Cara Menghitung Siklus Haid untuk Mengetahui Masa Subur

Fresh | Selasa, 29 September 2020 06:12
Cara Menghitung Siklus Haid untuk Mengetahui Masa Subur

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tingkatkan potensi kehamilan dengan mengetahui masa subur.

Dream - Salah satu hal yang kerap dilakukan ketika pasangan suami istri ingin ingin memiliki momongan adalah menghitung siklus haid. Kamu bisa mengetahui masa kesuburan ketika menghitung siklus datang bulan atau haid.

Umumnya seorang wanita mengalami siklus haid selama 21-35 hari dengan masa menstruasi 2-7 hari. Cara menghitung siklus haid sangat sederhana.

Kamu hanya perlu mencatat tanggal mulai haid di masing-masing bulan dan menghitung rentang waktunya. Misalnya, kamu haid tanggal 15 Oktober dan di bulan selanjutnya jatuh pada tanggal 17. Itu artinya, kamu memiliki siklus haid 33 hari.

Namun siklus haid seorang wanita berbeda-beda. Meski kamu telah menghitungnya, siklus hadi di bulan berikutnya bisa saja meleset dari waktu yang seharusnya. 

2 dari 6 halaman

Cara menghitung siklus haid untuk program hamil

Jika ingin melakukannya untuk program hamil, kamu perlu mencatat tanggal awal haid selama minimal 6 bulan. Lalu, lakukan cara yang dilansir dari Sehatq.com berikut ini.

1. Cari rentang siklus terpendek selama 6 bulan.
2. Kurangi masa siklus terpendek dengan angka 18.
3. Tambahkan hari pertama siklus haid dengan hasil pengurangan sebelumnya.
4. Hasilnya merupakan tanggal awal masa subur.

Setelah menghitung awal masa kesuburan, kamu juga bisa memperkirakan akhirnya dengan menggunakan rentang terpanjang. Kurangi dengan angka 11 dan selebihnya lakukan seperti menghitung masa awal kesuburan.

(Sumber: Sehatq.com)

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Cara Alami

Dream - Menstruasi adalah hal natural yang dialami oleh setiap wanita. Pada beberap waktu, ada kalanya datang bulan bermasalah, seperti telat selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Telat datang bulan adalah kondisi yang terjadi ketika wanita melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi. Telat datang bulan sering terjadi ketika seorang perempuan baru pertama kali menstruasi, atau ketika mereka akan memasuki masa menopause.

Banyak metode alami yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk mengatasi telat datang bulan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Bahan Alami© Dream

Berikut adalah beberapa cara mengatasi telat datang bulan 10 hari.

Biji Ketumbar

Cara mengatasi telat datang bulan pertama yaitu dengan biji ketumbar. Caranya sangat mudah, Rebus beberapa sendok teh biji ketumbar, saring, dan minumlah 3 kali dalam sehari untuk memperbaiki siklus menstruasi.

Jahe

Jahe bisa menjadi cara mengatasi telat datang bulan selanjutnya. Jahe memiliki khasiat meningkatkan aliran darah. Minum air rebusan jahe yang sudah dicampur dengan sedikit gula atau madu untuk meningkatkan rasanya. Minum air rebusan jahe secara teratur juga berguna untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi cara mengatasi telat datang bulan. Kunyit memiliki sifat menghangatkan yang dapat mengatasi telat datang bulan. Meminum air rebusan kunyit efektif untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus menstruasi. Sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalam kunyit juga mampu mengatasi kram.

Pepaya Mentah

Mengonsumsi pepaya mentah sangat berguna untuk mengatasi telat datang bulan. Sebabnya pepaya akan mengontraksi otot di rahim yang kemudian berguna untuk merangsang menstruasi. Maka dari itu pepaya mentah sangat bagus sebagai cara mengatasi telat datang bulan.

Biji Wijen

Tidak disangka biji wijen juga bisa menjadi cara mengatasi telat datang bulan. Minumlah air rebusan wijen setiap pagi ketika perut kosong agar siklus menstruasi menjadi normal.

5 dari 6 halaman

Penyebab Telat Datang Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan© MEN

Tidak selalu penyebab telat datang bulan karena kehamilan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang telat datang bulan. Berikut adalah beberapa faktor penyebab telat datang bulan.

Stres

Stres adalah salah satu penyebab telat datang bulan. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Produksi hormon kortisol yang berlebihan ini dapat memengaruhi bagian otak yang berperan untuk mengatur menstruasi, yaitu hipotalamus. Hal tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi kamu jadi lebih awal, lambat, tidak sama sekali, atau bahkan lebih menyakitkan.

Berat Badan yang Berubah Drastis

Perubahan berat badan yang terlalu drastis, entah naik atau turn, dapat mengacaukan kerja hipotalamus. Hipotalamus adalah kelenjar di dalam otak yang berfungsi mengatur berbagai proses dalam tubuh, termasuk siklus menstruasi kamu setiap bulan.

Menopause Dini

Menopause sendiri bisa dikatakan sebagai titik final sistem reproduksi wanita. Maka dari itu, ketika seorang wanita mengalami menopause dini, ini berarti suplai sel telurnya menurun, menyebabkan periode menstruasi terlewat dan bahkan berhenti sama sekali.

Masalah pada Tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif maupun tidak aktif juga dapat menjadi penyebab kamu mengalami terlambat datang bulan. Hal ini karena tiroid mengatur metabolisme tubuh, sehingga kadar hormon juga dapat terpengaruh.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Sayur dan Rempah

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Sayur dan Rempah© Dream

Jika kamu memiliki masalah telat datang bulan selama 3 minggu, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Jus Wortel

Jus wortel bisa menjadi cara mengatasi telat datang bulan. Jus wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi juga vitamin C, kalsium, dan besi akan membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

Adas

Salah satu cara mengatasi telat datang bulan yaitu dengan adas. Adas dapat meningkatkan aliran darah secara efetif. Lalu, sifat antispasmodic di dalamnya mampu meredakan nyeri menstruasi.

Peterseli

Daun peterseli juga bisa menjadi cara mengatasi telat datang bulan. Caranya yaitu dengan menggiling peterseli dan kemudian dicampur dengan air untuk kemudian diminum.

Kayu Manis

Kayu manis memiliki efek menghangatkan yang berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Kemudian kandungan hydroxychalcone di dalamnya membantu untuk mengatur kadar insulin. Maka dari itu kayu manis sangat cocok sebagai cara mengatasi telat datang bulan.

Join Dream.co.id