Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

Fresh | Jumat, 15 November 2019 17:48
Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Kesehatan mata perlu dijaga karena peran mata yang begitu vital. Beberapa cara menjaga kesehatan mata di bawah ini bisa kamu coba.

Dream - Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga. Mata memang memiliki peran penting dalam beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga kesehatan sangat vital dilakukan.

Banyak penyakit yang dapat menyerang mata kamu. Mata merah, mata minus merupakan beberapa contoh masalah yang sering terjadi pada orang-orang. Masalah-masalah tersebut dapat mengganggu penglihatan serta aktivitas sehari-hari kamu.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami.

Wortel

 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama yaitu dengan meengonsumsi wortel. Wortel memang sudah lama dipercaya dapat menjaga kesehatan mata.

Wortel mengandung vitamin A yang dipercaya menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, wortel mengandung biotin (salah satu vitamin B) yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein. Selain beta-karoten, manfaat wortel juga didapat dari kandungan serat, vitamin K, dan kalium.

Tomat

Tomat bisa dimanfaatkan sebagai cara menjaga kesehatan mata secara alami. Selain kaya akan Vitamin C, buah tomat juga kaya akan vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan mata.

Sayur Bayam

Bayam juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Hal itu berkat adanya kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat di butuhkan oleh mata. Maka dari itu bayam sangat baik dimanfaatkan sebagai cara menjaga kesehatan mata.

Telur

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya yaitu dengan mengonsumsi telur. Telur tidak hanya kaya akan Vitamin B12 dan juga Vitamin D, tapi juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur dipercaya dapat mencegah penyakit katarak.

Cokelat hitam

Cokelat hitam dipercaya dapat melindungi mata dari kebutaan berkat adanya flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata dan memperkuat kornea mata dan retina. Maka dari coklat hitam cocok dimanfaatkan sebagai cara menjaga kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Perilaku-perilaku di bawah ini bisa kamu terapkan untuk menghindari mata minus.

Tidak Merokok

Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus yaitu dengan tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata. Selain mata minus, merokok dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular.

Menjaga mata tetap terhidrasi

Metode ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Kondisi mata yang kering ternyata juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti iritasi. Untuk menjaga mata tetap lembab, kita bisa mencuci wajah ketika mata terasa kering atau perih.

Cukup dengan mengusap wajah saja, jangan usap bagian mata dengan air karena bisa melukai mata. Selain itu, pemakaian obat tetes mata dan minum air putih yang cukup, juga baik untuk menjaga kelembaban mata.

Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Menghindari pemakaian lensa konta terlalu lama bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya. Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa permanen.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan di depan komputer, resiko terkena masalah pada mata sangat riskan. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Atur pencahayaan

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer pertama yaitu dengan mengatur pencahayaan pada layar komputer. Bukan hanya pencahayaan pada layar monitor saja yang bisa membuat kerusakan pada mata kamu.

Akan tetapi pencahayaan disekitar ruangan pun bisa membuat mata kamu tak nyaman atau mengalami gangguan. Pastikan cahaya yang masuk diruangan kamu tidak terlalu berlebihan ataupun terlalu gelap.

Selain itu kamu juga harus menghindari membaca bacaan di ruangan yang memiliki cahaya redup. Karena hal ini mengharuskan kamu untuk berusaha lebih konsentrasi dengan tulisan yang kamu baca. Sehingga bisa menyebabkan ketegangan pada mata kamu. Selain itu, membaca diruangan yang minim cahaya bisa merusak kinerja mata. Namun jangan pula membaca di ruangan yang terlalu terang.

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

menghindari duduk terlalu lama di depan komputer bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dapat membuat mata cepat lelah. Disamping itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal ialah 30 centimeter, selain itu posisikan layar sedikit kebawah dengan jarah sekitar 61 hingga 71 centimeter.

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa kecerahan serta kontras di layar sudah tepat. Jangan lupakan juga untuk menggunakan layar yang besar atau memperbesar tulisan jika memeiliki masalah penglihatan. Tentu saja ini akan membantu mata kamu agar tidak terlalu lelah saat menatap layar monitor.

Jangan melihat cahaya terang secara langsung

Sebaiknya hindari untuk melihat cahaya yang terang secara langsung. Selain itu kamu juga dilarang untuk melihat serta memfokuskan pada sinar matahari, karena jika melihat secara langsung pada sinar matahari akan merusak mata kamu.

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: liputan6 dan merdeka)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id