Cara Mengobati Amandel Bengkak pada Anak Secara Alami

Fresh | Senin, 18 November 2019 11:42
Cara Mengobati Amandel Bengkak pada Anak Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Amandel bisa menimpa kepada siapa saja, termasuk orang dewasa sekalipun. Namun jangan khawatir, amandel bukanlah penyakit yang susah untuk diatasi.

Dream - Amandel atau tonsil adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh yang berfungsi melawan infeksi bakteri dan virus.

Walaupun sifatnya untuk sistem pertahanan tubuh, amandel juga bisa terkena virus atau bakteri. Contohnya seperti radang amandel.

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi.

Meski umumnya dialami oleh anak-anak usia 3 sampai 7 tahun, radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati amandel. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati amandel bengkak pada anak secara alami:

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Amandel pada Anak

 Cara Mengobati Amandel pada Anak

Radang amandel yang disebabkan oleh virus biasanya dialami oleh anak usia di bawah 5 tahun. Sementara radang amandel yang dipicu oleh infeksi bakteri banyak dialami oleh anak usia di atas 5 tahun hingga 15 tahun. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati amandel pada anak.

Konsumsi Makanan yang Lembut dan Minuman Hangat

Radang amandel bisa membuat anak jadi kurang mau makan. Hal ini karena saat amandel meradang, anak biasanya akan merasakan nyeri menelan. Maka dari itu, memberi anak makanan lembut dan minuman hangat bisa menjadi cara mengobati amandel.

Perbanyak Istirahat

Istirahat sangat efektif sebagai cara mengobati amandel. Istirahat merupakan cara yang efektif untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit. Ketika amandel meradang, pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup di rumah hingga kondisinya membaik.

Perbaiki Kualitas Udara

Cara mengobati amandel pada anak ketiga yaitu dengan menciptakan kualitas udara yang baik di rumah. Saat anak mengalami radang amandel, sebisa mungkin jauhkan ia dari paparan polusi, seperti debu, asap rokok, dan asap kendaraan. Bila perlu, kamu bisa menggunakan humidifier untuk melembabkan dan membersihkan udara yang kotor.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Ada beberapa metode alami yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan amandel. Berikut adalah beberapa cara mengobati amandel secara alami.

Kayu Manis

 Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis juga bisa menjadi cara mengobati amandel. Hal ini disebabkan karena kayu manis kaya akan senyawa antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat pada amandel.

Karena fungsi inilah, kayu manis dikenal sebagai obat radang amandel alami yang mampu mengurangi pembengkakan, rasa sakit. dan peradangan.

Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu hingga larut dan merata. Hirup uap air yang menguar saat air masih panas. Kemudian, kamu bisa meminumnya begitu suhunya menjadi hangat.

Air Garam

Air hangat memiliki efek menenangkan amandel, sedangkan garam bertindak sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan bakteri.

Maka dari itu, air garam bisa menjadi cara mengobati amandel. Caranya cukup mudah, kamu tinggal berkumur dengan air garam hangat.

Teh Hangat dan Madu

Madu memiliki senyawa antibakteri kuat yang bermanfaat untuk melawan infeksi pada radang amandel. Sementara minuman hangat seperti teh bisa mengurangi rasa nyeri akibat amandel yang membengkak.

Tidak heran jika campuran teh dan madu bisa menjadi cara mengobati amandel. Teh jahe dan teh adas adalah dua contoh teh dengan kandungan senyawa antiradang tertinggi yang dapat memberikan manfaat ini. Kombinasi teh hangat dan madu dapat menjadi obat alami yang membuat kerongkongan kamu terasa lebih nyaman sekaligus menghalau infeksi.

Bawang Putih

Tidak disangka bawang putih bisa menjadi cara mengobati amandel selanjutnya. Bawang putih dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya akan kandungan senyawa antioksidan, antibakteri dan antiviral sehingga efektif untuk melawan virus akibat pilek, flu, dan peradangan amandel.

Salah satu cara menggunakan bawang putih sebagai obat alami radang amandel adalah dengan memakannya secara utuh. Namun, jika kamu tidak tahan dengan aroma dan rasa yang menyengat dari bawang putih, kamu bisa mencampurkannya dengan teh herbal.

Kunyit

Cara mengobati amandel secara alami terkhir yaitu dengan kunyit. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antiseptik alami yang cukup kuat. Kamu tinggal campurkan segelas susu hangat dengan satu senduk teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Penyakit Amandel

 Cara Mengobati Penyakit Amandel

Jika mengobati amandel dengan cara alami tidak cukup efektif, maka saatnya kamu memakai metode medis. Berikut ini adalah beberapa obat yang bisa digunakan sebagai cara mengobati amandel.

Antibiotik

Bila radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, maka jenis obat yang diperlukan adalah antibiotik. Jenis antibiotik yang paling sering digunakan untuk mengatasi radang amandel adalah penisilin.

Antibiotik harus dikonsumsi hingga habis untuk mencegah resistensi bakteri dan komplikasi. Salah satu jenis komplikasi yang dapat terjadi akibat konsumsi antibiotik yang salah adalah penyakit demam rematik. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada hati, sistem saraf, sendi, dan kulit akibat infeksi bakteri.

Ibuprofen dan Paracetamol

Kamu tidak perlu mengonsumsi antibiotik bila radang amandel disebabkan oleh virus. Jenis obat yang kamu perlukan adalah yang dapat meredakan gejala seperti nyeri, peradangan, dan pembengkakan amandel. Karena itulah, dokter biasanya menyarankan penggunaan paracetamol dan ibuprofen.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Amandel dengan Bawang Merah

 Cara Mengobati Amandel dengan Bawang Merah

Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati amandel adalah bawang merah. Bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi peradangan. Bersama dengan sifat anti bakteri di dalamnya, bawang merah mampu menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi amandel.

Caranya cukup mudah, Bersihkan 2-3 siung bawang merah kemudian potong menjadi 2/3 bagian lalu rebus dalam air secukupnya, rebus hingga mendidih, angkat dan tiriskan kemudian minum air rebusan bawang merah tersebut, lakukan 2x sehari.

(ism, Laporan: Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier
Join Dream.co.id