masih gagal, maka mungkin anda tidak melakukannya dengan cara yang benar.

Berikut cara menurunkan berat badan secara alami dengan mengonsumsi sari lemon dan madu:

  • Siapkan 3 sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan madu
  • Campurkan bahan-bahan tersebut ke segelas air hangat dan aduk sampai rata
  • Minum ramuan alami air lemon dicampur madu ini setiap pagi saat perut masih kosong

Sedikit catatan bagi kalian yang memiliki masalah lambung untuk tidak mengonsumsi minuman ini saat perut masih kosong. Karena tingkat keasamannya dapat menimbulkan nyeri pada lambung.

Konsumsi Banyak Protein

 diet keto

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori. Kita bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sarapan dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan.

Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond. Cara menurunkan berat badan ini termasuk yang cukup populer dan mudah untuk dilakukan.

Perbanyak Makanan Yang Mengandung Serat

Cara menurunkan berat badan yang juga tidak kalah efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Serat kental ini dapat ditemukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain menjadi cara menurunkan berat badan yang cukup efektif, banyak makan makanan berserat juga dapat mencegah kangker usus.

 Resep Makanan Sehat dari Alpukat

Demikian beberapa cara menurunkan berat badan secara cepat, alami dan tanpa berolahraga. Jangan terlalu keras dan berlebihan dalam memaksa sistem kerja tubuh. Ada baiknya Kamu juga berkonsultasi dengan dokter ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan dan strategi menurunkan berat badan apa yang cocok untuk Kamu.

(David Mulyanto Saryono/ Sumber: Merdeka, Liputan6 dan sumber lainnya)

 

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id