Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Alami, dan Tanpa Obat

Fresh | Selasa, 23 Oktober 2018 14:15
Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Alami, dan Tanpa Obat

Reporter : Sugiono

Kamu bisa mencoba cara menambah tinggi badan dengan cepat, alami, dan tanpa obat berikut ini. Cara menambah tinggi badan dengan olahraga juga bisa digunakan sebagai alternatifnya.

Dream - Salah satu syarat yang selalu dicantumkan saat melamar pekerjaan adalah tinggi badan. Sebagian perusahaan bahkan mensyaratkan tinggi badan tertentu agar diterima sebagai karyawan.

Tinggi badan memang tidak hanya menunjang karier tetapi juga penampilan seseorang. Memiliki postur tubuh tinggi atau pendek juga bisa berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang.

Masih banyak anggapan jika memiliki badan pendek akan susah mendapatkan pekerjaan, apalagi saat memilih pasangan. Meski anggapan itu tak selamanya benar.

Tak heran banyak orang berusaha mencari cara menambah tinggi badan dengan cepat, alami, dan tanpa obat.

Sebenarnya kita sering menjumpai cara menambah tinggi badan dengan obat seperti minum pil atau obat peninggi badan.

Namun cara menambah tinggi badan dengan cepat seperti itu memiliki efek samping karena berbahan dasar obat kimia.

Daripada harus mengalami risiko yang tidak diinginkan, Sahabat Dream bisa mulai mencoba cara menambah tinggi badan dengan cepat, alami, dan tanpa obat.

Sahabat Dream juga bisa mencoba cara menambah tinggi badan dengan olahraga, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara menambah tinggi badan dengan cepat dan tanpa obat

1. Rajin minum susu dengan kalsium tinggi

Susu memang terkenal karena kalsium yang tinggi serta proteinnya. Kalsium merupakan zat yang paling penting untuk menjaga kesehatan tulang. Saat kamu membeli produk susu, pastikan dalam tabel gizi tertera vitamin D pula.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium baik untuk pertumbuhan tulang pada anak dan juga membantu pencegahan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Minumlah susu 2 kali sehari. Saat sarapan dan menjelang tidur. Hal ini akan sangat membantu proses pertumbuhan tinggi badan Anda.

2. Rajin minum air mineral

Air mineral tentu saja seperti namanya mengandung mineral yang mudah larut dan sangat cepat dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu rajinlah meminum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya.

3. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi

Tidak hanya rajin meminum susu, kamu juga membutuhkan makanan berkalsium agar proses pertumbuhan tinggi badan semakin maksimal. Makanan berkalsium tinggi contohnya adalah biji-bijian (biji wijen, biji poppy, biji chia), keju, yogurt, sarden dan salmon, kacang dan lentil, almond, dan masih banyak lainnya.

4. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi tentu sangat berperan penting bagi proses pertumbuhan tinggi badan seseorang. Makanan bernutrisi tentu saja makanan yang mengandung protein dan vitamin yang tinggi. Lebih bagus lagi jika juga mengandung kalsium. Contoh makanan bernutrisi tinggi adalah goji berries, biji chia, blueberry, sawi, dan masih banyak lagi lainnya. Cara ini adalah cara menambah berat dan tinggi badan agar kamu dapat memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.

5. Beristirahat yang cukup

Hormon pertumbuhan (HGH) diproduksi ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Oleh karena itu jangan melewatkan waktu tidur. Waktu tidur minimal 8 jam sehari. Tidak hanya agar produksi hormon pertumbuhan tidak terhambat, namun dengan tidur yang teratur, membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh.

6. Tidur dengan posisi yang benar

Ternyata tidur dengan posisi tidur yang salah dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dan postur tubuh tidak benar, seperti tulang yang melengkung dan postur tubuh yang bungkuk. Cara tidur yang baik untuk menambah tinggi badan adalah dengan telentang, yakni wajah menghadap atas, kaki lurus tanpa memeluk guling, dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

2 dari 2 halaman

Cara menambah tinggi badan secara alami dengan olahraga

 Cara menambah tinggi badan secara alami
Foto: Unsplash.com

1. Stretching

Stretching atau peregangan merupakan latihan fisik mudah agar otot menjadi lemas dan nyaman. Hal ini biasa dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Peregangan yang dilakukan setelah bangun dari tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan dalam 1 minggu yang efektif.

Lakukan peregangan secara berurutan mulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah. Jangan lakukan peregangan secara acak (atas - bawah - atas - bawah). Melakukan peregangan secara acak akan menyebabkan peredaran darah tidak teratur dan dapat menyebabkan mual dan pusing.

2. Berenang

Berenang dipercaya sebagai cara menambah tinggi badan dengan cepat secara alami. Ini karena berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga membantu pertumbuhan tinggi badan. Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi. Berenanglah minimal sekali dalam seminggu.

3. Menendang

Menendang yang dimaksudkan di sini adalah menendang sebagai bentuk olahraga bukan menendang teman. Menendang akan membuat otot serta tulang merasakan sensasi ditarik sehingga akan merangsang pertumbuhan tulang kaki agar lebih panjang dan tentu saja menjadi lebih tinggi.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan gerakan menendang ke depan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan gerakan lain seperti futsal, yakni saat menendang bola. Lakukan secara rutin.

4. Melompat

Melompat juga sama dengan menendang. Otot kaki akan terangsang sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit. Kamu hanya perlu melompat-lompat saja. Hal yang mudah bukan? Kamu juga bisa memadukannya dengan lompat tali.

5. Yoga

Yoga merupakan kegiatan melatih tubuh yang berfungsi untuk meregangkan tubuh. Peregangan yang dilakukan setiap kali yoga merupakan cara menambah tinggi badan dengan cepat dan efektif.

6. Menjaga postur tubuh tetap tegak

Secara tidak sadar, banyak orang yang tidak menjaga postur tubuh secara benar seperti berjalan dengan membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu. Karena itu, kamu harus secara sadar menjaga postur tubuh tegap baik pada saat berdiri, berjalan, maupun duduk.

7. Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Hal lain yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan tinggi badan adalah dengan mulai menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti sering makan junkfood, merokok, minum minumam beralkhohol. Hal-hal tersebut akan menghambat pertumbuhan tinggi badan.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Summer Style 2019
Join Dream.co.id