Cara Menjaga Bobot Tubuh Selama Puasa

Fresh | Jumat, 7 Mei 2021 19:45
Cara Menjaga Bobot Tubuh Selama Puasa

Reporter : Dwi Ratih

Biar bobot nggak naik atau turun banget.

Dream - Puasa tak cuma tentang menambah tabungan pahala dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Buat Sahabat Dream yang bersungguh-sungguh menjalaninya akan dapat plus-plus dari segi kesehatan tubuh.

Jika Sahabat Dream tidak kalap saat berbuka puasa maupun sahur, bonus lainnya adalah bobot tubuh yang berkurang.

Di momen puasa inilah Sahabat Dream bisa atur berat tubuh sehingga bisa menghasilkan size yang diharapkan. Baik itu menurunkan atau justru menambahkan.

Ahli Gizi sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Saptawati Bardosono punya solusi.

Dalam menyeimbangkan berat badan, Saptawati menyarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis saat buka puasa.

" Anjuran buka puasa itu kan satu buah kurma. Tapi kebanyakan orang kebiasaannya makan satu mangkuk kolak yang mengandung banyak gula," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Atur pola dan isian menu

 Ilustrasi
© Shutterstock

Menurutnya, saat berpuasa tubuh kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak.

" Rasa manis yang berlebihan itu jumlah kalorinya tinggi. Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah," kata Saptawati.

Lalu, untuk menjaga tubuh tetap sehat Saptawati mengimbau masyarakat sebaiknya memperhatikan asupan karbohidrat dan protein serta minum air putih.

" Saat sahur atau buka harus diperhatikan kandungan gizinya, sebaiknya gizinya harus seimbang. Jangan lupa air putih saat sahur dan buka dengan porsi yang disaranakan supaya nanti pas puasa tidak dehidrasi," pungkas Saptawati.

3 dari 5 halaman

3 Anjuran Dokter Turunkan Berat Badan Saat Ramadan

Dream - Sahabat Dream sedang punya masalah bobot tubuh yang berlebih dan sedang mencoba menurunkannya? Sekarang adalah waktunya.

Selain mendapatkan pahala karena menjalankan puasa, kewajiban yang menuntut kita tak makan dan minum hingga setengah hari ini bisa jadi bonus menurunkan berat badan, lho!

Dokter Martha Fitri Alextina, seorang dokter umum dari Klikdokter menuturkan prinsip menurunkan berat badan saat puasa Ramadan atau di bulan lainnya sebenarnya adalah sama.

" Selain bulan untuk beribadah, puasa Ramadhan juga bisa menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan agar mencapai ideal. Khusunya dengan pola makan teratur dan tidak berlebihan selama puasa," ungkap dr. Martha.

Menurut dr. Martha berat badan sebenarnya dipengaruhi lebih dari 70 persen dari makanan yang masuk ke tubuh.

Jika Sahabat Dream adalah salah satu orang yang ingin menurunkan berat badan saat puasa Ramadan, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

4 dari 5 halaman

Hindari makanan dengan kadar gula tinggi

Tips untuk menurunkan berat badan saat puasa yang pertama adalah dengan menghindari makanan tinggi gula seperti puding, cake, atau donat yang dibalur coklat.

Sebenarnya pada waktu berbuka, boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman manis. Tapi hal itu hanya memudahkan tubuh mencerna asupan yang masuk agar energi lebih cepat diproduksi.

Say no to gorengan

Gorengan mengandung minyak dan karbohidrat sehingga akan mengendap dalam tubuh. Selanjutnya gorengan akan menambah deposit lemak dalam tubuh.

Kamu bisa mengatur porsi makan dengan menggunakan piring yang lebih kecil sehingga akan mudah cepat penuh. Hal tersebut juga mendorong kita tidak mengambil porsi makanan yang terlalu banyak.

5 dari 5 halaman

Banyak makan makanan berserat

Mulailah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat, buah delima dan sayur-sayuran. Makanan tersebut akan membantumu lebih cepat kenyang.

Usahakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran serta protein dengan komposisi setengah dari porsi makan. Sehingga membuat rasa kenyang yang lebih lama.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Join Dream.co.id