Cara Jitu Atasi Sariawan Saat Puasa

Fresh | Selasa, 4 Mei 2021 17:45
Cara Jitu Atasi Sariawan Saat Puasa

Reporter : Eko Huda S

Sariawan bisa membuat hilangnya nafsu makan saat berbuka dan sahur. Padahal, menyantap makanan saat berbuka dan sahur sangat penting.

Dream - Salah satu gangguan saat berpuasa adalah sariawan. Rasa perih di dinding mulut, lidah, dan gusi, sangat menyiksa meski kita sedang istirahat makan dari terbit fajar hingga Maghrib tiba.

Sariawan merupakan gangguan pada selaput mukosa mulut. Cirinya bercak luka berwarna putih atau merah pada dinding mulut, gusi, bahkan lidah.

Meski tidak terlalu besar dan letaknya bersembunyi di rongga, luka itu memberi efek nyeri. Ditambah saat puasa, jaringan epitel pada rongga mulut tidak cepat melakukan regenerasi.

Sariawan bisa membuat hilangnya nafsu makan saat berbuka dan sahur. Padahal, menyantap makanan saat berbuka dan sahur sangat penting. Makan saat berbuka bisa mengembalikan energi. Santap sahhur bisa memasok energi untuk cadangan saat berpuasa di siang hari.

2 dari 2 halaman

Namun tak perlu khawatir. Ada beberap cara untuk mencegah sariawan saat berpuasa. Pertama rajin menggosok gigi saat sebelum tidur dan setelah sahur.

Saat berbuka puasa, minumlah air hangat sebelum mengonsumsi makanan dan minuman lain. Air terlalu panas dan dingin akan menyebabkan pelindung mukosa mulut terganggu sehingga mudah terkena sariawan.

Kamu juga perlu memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan jambu biji. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, panas, dan dingin. Makanan tersebut akan menyebabkan gusi, lidah, dan bibir terluka.

Saat puasa, hindari stres. Ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah bisa mengurangi stres dan mengontrol emosi.

Join Dream.co.id