Cara Mengatasi Kulit Kering Ini Bagus untuk Pria

Fresh | Rabu, 26 Juni 2019 18:48
Cara Mengatasi Kulit Kering Ini Bagus untuk Pria

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Masalah kulit kering tidak hanya dialami kaum hawa saja, para pria juga harus memperhatikan kondisi kulitnya. Apalagi di musim kemarau yang panas siang hari, dan dingin di malam hari.

Dream - Ketika kondisi cuaca tidak pasti seperti saat ini, masalah kulit juga ikut tidak menentu. Paparan panas saat siang dan dingin di malam hari membuat kulit harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan, sehingga membuat kulit lebih kering dari biasanya.

Tidak hanya kondisi cuaca saja yang bisa membuat kulit kering. Kondisi udara yang kotor, dengan banyak debu dan polusi, juga bisa membuat kulit kering. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kaum wanita saja, tapi juga pria.

Namun para pria kadang banyak yang cuek dengan kondisi kulitnya dan menganggap perawatan adalah bagian perempuan. Sebenarnya, perawatan kulit bisa dilakukan oleh siapa saja, namun dengan kadar yang berbeda karena jenis kulit yang berbeda pula.

Berikut Dream rangkumkan cara mengatasi kulit kering pada pria yang dilansir Fashion Beans:

2 dari 6 halaman

Mandi Rutin dan Pakai Sabun

Mandi menjadi rutinitas yang sudah biasa dilakukan. Dengan mandi kita juga dapat mengatasi kulit kering, terlebih dengan durasi mandi yang lama.

Konsultan dematologi, Dr. Anjali Mahto, mengatakan, “ menghabiskan banyak waktu untuk mandi, akan menghilangkan minyak dari kulit.”

 Kulit kering pada pria© Dream

Mandi air hangat di pagi hari juga bisa dijadikan rutinitas yang bisa mengatasi kulit kering pada pria. Selain mandi, pemakaian sabun ketika mandi juga dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Pemakaian sabun yang mengandung banyak bahan kimia justru bisa membuat kulit jadi tambah kering. Jadi, cara untuk mengatasi kulit kering pada pria bisa menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami.

3 dari 6 halaman

Memakai Produk Pelembab Kulit

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang dipasarkan khusus untuk pria. Tak perlu merasa risih dan menganggap penggunaan produk perawatan kulit hanya untuk perempuan saja. Pria juga punya kulit, kan?

Banyak produk perawatan kulit pria yang berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Namun, kalau masih enggan menggunakan produk pasaran, Sahabat Dream juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

 Kulit kering pada pria© Dream

Minyak almond, misalnya. Pemakaian minyak almond secara rutin mampu mengatasi kulit kering, karena kandungan asam linoleate anti inflamasinya mampu mengurangi rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit.

4 dari 6 halaman

Memilih Pakaian yang Tepat

Dr. Anjali Mahto dikutip dari Fashion Bean menambahkan, “ kain yang dikenakan bisa mengakibatkan iritasi.” Walau tidak semua kain bisa menimbulkan iritasi, namun kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga resiko iritasi karena kain bisa saja terjadi.

 Kulit kering pada pria© Dream


Khusus untuk kain wol, seperti pada pakaian sweater, sebisa mungkin beri lapisan terlebih dahulu. Hal ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering yang diakibatkan oleh iritasi dari kain.


Pemilihan pakaian yang tepat lainnya adalah dengan menggunakan pakaian berlapis. Cara mengatasi kulit kering yang satu ini bisa diterapkan dalam kondisi cuaca saat ini yang dingin di malam hari dan panas di siang hari.

 Kulit kering pada pria© Dream


Perubahan suhu udara ini bisa mengakibatkan kulit kering, sehingga bisa diatasi dengan memakai pakaian berlapis supaya kulit tidak langsung terpapar perubahan suhu yang drastis.

5 dari 6 halaman

Olahraga Rutin

Selain dengan berbagai cara mengatasi kulit kering di atas, Sahabat Dream juga bisa mengatasi kulit kering dengan olah raga rutin. Melakukan olah raga rutin bisa membuat kulit menjadi elastis dan mampu melembabkan kulit.

 Kulit kering pada pria© Dream


Namun perlu diberi catatan, bahwa olah raga yang terlalu sering justru akan membuat masalah pada kulit semakin parah. Berdasarkan sebuah penelitian dari McMaster University, olah raga cukup dilakukan beberapa jam dalam satu pekan.

6 dari 6 halaman

Memakai Bahan Alami

Dan, satu lagi cara mengatasi kulit kering pada pria. Cara ini sangat alami dan mampu membantu melembabkan kulit dari dalam. Cara mengatasi kulit kering dengan memanfaatkan buah-buahan dan sayuran, dijamin mampu menunjukan hasil yang maksimal.

 Kulit kering pada pria© Dream


Tidak hanya dengan diminum saja, mengoleskan bahan-bahan alami pada kulit bisa membantu mengatasi kulit kering. Tips mudahnya adalah, coba Tanya ke ibu, saudara perempuan, atau pacar tentang pemakaian bahan-bahan alami ini.


Selain menggunakan buah dan sayur, Sahabat Dream juga bisa memanfaatkan susu yang bisa membuat warna kulit menjadi lebih segar dan tidak kering.

Selamat mencoba!

Join Dream.co.id